Sinopsis & Review Anime Shingeki no Kyojin The Final Season (2020 - 2021)



Judul: Shingeki no Kyojin Final Season (2020 - 2021)

Genre: Action, Fantasy, Drama, War

Rate MAL: 9,13/10
Rate Ane: 3,5/5

Sutradara:
~ Hayashi, Yuuichirou
~ Shishido Jun
Penulis:
~ Hiroshi Seko

Episode: 16 eps
Studio:
~ Mappa
Durasi: 24 menit/eps
Seiyu:
~ Kaji Yuki (Eren)
~ Ishikawa Yui (Miaksa)
~ Inoue Marina (Armin)

Sinopsis:
Kelanjutan dari season sebelumnya.
Tentang Eren yang menyelinap ke wilayah musuh untuk menyerang dan mencari fakta yang sebenarnya dari semua ini. Sampai akhirnya idealisme Eren membawanya kepada keegoisan dan perpecahan di mulai.

Gmna kelanjutannya??

"Melakukan apa yang harus dilakukan"
Salah satu anime yang dinantikan oleh umat manusia dari seluruh penjuru negara, apalagi anime ini menjadi titik akhir dari perjalanan panjang penuh kejutan bagi Eren dan kawan2nya. Jadi banyak yg excited dengan anime Shingeki No Kyojin The Final Season ini. Bahkan tidak sedikit para poser bermunculan gara2 viralnya anime AOT season final ini. Ditambah lagi hampir setiap minggunya, para kakrater di anime ini menjadi trending di twitter, jadi tidak heran jika banyak yang ikut2an dan penasaran. Gua sendiri ga peduli sama yang nonton karna ikut2an atau apapun.

Cuma ada 1 hal yang gua benci sama para poser di sini, karna banyak gua temukan komentar2 mereka yang bingung saat menonton AOT season final, mereka bingung karna mereka tidak menonton AOT dari season 1, jadi karna yang rame season final ini, mereka bingung dan menanyakan kebingungan mereka lewat menfess, itu aneh bgt sih. Ibaratnya lu ga nonton MCU yang lain, tapi tbtb nonton End Game. Ya ga bakal paham, jadi saran gua kalo memang mau nonton final season ini, alangkah baiknya dari season 1 dulu dan season2 awal jauh lebih bagus daripada season final ini.

Dari awal gua udah rada skeptis dengan jumlah eps di sini jika kita lihat dari manganya yang belum kunjung tamat, gua mikir AOT final season ini akan dibagi menjadi 2 part seperti season ke 3nya dan dugaan gua tidak meleset. Karna AOT season final ini bener2 gantung bgt. Ditambah lagi season final ini ada perubahan dari segi studio. Kalian pernah denger istilah "beda tangan beda rasa ga?", nah itu yang gua rasain saat pertama kali menonton eps pertama dari AOT season final ini, banyak bgt hal dan sentuhan yang berubah, banyak yang berbeda, termasuk penggunaan CGInya.

Iklan:
Jual komik baru/bekas/cerita sekali tamat, murah.
Link: shopee.co.id/dapukkk

Gua tidak bilang studio Mappa jelek atau buruk dalam menggarap anime, karna anime JJK yang dia keluarkan itu hampir sempura dari segi art dan visualnya. Yang membuat AOT season final terasa seperti bercandaan adalah deadline yang mereka punya. Gua baca2 sedikit soal produser yang ingin AOT season final ini digarap dalam kurun waktu tertentu, hanya untuk menarik pasar manga volume terakhirnya. Jadi dia gamau tau pokoknya anime AOT harus rilis tanpa persiapan apapun dan jelas studio lamanya tidak sanggup, alhasil Mappa yang mengerjakannya dan kita bisa lihat hasil dan perbedaanya.

Ini dari tadi gua bahas segi teknis dan intermezzo, tapi gapapa sekalian aja. Mappa mengerjakan anime ini dengan waktu singkat dan persiapan yang kurang, jadi Mappa lebih sering menggunakan CGI untuk hal2 yang menurut gua tidak perlu. Jadi kalo kita perhatiin, banyak bgt CGI untuk hal2 kecil seperti tim pengintai yang lagi terbang pake CGI. Kalo studio sebelumnya CGI yang jeleknya cuma hadir saat titan colosal muncul, kalo di sini hampir disetiap situasi ada, masalahnya CGInya jelek wkwk. CGInya jelek ya bukan studio Mappanya wkwk, karna kalo gua perhatian semenjak Mappa ngelaurin JJK dan AOT fans garis kerasnya serem2 wkwk.

Balik ke CGI, CGI di sini tidak menyatu dengan animasi 2Dnya, jadi kelihatan jelas yang mana CGI dan 2D. Padahal kalo perwarnanya jelas dan lebih proper, mereka bisa membuat CGI yang nampak seperti 3D, contoh jelas anime Kimetsu no yaiba, Kimetsu juga menggunakan CGI beberapa kali, karna perwarnaanya bagus, jadi banyak yang tidak menyadari kalo itu adalah CGI, jadi untuk CGI AOT Final Season ini gua nyatakan buruk dan kurang bgt. Dan lucunya CGI di sini overused untuk adegan perkelahian para titan, jadi peratarungan menggunakan pake CGI kureng bgt.

Iklan:
Jual komik baru/bekas/cerita sekali tamat, murah.
Link: shopee.co.id/dapukkk

Untuk ceritanya sendiri jujur gua rada bingung awalnya. Karna kan ending dari season sebelumnya itu Eren dkk menemukan laut yang selama ini ia ingin datangi. Tbtb ganti season dengan kakrater utama yang bukan eren dan teman2nya, rada bingung juga. Tapi setelah beberapa menit gua langsung paham kalo ada time skip antara season sebelumnya dengan season ini. Jadi setelah Eren menemukan laut, timelinenya melompat selama 4 tahun lamanya. Karna 4 tahun itu banyak bgt perubahan dari segi kakraternya.

Yang menarik dari awal2 cerita di sini adalah penceritaanya, karna cerita di sini mengambil sudut pandang desa yang selama ini Eren mau bantai, kita jadi tau alesan mereka kenapa menyerang pulau Eren dan kenapa pulau Eren ingin menyerang Marley. Jadi dengan adanya 2 sudut pandang ini banyak idealisme muncul dan mereka semua beranggapan kalo idealisme yang mereka anut adalah yang paling benar, karna mereka menganggap dirinya benar, maka yang tidak sejalan dengan mereka dicap salah dan karna itu peperangan terjadi.

Banyak kakrater bermunculan di season baru ini, khususnya dari bangsa Marley, karna mereka tbtb muncul dan langsung menjadi sorotan utama. Ya intinya menonton AOT final season ini seperti melihat karkater2 yang digambar ulang berkat time skip 4 tahun. Udah gtu gua rada kecewa dengan CGI dan ending di season ini, karna menurut gua pertarungan di libero seharusnya menjadi pertarungan yang paling epic, karna mengikutsertakan seluruh titan shifter dalam 1 tempat kecuali titan Annie. Cuma karna CGI jadi kurang dapet feelnya, udah gtu ending gantung rada bikin emosi, karna gua udah berharap dengan judulnya yang membawa kata FINAL SEASON, tapi tbtb ada Final season part 2 jadi rada aneh aja.

~ Dapukkk

Iklan:
Jual komik baru/bekas/cerita sekali tamat, murah.
Link: shopee.co.id/dapukkk

Komentar

Postingan Populer