Sinopsis & Review Series Black Mirror Season 6 (2023)


Judul: Black Mirror Season 6 (2023)

Genre: History, Drama, Biografi

Rate imdb: 8.8/10 

Jumlah: 5 eps
Durasi: 50-80 menit/eps
Created: 
~ Charlie Brooker

Berhubung ini adalah series Omnibus, jadi gua akan mereview series ini per eps.

Episode 1.
Judul: Joan Is Awful
Sutradara:
~ Ally Pankiw
Penulis:
~ Charlie Brooker
Sinopsis:
Tentang Joan seorang HRD yang bimbang dengan pekerjaannya, karna ia harus berhadapan dengan pemecatan staffnya, soal pemecatan itu dari direktur, namun melalui Joan dan Joanlah yang nampak seperti orang jahat. Di sisi lain Joan juga berselingkuh dengan mantan pacarnya, padahal Joan sudah memiliki tunangan. Sampai suatu ketika, saat Joan dengan tunangannya sedang menonton series, ia melihat tontonan berjudul Joan is Awful, lengkap dengan kakrater yang menyerupai dirinya dan ini adalah awal dari kehancuran hidup Joan.

Note:
Episode pertama dibuka dengan sangat bagus dari Black Miror musim ke 6 ini. Gua suka bgt gmna film ini mencertiakan karkater Joan dengan konsep yang out of the box. Gua berasa nonton film loop tanpa menggunakan konsep loop. Dari awal konsepnya di mulai, gua sempet mikir kalo konsep ini akan seperti paradox, karna tidak ada ujungnya, namun uniknya, yang dibahas di sini bukan konsep yang mengulang2 itu yang dibahas, melainkan karkater Joan sendiri, sehingga kakrakter Joan ini berhasil mendapatkan empati buat gua yang nonton, yang awalnya beranggapan kalo Joan beneran Awful, ternyata engga seperti itu.

Belum lagi ending serta cameo di eps pertama ini yang bikin gua terkejut. Jadi ada cameo seperti Michael Cera dan Cate Blencet di eps 1 ini. Dan ending eps 1 ini juga bener2 diluar nalar, karna fokusnya ke Joan, gua jadi tidak memperhatikan plotnya, jadi saat twist di akhir muncul, gua jadi makin suka dengan eps 1 ini. Padahal tanpa twsit pun eps ke 1 ini udah bagus bgt. Namun saat twistnya muncul, eps ke 1 ini jadi makin bagus lagi, belum lagi selipan sindiran terhadap tekonologi masa kini, gua ngeliat sindiran di sini munculnya alus bgt, ga yang tbtb nyindir terang2an. Jadi semakin ga sabar untuk nonton2 eps2 selanjutnya.

Rate: 4,5/5




Episode 2.
Judul: Loch Henry
Sutradara:
~ Sam Miller
Penulis:
~ Charlie Brooker
Sinopsis:
Tentang Davis dan Pia yang sedang berlibur di rumah orang tua Davis. Di sana hanya ada ibu Davis, ayah Davis sudah lama meninggal. Davis dan Pia juga seorang filmaker dokumenter, dan mereka berniat membuat sebuah film dokumenter. Sampai suatu ketika, Pia mendengar cerita mengerikan soal apa yang terjadi di desa tempat rumah orang tua Davis tersebut. Dan karna itu juga yang membuat desa kecil ini sepi pengunjung dan Pia mencoba membuat dokumenter tentang hal tersebut dan fakta mengerikan pun Pia dapatkan.

Note:
Di eps ke 2 ini gua bener2 tidak merasakan vibes perkembangan zamannya, tidak seperti film black mirror pada umumnya, karna yang disuguhkan di sini lebih ke arah misteri dan thrillernya. Jadi buat kalian yang suka mister dan thriller, gua rasa eps kali ini cocok bgt buat kalian. Karna memang semengerikan itu konsep dan storytellernya. Bahkan gua sampe lupa kalo gua lagi nonton series black mirror karna kebaw suasana hororrnya.

