Sinopsis & Review Series The Gifted S1 & S2 (2018 - 2021)


 
Judul: The Gifted S1 & S2 (2018 - 2021)

Genre: Mistery, Drama, Fantasy

Rate imdb: 8,3/10 

Jumlah: 26 eps (2 season)
Durasi: 40 menit/eps
Produksi: 
~ GMMTV
Sutradara:
~ Dhammarong Sermrittirong
~ Patha Thongpan
~ Wasuthep Ketpetch
~ Jarupat Kannula

Pemeran:
~ Korapat Kirdpan (Pang)
~ Wachirawit Ruangwiwat (Wave)
~ Apichaya Thongkham (Namtaan) 

Sinopsis:
Tentang sekolah yang menciptakan program unggulan, program yang dikhususkan untuk anak2 jenius, awalnya. Mereka semua berlomba2 untuk bisa masuk ke kelas unggulan tersebut, sampai akhirnya mereka sadar kalo semua ini bukan karna kepintaran, tapi karna mereka memang orang2 yang terpilih, karna memiliki kekuatan khusus dan struggle masing2 dari mereka pun di mulai.

Gmna kelanjutannya ??

"Memiliki kekuatan tidak semenyenangkan itu"
Wow gua baru tau thailand punya series yang premisnya cukup menarik seperti ini, memang cerita seperti ini bukan hal baru dan cerita seperti ini sudah sering gua temui di anime seperti anime baka to test dan classrom of elite, tapi ga nyangka aja bakal diterapin oleh thailand dengan cukup proper. Premisnya sendiri simple, di mana kita akan mendapatkan banyak kekurangan jika berada di kelas paling rendah, sedangkan kelas no 1, akan mendapoatkan banyak priviledge mulai dari kamar tidur, kamar mandi, kantin dan hal2 menguntungkan lainnya

Plot perbedaan ini adalah konflik utama dari serial ini, karna ada segelintir orang yang ingin merubah sistem ini menjadi sistem yang setara, karna setiap murid punya hak yang sama dan konflik kesetaraan ini disimpan untuk hidangan utama. Jadi dari awal kita disuguhkan dengan banyak karkater dan struggle masing2 dari mereka, hal ini cukup bagus gua rasa, karna berfungsi untuk mendevlop karakter di sini. Eps 1 kita langsung disuguhkan rasa kecemburuan antar sahabat yang memecahbelah persahabatan itu sendiri dan rasa tidak percaya diri karna merasa berbeda dan tidak layak.

Jadi beberapa eps awal bener2 menceritakan permasalahan karkaternya masing2, bahkan ada 1 eps di mana karkater utamanya hampir tidak muncul, saking fokus ke karkater lain, hal ini bagus, cuma cara series ini menyuguhkan hidangan utamanya kerasa kurang, jadi perpindahan dari menceritakan struggle karakter menjadi melawan system bener2 ga masuk di gua, transisinya ga mulus. Jadi yang sebelumnya Wave vs everybody, eh ini tbtb Pang pemeran utama di sini, bekerja sama dengan Wave untuk melawan system sekolah, mksd gua mereka baru aja bertempur sengit. 

Terus besoknya mereka temenan dan berkeja sama bareng seolah2 engga ada yang terjadi diantara mereka, itu ga masuk di gua. Terus perubahan karkater Pang di sini juga kurang, film ini terlalu fokus sama karkater lain sampe lupa dengan krakter utamanya. Jadi kita tidak disuguhkan banyak soal karkater utama, selain dia unggul dari semua hal karna nasib dia selalu beruntung, nah gua ga liat hal yang ngebuat dia benci bgt sama system selain keungguluan yang dia milikin, tbtb abis2an buat lawan system kerasa bgt anehnya.

Udah gtu endingnya rada ngebuat gua ambigu, bukan karna endingnya gantung, tapi karna kaga jelas aja. (Spoiler nih), lu bayangin aja mereka dikasih kesempatan untuk merubah system menjadi system yang setara, tapi mereka semua menolak untuk sepaham dengan Pang, karna mereka gamau setara, mereka gamau kekuatan mereka hilang dan setara dengan murid biasa. Ga lama setelah itu, mereka semua berkeja sama untuk merubah system yang barusan mereka tolak, dan film selesai. Ini kocak sih, karna dengan bgni mereka menunjukan kalo mereka egois, mereka mau setara, tapi mereka tidak mau kehilangan bakat mereka, jadi gua ngeliat endingnya aneh bgt.

Tapi terlepas dari itu semua, cerita di sini unik bgt sih. Ga nyangka aja Thailand bakal ngebuat film pahlawan super berkedok sekolahan seperti ini, bukan pahlawan yang literally pahlawan gtu ya. Karna mereka aja baru tau kalo mereka punya skill khusus, dan mereka menghadapi banyak masalah dengan itu, karna mereka ga siap dan ga bisa mengontrol semua itu. Nah ini yang menarik, jadi ketidaksiapan mereka dan ketidakbisaan mereka dalam mengontrol bakat mereka menjadi keseruan tersendiri, cuma hal ini meninggalkan banyak plothole menurut gua.

