Sinopsis & Review Film Dream (2008)



Judul: Dream (2008)

Genre: Mistery, Fantasy, Drama

Rate imdb: 6,5/10
Rate Ane: 3,5/5

Sutradara & Penulis:
~ Kim Ki-duk

Durasi: 1h 35m
Pemeran:
~ Joe Odagiri (Jin)
~ Lee Na-young (Ran)
~ Mi-hee Chang
 
Sinopsis:
Tentang Jin seorang pria yang mimpinya selalu menjadi kenyataan, namun anehnya orang yang berada di mimpinya bukan dirinya melainkan seorang wanita bernama Ran. Sedangkan Ran seorang wanita yang memiliki penyakit Sleepwalking, dia tidak tau apa yang terjadi selama dia tidur, tetapi Jin tau melalui mimpinya dan pertemua mereka membuat keadaan mereka ber 2 berubah.

Gmna Kelanjutannya??

"Berada di antara mimpi dan realita"
Sebelum masuk ke review, ini adalah film Kim Ki Duk yang kesekian sebelum akhirnya ia memutuskan untuk vakum sementara dari dunia perfilman, terlihat kalo dia vakum selama 4 tahun setelah membuat film ini, banyak faktor yang mengharuskan dia istirahat salah satunya adalah kecelakaan tidak terduga saat syuting film ini. Jadi pemeran asli Ran saat beradegan gantung diri mengalami keceki sungguhan, Ran kondisinya tidak parah, cuma ini menjadi pukulan telak buat sutradara untuk menjadi bahan renungan dia, gua tau infonya dari beberapa sumber di internet, karna film ini mengharuskan gua searching, karna selain ceritanya yang mindblowing, film ini yang paling absurd sejauh ini.

Premisnya menarik bgt, Jin bisa memimpikan sesuatu dan yang mengalami mimpi Jin adalah seorang wanita bernama Ran, sedangkan Ran seorang yang memiliki penyakit sleepwalking, jadi dia tidak tahu apa2 selama dia dalam kondisi tidur dan yang tau kejadian selama dia tidur cuma Jin melalui mimpinya, ini menarik dan lagi2 ceritanya sangat fresh, gua belum pernah menemukan konsep cerita yang seperti ini dan film ini di kemas dengan seabsurd mungkin tapi punya arti yang dalam.

Mulai dari pertemuan mereka dengan dresscode yang bertolak belakang, Jin berpakaian serba hitam sedangkan Ran berpakaian serba putih, di lanjut dengan konflik masing2 karakternya yang saling bertolak belakang juga seperti Jin yang gabisa move on dari mantannya yang sudah meninggalkan dirinya, sedangkan Ran seorang wanita yang meninggalkan kekasihnya, mereka seperti saling terhubung tapi memiliki batas antara mimpi dan realita dan gokilnya, apa yang Jin selalu impikan, itu berarti diwujudkan oleh Ran, ini dalem sih, cuma dikemasnya terlalu sederhana, karna ruang konfliknya di situ2 aja.

Dam keabsurdan tidak sampai di situ saja, karna ada 1 hal lagi yang absurd bgt, yang ngebuat gua searcing artikel untuk film ini, yaitu pemeran Jin adalah aktor Jepang asli sedangkan ini adalah film Korea Selatan. Jadi sepanjang film Jin menggunakan bahasa Jepang dan gua menyadari itu, cuma anehnya orang2 Korea di sini seperti pada paham dengan apa yang di omongkan oleh Jin dan gua engga menemukan arti atau mksd dari ini, mksd gua kenapa harus bahasa Jepang, kenapa harus ada perpaduan bahasa gtu, jadi ini absurd bgt sih.

Dan ending dari film ini bener2 bagus kalo menurut gua, karna mereka ber 2 sama2 tersiksa, tersiksa oleh mimpi dan realita, si Jin mimpinya makin ngawur, sedangkan Ran makin kacau sleepwalkingnya, karna dia sleepwallking dikomandoin dari mimpi Jin. Kalo sekedar mimpi biasa masih oke, tapi kalo mmpi buruk seperti berhubungan segs atau ngebunuh orang, beda cerita lagi. Ya intinya ini pengalaman menonton yang unik dan fresh, cuma sayangnya konfliknya berada disatu tempat aja, alias disitu2 aja.

~ Dapukkk

Iklan:
Jual komik baru/bekas/cerita sekali tamat dan murah.
Link:
shopee.co.id/dapukkk
tokopedia.com/dapukkk
instagram.com/dapuk_wibu

Mau sedekah bisa ke:
saweria.co/dapukkk

Komentar

Postingan Populer