Dari segi premis cukup fresh walaupun babak selanjutnya agak ketebak seperti apa jadinya. Namun yang gua apresiasi dari eps ke 2 ini adalah gaya penceritaanya yang dapet bgt. Dapet misterinya, dapet seremnya, hingga dapet komedinya. Gua jadi bener2 pensaran dengan apa yang trjadi di desa tersebut, sampai akhirnya fakta demi fakta bermunculan dan itu bagus bgt. Endingnya juga udah pas bgt, karna ending seperti ini udah ciri khas series Black Mirror, ya intinya gua suka dengan eps ke 2 ini, ngeri.

Note: 4/5



Episode 3.
Judul: Beyond the Sea
Sutradara:
~ John Crowley
Penulis:
~ Charlie Brooker
Sinopsis:
Tentang Cliff dan David 2 orang astronot yang memiliki tubuh replika di bumi, jadi Cliff dan David mampu menggerakan tubuh replikannya saat ia sedang beristirahat di luar angkasa. Namun semua berubah saat keluarga David diserang oleh sekelompok orang, dan itu mempengaruhi kinerja mereka sebagai astronot.

Note:
Certita ke 3 ini masih sama bagusnya dengan 2 eps sebelumnya, gua jadi pensaran apakah musim ke 6 ini isinya bagus semua? Cerita ke 3 ini tidak penuh misteri dan twist seperti 2 eps sebelumnya, namun plot cerita di sini tidak kalah menarik, karna premis ceritanya menarik bgt. Kalian tau film Matrix? nah kurang lebih seperti itu konsepnya, jadi saat tubuh yang ada di luar angkasa tidur, tubuh yang di bumi pun bangun, bgtu sebaliknya. Namun yang menarik di sini adalah dramanya.

Dramanya bener2 sederhana, padet, namun kena bgt. Kita diperlihatkan 2 orang pekerja dengan 2 psikologi berbeda saat salah satunya mengalami tragedi mengerikan. Suka bgt sama film ke 3 ini, walaupun alurnya lambat dan durasinya jauh lebih lama dari 2 eps sebelumnya. Durasi di eps ini 1 jam 20 menit, udah kaya film layar lebar, udah bukan series lagi durasinya. Tapi tidak heran, karna yang disuguhkan di sini adalah rasa sakit dan kesepian.

Rate: 4,5/5




Episode 4.
Judul: Mazey Day
Sutradara:
~ Uta Briesewitz
Penulis:
~ Charlie Brooker
Sinopsis:
Tentang Bo seorang paparazi freelance yang suka memotret aib selebriti. Sampai suatu ketika ada selebriti terkenal bernama Mazey Day yang tbtb hilang. Banyak media yang berani bayar besar untuk mencari dan memotret wajah Mazey Day. Bo yang mengetahui hal ini pun langsung bergerak, sampai akhirnya ia menemukan fakta soal Mazey Day.

Note:
Eps ke 4 ini tidak jauh berbeda dengan eps ke 2, karna berfokus kepada msiteri dan konsep horrornya. Bahkan sangat minim dengan tema Black Miror pada umumnya yaitu teknologi. Gua ngeliat eps ini seperti sindiran keras terhadap media, khususnya paparazi yang tidak tau aturan, mereka memiliki perlindungan pers, tapi mereka suka seenaknya memfoto seseorang tanpa izin, ya kalo izin namanya photoshot sih bukan paparazi. Ya intinya eps ini menyindir keras soal hal tersebut.