Karna setiap menceritakan permaslaahan karkater, selalu ada murid biasa terlibat. Padahal kelas khusus ini yang boleh terlibat ya orang2 dari kelas khusus, tapi seringkali mereka melibatkan murid lain dan saat masalah selesai, murid2 lain ini biasa aja, seolah2 engga ada hal aneh sebelumnya. Paham gua ada guru yang bisa memanipulasi ingatan, tapi agak aneh aja kalo sampe seluruh murid dihilangkan kekuatannya, terlebih lagi kekuatan mereka memiliki efek samping. Ya intinya ini lumayan menghibur dan gua gasabar untuk season ke 2nya.

Rate Ane: 3,5/5
-----------------------------------------
season 2

"Cerita tidak jelas dengan konflik yang tidak berkembang"
Season ke 2 bener2 ngerusak presepsi gua tentang series The Gifted ini, bahkan season ke 2 ini bener2 menjatuhkan ekspetasi serta ktertarikan gua terhadap series The Gifted. Gua bener2 bosen sejak eps 1, gua nyoba bertahan karna gua percaya ini masih awal, tapi gua tidak dapat apa2 dari season 2 ini, yang gua dapat cuma plot yang disitu2 aja, konflik yang tidak berkembang, devlop karkater yang tidak pas dengan waktunya serta memaksakan adanya twist untuk membuat plotnya seru.

Sebelum masuk dengan semua uneg2 yang gua punya, gua mau menjelaskan sedikit tentang season ke 2 ini. Seperti series pada umumnya, di mana perbedaan season menjadi ajang untuk menampilkan wajah2 atau kakrater2 baru, begitupula dengan series ini. Bahkan timeline di season ke 2 ini adalah 2 tahun setelah kejadian season pertamanya, jadi kalo di season 1 Pang dan kawan2 masih kelas 1, di season ke 2 ini mereka kelas 3 dan sudah mau lulus sekolah. Nah dibagian ini ada timeskip yang agak ganggu, bahkan ganggu bgt, yaitu karakter Namtan yang dipaksa harus ada, tapi orangnya engga ada.

Jadi pemeran Namtan di sini tidak main diseason 2, gua cari2 di google dan nemu beberapa alasan, salah satunya adalah syuting The Gifted season 2 ini bentrok dengan study dia di Australia, jadi dia ga bisa tampil diseason 2, tampil sih cuma ga sampe semenit, itu pun di eps akhir dan video call. Yang jadi permasalahan buat gua adalah Namtan ini karkater penting dan telrihat sekali kalo series ini tidak mau kehilangan Namtan, sehingga pihak creator mencari cara untuk membuat insiden yang sebelumnya tidak ada dan ini jadinya time skip.

Masa tbtb ada bom di auditorium sekolah, mksd gua yang awalnya pemberontakan biasa, kenapa jadi aksi teror, dan penjelasan ini terjadi di awal eps dan ini adalah awal dari kehacuran season ke 2 ini. Karna setelah ini kita disuguhkan parpa karkater yang engga jelas, contoh hari ini Pang sama Direktur/kepsek temenan dan mereka memusuhi pihak kementrian bernama Bu Darin, eps sealnjutnya Pang salah langkah dan dia musuhan sama Direktur, eps selanjutnya mereka temenan lagi dan ini terjadi berulang2 sehingga ceritanya tidak berkembang, ga cuma ini. Pertemanan Pang juga gtu, ntr temenan, ntr musuhan dan abis musuhan, mereka langsung temenan lagi, seolah2 tidak ada yang terjadi.

Jadi untuk cerita ini ngaco sengaco2, malahan karkater bu Darin di ilangin gtu aja, film belum usai tbtb karkater dia ilang wkwk. Sama 1 lagi yang kocak, jadi tbtb Direktur/kepsek di sini ceritain masalalunya ke Pang. Jadi Direktur/kepsek ini ceirta masalalunya dengan timing yang ga pas, pertama dia lagi buron, kedua dia sama pang musuhan, tbtb dia nyamperin Pang dan cerita masalalu, itu aneh bgt ajg, dan Pang mau aja dengerin cerita musuhnya, ga habis pikir.

udah gtu kenapa harus fanservice sih, keliatan bgt fans service di sini, yang pertama adalah gaya berpakaian pang yang selalu membuka kancing 2 sampai 3 kancing, mksd gua ngapain dia pake seragam sekloah, ga pake baju double tapi buka kancingm ngapain pamerin dada ajg wkwk. yang ke 2 kedekatan Pang dan Wave bener2 terlalu di sorot, gua gada masalah dengan isu tertentu, tapi di season 1 mereka memiliki style masing2 dan di season 2 style yang sudah mereka bangun rusak. Ya intinya gua bener2 gasuka sama season ini dan gua sangat menyarankan untuk kalian hanya menonton season 1nya aja.

Rate Ane: 0,5/5

~ Dapukkk

Iklan:
Jual komik baru/bekas/cerita sekali tamat dan murah.
Link: 
shopee.co.id/dapukkk
tokopedia.com/dapukkk

Komentar

Postingan Populer