Sinopssi & Review Film The Wizard of Oz (1939)



Judul: The Wizard of Oz (1939)

Genre: Adventure, Fantasy

Rate imdb: 8,0/10
Rate Ane: 4/5

Sutradara:
~ ictor Fleming    
~ George Cukor
~ Mervyn LeRoy    
~ Norman Taurog    
~ Richard Thorpe
~ King Vidor
Penulis:
~ Noel Langley    
~ Florence Ryerson    
~ Edgar Allan Woolf    
~ Noel Langley    
~ L. Frank Baum    
~ Arthur Freed
~ Irving Brecher
~ William H. Cannon    
~ Herbert Fields    
~ Jack Haley
~ E.Y. Harburg    
~ Samuel Hoffenstein
~ Bert Lahr    
~ John Lee Mahin    
~ Herman J. Mankiewicz
~ Jack Mintz
~ Ogden Nash
~ Robert Pirosh
~ George Seaton    
~ Sid Silvers

Durasi: 1h 28m
Pemeran:
~ Judy Garland (Dorothy)
~ Frank Morgan (Wizard of Oz)
~ Ray Bolger (The Scarecrow)
 
Sinopsis:
Tentang Dorothy seorang perempuan yang kesal akibat tetangganya ingin membunuh anjing miliknya, karna itu Dorothy kabur dari rumah, di perjalanan ia sadar kalo perbuatannya hanya bikin repot orang di rumah, namun saat ia kembali ada badai besar datang dan membuat ia terlempar ke dunia fantasy.

Gmna Kelanjutannya??

"Angin topan membawa ku ke isekai"
Salah satu film yang berhasil menginfluence banyak film lainnya, bisa di bilang The Wizard of Oz adalah pembuka jalan untuk film2 serupa, gua sendiri gatau seperti apa filmnya namun karkaternya sendiri sudah sering bgt gua liat di mana2, entah karna ikonik atau memang menjadi refrensi film lainnya, Bahkan karkater film di sini pernah muncul di Tom & Jerry the Movie. Buat kalian yang ga percaya seberapa terkenalnya film ini, kalian cukup ketik judulnya di google dan klik gambar sepatu merah, itu ga menandakan film ini terkenal sih, mksd gua google aja sampe membuat hidden button tersendiri.

Gua sendiri sangat penasaran film seperti apa The Wizard of Oz ini, sampai filmnya dibuat banyak versi dan setelah gua tonton, filmnya memang bagus bgt untuk ukuran film tahun 30an. Konsep yang di gunakan adalah musikal, fantasy dan adventure. