Sinopsis & Review Film Penyalin Cahaya (2021)



Judul: Penyalin Cahaya (2021)

Genre: Mistery, Crime, Drama

Rate imdb: 7,3/10
Rate Ane: 4/5

Sutradara & Penulis:
~ Wregas Bhanuteja

Durasi: 2h 10m
Pemeran:
~ Shenina Cinnamon (Suryani)
~ Dea Panendra (Anggun)
~ Giulio Parengkuan (Rama)
 
Sinopsis:
Tentang Suryani seorang mahasiswa baru yang ikut UKM teater, Suryani bisa berkuliah karna mengandalkan beasiswa. Suatu ketika UKM Teater tempat suryani berhasil lolos kompetisi di Kyoto Jepang dan mereka semua merayakan pesta kelolosan ini. Selesai pesta Suryani mengalami kejadian aneh, ia merasa ada yang tidak benar dengan ini semua dan ia memutuskan untuk mencari tahu.

Gmna Kelanjutannya??

"Terima kasih sudah berani speak up"
film ini rilis di netflix berbarengan dengan isu penulis filmnya yang ketahuan melakukan pelecehan seksual, padahal film ini sendiri mengangkat soal isu pelecehan seksual, bahkan banyak yang menanyakan apakah si penulis menulis filmnya based on pengalaman pribadi? who knows. Gua sendiri cukup kesal saat menonton dan mengetahui soal apa yang terjadi di balik layar, gua kesel bgt film sebagus ini dibuat sama orang yang ga bagus, tapi di sini gua akan mereview objektif terlepas dari kasusnya, kalo bicara soal kasusnya, langsung to the point aja kalo pelaku kntl.

Ini adalah debut film panjang Wregas, sebelumnya gua udah pernah nonton film pendek dia yang berjudul Lemantun, di Lemantun gua bener2 ga paham sama isi dan isu yang coba Wregas jabarkan, cuma gua tau kalo film tersebut memiliki makna yang dalam dan di sini gua coba fokus, karna gua takut penjelasan film ini seperti film pendek yang ia buat, alias ngebuat penonton bertanya2. Namun rupanya gua salah, karna film ini engga serumit dan engga sekompleks yang gua kira, fokusnya cuma 1 yaitu penyelidikan soal kasus pelecehan yang tidak dapet support dari siapapun.

*Asli gua bener2 kesel, gua nulis review ini sambil kesel, film sebagus dengan cerita soal pelecehan seksual, kenapa penulisnya seorang pelaku pelecehan juga sih, gua ga mau bahas itu, cuma ga bisa, film ini bagus bgt, cuma kalo gua bilang film ini bagus, gua langsung mikir yang buat film ini adalah pelaku pelecehan seksual, bukan Wregas, tapi penulisnya ya. Dan bisa2nya si penulis memenangkan banyak penghargaan untuk film ini, fak jadi bahas isu yang beredar gua.

Jadi sepanjang film kita disuguhkan kakrater bernama Sur yang mati2an mencari bukti kalo ada yang tidak beres saat malam pesta. Cuma sayangnya ia tidak mendapatkan dukungan dari siapapun, tidak dari keluarga, rekan ataupun pihak kampus. Ia berjuang sendiri dan lawan yang ia hadapi jauh diatas levelnya dan ini related. Banyak bgt korban di luar sana yang tidak berani speak up soal kasus pelecehan seksual, bukan karna korban engga mau, tapi kalo korban speak up, itu malah nambah masalah dan hal itu yang digambarkan oleh film ini, mulai dari isu yang melekat pada dirinya sampai dituntut balik oleh pelaku.

Selain itu film ini juga bener2 menjelaskan soal gampangnya kebocorann data dan pihak kampus yang menutup kuping soal apapun yang terjadi di sana, kasus segenting apapun jika itu mencemarkan nama baik kampus, sudah pasti kampus tutup telinga dan itu juga yang disuguhkan di sini, intinya ini dekat bgt dengan kejadian yang sering dialami oleh penyintas, mungkin pelaku pelecehan seksual di sini menulis based on pengalaman sambil liat reaksi korban.

Dan banyak adegan ikonik di film ini, khususnya adegan teatrikal di akhir film yang ngebuat gua goosebumps, banyak yg bilang cringe tapi yang gua lihat adalah sesuatu yang fresh, karna jarang gua disuguhkan hal seperti itu di film2 lokal, akting para pemainnya juga luar biasa bagus, peran mereka bener2 nempel sama karakter dan karkater2 mereka bener2 kuat, bahkan sesekali gua ngeliat karkater mereka ini yang berhasil mencairkan plot. Ya intinya jika kalian mengalami kekerasan seksual jangan takut untuk speak up, karna jika kita bungkam, kita bukan jadi korban yang terakhir, dan pelaku akan terus mencari korban selanjutnya. Gua muji filmnya, tidak untuk orang2 di balik layarnya yang terlibat.

~ Dapukkk

Iklan:
Jual komik baru/bekas/cerita sekali tamat dan murah.
Link:
shopee.co.id/dapukkk
tokopedia.com/dapukkk
instagram.com/dapuk_wibu

Mau sedekah bisa ke:
saweria.co/dapukkk

Komentar

Postingan Populer