Sinopsis & Review Film Autobiography (2022)



Judul: Autobiography (2022)

Genre: Thriller, Drama

Rate imdb: 7,3/10
Rate Ane: 4,5/5

Sutradara & Penulis:
~ Makbul Mubarak

Durasi: 1h 55m
Pemeran:
~ Kevin Ardilova (Rakib)
~ Arswendy Bening Swara (Purna)
~ Haru Sandra (Andri)
 
Sinopsis:
Tentang Rokib seorang pemuda yang kesehariannya menjaga rumah seorang Jendral. Jendral tidak pernah pulang bertahun2, jadi Rokib hanya tinggal sendiri di sana. Sampai suatu ketika Jendral pulang dan Jendral ingin menjadi calon legoslatif di kampung tersebut. Pertemuan Jendral dan Rokib sangatlah akward, karna 19 tahun tidak pernah ketemu, namun lama kelamaan Rokib menyadari ada yang salah dengan perilaku Jendral.

Gmna Kelanjutannya??

"Kamu disuruh menghadap ke Jendral sekrang"
Film yang sempet rame saat penayangannya karna berhasil menyabet banyak penghargaan dan apresiasi dari dunia perfilman lokal maupun dunia. Bahkan ini adalah debut layar panjang dari sutradara Makbul Mubarak. Jadi cukup mengherankan ada nama baru di dunia perfilman lokal, tapi karyanya langsung disukai banyak sineas mancanegara, bahkan review saat film ini rilis tuh "Bukan horror, tapi serem". Banyak bgt yang bilang seperti itu dan setelah gua tonton, ternyata memang seserem dan semenegangkan itu.

Film ini sendiri cukup berani karna mengangkat tema diktator lokal, atau power abuse dari seorang yang memiliki kuasa. Dan sutradaranya sendiri mengklarifikasi kalo film ini tidak ada sangkutpautnya dengan biografi siapapun di Indonesia, jadi film ini pure karangan sutradara. Jadi bukan film biografinya, walaupun ceritanya terlihat sangat familiar dan sangat dekat dengan kehidupan sehari2, bahkan masih dekat dengan keadaan Indonesia saat ini, jadi film ini mampu menangkap fenomena yang cukup berani bisa dibilang.

Ceritanya hanya seorang Jendral yang pulang ke kampung halamannya setelah 19 tahun lamanya. Alesan dia pulang karna ingin menjadi caleg di kampung halamannya tersebut. Buat para orang tua, paham betul siapa Jendral ini, tapi buat anak2 generasi baru, tidak paham siapa Jendral ini. Nah film ini merekam betapa kejamnya jika seseorang yang memiliki kekuasaan, melakukan seeenaknya dengan kekuasaan yang ia miliki dan film ini mengambil sudut pandang dari anak pembantu yang berada di rumah Jendral tersebut.

Dari awal kita diperlihatkan soal Rokib seorang remaja tanggung yang polos, kerjaanya cuma beres2 rumah, sampe akhirnya Jendral datang, dan dia diperlihatkan bagaiamana Jendral memakai kekuasaanya untuk melakukan banyak hal. Awalnya Rokib senang, karna dia merasa punya kekuasaan juga, apalagi Rokib udah dianggap sebagai anak sendiri. Tapi lama kelamaan ada yang salah dengan sikap Jendral. Nah di part ini gua suka bgt sama akting Kevin Ardilova, dari memasang wajah polos, lalu pindah ke wajah puas karna punya power, sampai akhirnya memasang wajah takut, semua dia lakukan dalam film ini dan ekspresi muka dia mendalami peran bgt.

Dan Arswendy sebagai Jendral di sini berhasil menjadi sosok yang menakutkan, dia diam dan melotot aja, gua yang ngeliat takut. Vibes yang dibangun Arsewndy di sini bener2 berhasil ngebuat kengerian itu sendiri, ini baru ngeliat muka dia, belum sampe ke tindakan yang ia lakukan. Apalagi ada moment di mana Rokib menyuruh orang datang dengan dialog "Kamu disuruh menghadap ke Jendral sekrang", terdengar familiar dialognya tapi hal seperti ini memang udah ada dari dulu dan sepertinya masih ada hingga saat ini. Gua suka sama film2 dengan cerita fresh dan berani seperti ini, seneng aja ada yang merekam kisah hal yang relate dan dekat seperti ini, semoga makin banyak film seperti ini nantinya.

~ Dapukkk

Iklan:
Jual komik baru/bekas/cerita sekali tamat dan murah.
Link:
shopee.co.id/dapukkk
tokopedia.com/dapukkk
(Keduanya sudah gratis ongkir dengan pembelian tertentu)

Atau bisa nanya2 di:
instagram.com/dapuk_wibu

Mau sedekah bisa ke:
saweria.co/dapukkk

Komentar

Postingan Populer