Namun sayangnya, eps ini berakhir aneh, bukan karna twistnya, melainkan karna plot armor yang dimiliki pemeran utama di sini. Dan keanehan dari Mazet Day itu sendiri. Jadi eps kali ini nampak jelas menutupi misterinya, jadi adegan demi adegan diunjukan sedikit2 melalui flashback Mazey Day. Jadi rasa excited soal misterinya tidak sama dengan eps 2 yang ngalir bgtu saja. Namun hal itu tidak membuat eps ini jelek, tapi jika dibandingkan dengan yang lain ini jelas kurang memuaskan aja.

Rate: 3/5



Episode 5.
Judul: Demon 79
Sutradara:
~ Toby Haynes
Penulis:
~ Bisha K. Ali
~ Charlie Brooker
Sinopsis:
Tentang Nida seorang imigran dari India yang tinggal di Inggris pada tahun 1979, di mana tahun 1979 ada pergerakan masa yang menuntut untuk mempulangkan para imigran dari Inggris, jadi hidup Nida penuh dengan tekanan. Suatu ketika, Nida tidak sengaja bersentuhan dengan benda dan muncul mahluk dari benda tersebut. Mahluk itu adalah iblis dan iblis itu menyuruh Nida membunuh 3 orang dalam 3 hari, jika tidak, dunia akan kiamat, kini nasib seluruh umat ada ditangan seorang imigran.

Note:
Penutup eps dari season 6 ini pun juga bukan soal teknologi, jadi konsepnya masih sama dengan 2 eps lainnya yaitu hantu atau horror. Bedanya di sini kita dibuat bingung dengan 2 pilihan. Yaitu pilihan percaya kalo Nida tidak membunuh akan kiamat, atau itu hanya bualan iblis aja. Nah di sepanjang cerita gua pensaran dengan hal tersebut. Namun sangat disayangkan karna film ini terlalu bertele2 dalam penceritaanya.

Gua ga paham kenapa banyak bgt kakrater dan masalah yang ada di eps ini, gua paham ini penutup, tapi ga harus sebanyak ini juga permasalahannya. Gua setuju bgt kalo cerita di film ini harus menunjukan kesengsaraan untuk Nida, supaya kakrater devlopmenntya berjalan. Namun sayangnya banyak bgt masalah di sini, mulai dari masalah politik, iblis, belum lagi pergerakan dari masayarakat rasis yang anti imigran dan masih banyak lagi. Jadi konsep hororr di sini seremnya ga dapet, dan kemarahan Nida jadi tidak maksimal berkat masalah yang banyak itu.

Note: 3/5

Overall:
Season ke 6 ini cukup beda dari biasanya, karna biasanya konsep teknologi dan masa depannya bener2 berasa untuk series black mirror, tapi 3 dari 5 eps di sini tidak menampilkan hal tersebut, malah lebih condong ke arah horror dan ini sesuatu yang beda, apakah memang dikonsep demikian? Atau memang creatornya sudah kehabisan akal dalam mempertahankan konsep scifinya. Tapi terlepas dari konsepnya, gua bener2 menikmati season 6 ini, suka sama cerita2nya yang ngambil refrensi dari film lain, tapi dibuat sefresh mungkin.

Lalu banyak bgt komedi di season ke 6 ini, hampir di setiap epsnya ada selipan komedi. Bukan komedi yang terang2an, tapi ada aja dialog atau kalimat celetukan yang jadi komedi tersendiri dan itu berhasil bgt buat gua ketawa. Jadi saran gua, jangan terlalu berharap soal thriller scifi di season ke 6 ini, karna season ke 6 ini menawarkan sesuatu yang beda. Tapi buat gua penikmat horror dan misteri, jelas gua menikmati setiap eps di sini.

Rate:3,5/5

~ Dapukkk

Iklan:
Jual komik baru/bekas/cerita sekali tamat dan murah.
Link: 
shopee.co.id/dapukkk
tokopedia.com/dapukkk 
(Keduanya sudah gratis ongkir dengan pembelian tertentu)

Atau bisa nanya2 di:
instagram.com/dapuk_wibu

Komentar

Postingan Populer