Sinopsis & Review Film The Grotesque Mansion a.k.a Ghost Mansion (2021)


Judul: The Grotesque Mansion a.k.a Ghost Mansion (2021)

Genre: Horror

Rate imdb: 6,0/10

Sutradara & Penulis:
~ Jo Ba-Reun

Durasi: 1h 46m
Pemeran:
~ Kim Hong-pa
~ Seo Hyun-woo
~ Kim Jae-hwa
 
Sinopsis:
Jadi film ini konsepnya kaya film Horror Stories dari Korea Selatan, di mana 1 film dimuat dengan banyak cerita, tapi memiliki satu inti cerita sebagai tiangnya, jadi agak berbeda dengan 4bia atau 3A.M dari Thailand.
Dan ini tentang Jung Jin Woo seorang kartunis atau pembuat webtoon yang sedang mencari inspirasi untuk project selanjutnya, dia adalah spesialis kartunis horror, untuk itu dia mencari referensi di apartement Gwang Lim, di sana ia diceritakan cerita horror oleh pengurus apartement dan cerita2 ini membuat Jung Ji Woo berada dalam teror.

Cerita 1.
Judul: Penulis
Sinopsis:
Tentang seorang penulis novel yang menyewa apartment di Gwang Lim untuk project selanjutnya, ia tidak bisa mengerjakan itu di rumah. karna menurutnya anak dia yang baru saja lahir membuat dirinya tidak fokus dan memilih untuk meninggalkan keluarganya untuk sementara, namun di tempat tinggal barunya, dia dihantui oleh anak2 kecil yang berada dibawah lantainya.

Note:
Eps pembuka yang cukup menjanjikan, karna dari awal kita disuguhkan seseorang yang benci anak kecil berujung harus berurusan dengan anak kecil, tepatnya hantu anak kecil. Jadi cara ngedevlop ceritanya udah cukup bagus, cuma sayang eksekusi horrornya masih terbilang kurang, seperti menyuguhkan jumpscare klise, jadi jumpscare di sini sudah dipakai oleh film2 kebanyakan, jadinya gua tau akan ada jumpscare nantinya.

Satu2nya yang bikin ngeri di sini adalah suara cekikikan anak2 yang serem abis. Cuma gua masih kurang suka dengan cara eps ini menutup cerianya, kesannya hanya mau menyebar teror tanpa landasan aja, tapi buat keseluruhan eps pembuka ini lumayan, belum lagi ada 1 scene anak2 lari, tapi larinya ganormal.

Rate: 2/5



Cerita 2.
Judul: Apoteker
Sinopsis:
Tentang seorang Apoteker muda yang bucin kepada pacarnya, namun sayangnya gaya pacaran mereka salah, karna Apoteker ini memacari suami orang dan kengerian pun dimulai.

Note:
Ini cerita yang paling serem menurut gua dari ke 5 cerita yang ada di sini, karna horror di sini bukan mengutamakan jumpscare atau hantu, tapi mengutamakan psikologi, dimana seseorang yang bucin harus menghadapi hal2 yang tidak terduga, disisi lain tingkat kebucinannya menutupi pola pikir dia, jadi yang di serang di sini adalah psikologi si APoteker di sini dan juga penonton.

Ada 1 moment di mana menurut gua serem, padahal terkesan biasa aja. Yaitu momen saat Apoteker sedang panik sedangkan pacarnya membicarakan kata/kalimat yang sama secara berulang, mengingatkan gua sama film Ju On pertama, saat pengantar Pizza datang kerumah Ju On. Jadi moment simple itu berhasil menjadi horror yang bagus, belum lagi penutup eps di sini yang ga kalah ngeri.

Rate: 3,5/5



Cerita 3.
Judul: Penjual Barang
Sinopsis:
Tentang sales apartement Gwang Lim yang dihantui di rumahnya sendiri, tepatnya di wastafel rumahnya.

Note:
Setelah menonton eps 2 yang menurut gua paling serem, di eps 3 ini langsung disuguhkan hal yang tidak kalah seremnya yaitu boneka segs doll, jadi segs doll di sini mukanya menurut gua creepy bgt, asli gua mikir kalo segs doll mukanya kaya gtu gabakal laku dipasaran. Dan itu menjadi point penting dalam horror di eps ke 3 ini, bayangin aja jika segs doll kalian bergerak dengan sendirinya, kurang lebih horror disini seperti itu.

Ada 2 hal yang menurut gua serem di sini, yang pertama tangan yang tbtb keluar dari wastafel yang sedang memainkan keran wastafel, itu serem dan yang ke 2 ini out of the box sih, jadi saat keran di wastafel bunyi sales di sini nengok dan saat kameran kembali ke dia, ternyata segs dollnya juga lagi nengok dan ini creepy buat gua, sekaligus bagus, cuma sayangnya eps kali ini mengandalkan jumpscare klise seperti eps pertama.

Rate: 3/5



Cerita 4.
Judul: Siswa
Sinopsis:
Tentang seorang siswa yang baru saja pulang dari luar negeri, namun karna bingung mau kemana, dia memutuskan untuk menginap dirumah temannya yang berada di apartement Gwang Lim, namun di sana dia merasa aneh, karna di sana semuanya penuh dengan jamur, mulai dari tembok, wajah temannya, hingga makanannya.

Note:
Ini adalah eps paling menjijikan bisa dibilang, karna banyak hal menjijikan di sini, cuma sayangnya karna fokus ke hal menjijikan, horror di eps kali ini jadi terasa tidak masuk akal dan jauh dari kata bagus. Padahal premisnya cukup menarik, dimana orang yang populer, tampan dari luar negeri harus beradaptasi dirumah yang super kotor karna jamur. Cuma sayangnya jamur sekedar jadi hal menjijikan aja bukan horror, walaupun makeup di sini serem, tapi karna horrornya ga kena, jadi ga dapet feel seremnya.

Rate : 2,5/5



Cerita 5.
Judul: Penngurus
Sinopsis:
Tentang seorang pengurus yang sebelumnya ternyata seorang pencuri yang berniat mencuri di salah satu kamar di apartemetn Gwang Lim dan pencuri ini harus berurusan oleh petinggi hantu di sana.

Note:
Cerita ke 5 ini nyambung dengan tiang dari cerita di film ini yaitu kisah kartunis yang sedang mencari cerita horror, karna di cerita ke 5 ini, si kartunis disuruh merasakan sendiri tinggal di apartement Gwang Lim dan banyak hal creepy dan ini juga eps paling creepy menurut gua, seperti ngeliat orang yang senyum aja saat di lift dan tbtb ada seseorang yg lari ke arah kita itu serem menurut gua dan itu ada di sini.


Overall:
Jadi kurang lebih 5 cerita di sini seperti itu dan 5 orang dari 5 cerita di sini saling terhubung satu sama lain dan itu yang ngebuat film ini jadi menarik. Cuma ada 1 sih yang menurut gua ganjel bgt, jadi ke 5 orang dari 5 cerita di sini itu tau kalo ada sesuatu yang tidak beres yang akan mengancam nyawanya, tapi entah kenapa mereka semua denial dan mengagap itu bukan masalah besar dan yang berperan sangat penting dalam membangun horror di film ini adalah scoring musiknya yangh creepy abis.

~ Dapukkk

Iklan:
Jual komik baru/bekas/cerita sekali tamat dan murah.
Link:
shopee.co.id/dapukkk
tokopedia.com/dapukkk
instagram.com/dapuk_wibu

Mau sedekah bisa ke:
saweria.co/dapukkk

Komentar

Postingan Populer