Sinopsis & Review Series Sherlock Holmes season 1-4 (2010-2017)



Judul : Sherlock Holmes season 1-4 (2010-2017)

Genre : Comedy, Drama, Misteri

Rate imdb : 9,1/10
Rate Ane : 4/5

Jumlah : 12 eps
Durasi : 90 menit/eps
Created :
~ Mark Gatiss
~Steven Moffat

Pemeran :
~ Benedict Cumberbatch (Sherlock)
~ Martin Freeman (John Watson)
~ Una Stubbs (Hudson)

Sinopsis :
Tentang Sherlock dan Patnernya John Watson yang senang sekali memecahkan kasus rumit, kasus yang polisi sendiri tidak mampu pecahkan, namun hal ini menuntun mereka ber 2 ke dalam masalah dan bahaya, namun mereka ber 2 senang melakukan pekerjaan ini dan satu per satu misteri pun dipecahkan.

Gmna kelanjutannya ??

"Kecanduan memecahkan kasus membunuh mu"
Gua kenal Sherlock dari film yang dimainkan oleh Robert Downey Jr, gua suka konsep misterinya, cara penyelesaian masalahnya dan saat menonton series ini, gua rada bingung untuk sesaat, karna banyak bgt perubahan antara versi film dengan versi series ini, yang jelas mereka tidak saling berhubungan. Buat yang belum tau, jadi versi series ini mengambil konsep versi modern, tidak seperti versi movienya yang mengambil latar tempo dulu, bahkan Sherlock memecahkan kasus naik seringkali naik taxi di series ini, kalo versi movie mah taxi aja belum ada.

Dan gua langsung jatuh cinta dengan series ini sejak eps 1, gua suka sama gaya penceritaanya yang cepat tapi on point, walaupun beberapa percakapan harus gua ulang2, karna percakapannya penting dan cara ngomong Sherlock sangat cepat, gua harus ngikutin dan mencerna itu dan itu menyenangkan. Belum lagi visual yang digunakan untuk membaca seseorang, itu bener2 menjadi hal menarik tersendiri. Jadi untuk cerita dan kakrater, film ini udah bener2 bagus sedari awal, yang menurut gua kurang cuma pertemuan John Watson dan Sherlock yang terlihat sangat cepat, alias langsung click, padahal sebelumnya mereka ber 2 saling tidak mengenal.

Dan secara keseluruhan, 4 season yang udah gua tamatin, gua menarik 1 kesimpulan, yaitu setiap orang butuh seseorang. Jadi sepanjang 4 season kita bener2 diperlihatkan dari Sherlock seorang sosiopat yang tidak punya teman dan tidak percaya siapapun menjadi dekat dengan orang2 disekitarnya, bahkan sepanjang 4 season kita disuguhkan perseteruan antara Sherlock dengan kakaknya Mycroft yang berujung mereka saling menolong satu sama lain, jadi ceritanya soal pertemanan dan arti kekeluargaan, bahkan misteri di sini cuma bonus untuk mempererat drama tersebut.

Series ini sudah tamat dalam 4 season dan setiap seasonnya berdiri dari 3 eps, jadi jika ditotal ada 12 eps, namun 12 eps di sini sangat berbeda dengan series kebanyakan, karna 1 eps di sini tidak jauh berbeda dengan 1 feature film alias 1 eps panjang bgt durasinya, rata2 sih 1 eps durasinya 1 jam 28 menit dan jarang2 ada series yang seperti ini, paling panjang biasanya 1 jam, cuma karna ceritanya seru dan misterinya bagus, jadi engga terasa nontonya.

Lalu apakah sepanjang eps kita disuguhkan kasus yang berbeda? Jawabannya iya betul, tapi hampir disetiap ending dari eps, mereka selalu balik ke kasus yang sama, alias ada kasus yang terhubung hampir disetiap seasonya. Ini menarik sekaligus fatal, menariknya Sherlock Holmes jadi punya musuh alami seperti Batman dan Joker, fatalnya gua ngeliat kasus ini seperti dipaksain, alias plotnya sengaja dipanjang2in hanya untuk si Joker ini tetap ada hingga season finalnya, jenuh jelas, tapi untungnya banyak hal lain untuk mengimbangi hal tersebut, seperti drama keluarga tadi, kehangatan persahabatan, hingga selipan2 komedi yang muncul dari sifat sherlock.

Cuma ada 1 hal yang agak ngeganjel setelah menyelesaikan 4 season ini, kenapa Sherlock dan saudara2nya sangat cerdas, kenapa mereka bisa memiliki keistimewahan itu, sedangkan ortunya Sherlock atau keluarga Holmes tidak seistimewa anak2nya, apa yang membuat mereka unik, ini bener2 ngeganjel, karna konsep keluarga sherlock dibahas, bahkan masalalunya, cuma tidak ada yang ngebahas kenapa mereka bisa punya insting kaya gtu. Ortunya Sherlock diperkenalakan tidak banyak dan dijelaskan kalo tidak memiliki kemampuan seperti anak2nya, nah ini genetik dari mana, cukup penasaran dan rasa penasaran gua tidak terjawan dalam 4 season ini, ya intinya ini seru, bagus dan menghibur, butuh effort aja untuk mengikuti percakapan di sini.

~ Dapukkk

Komentar

Postingan Populer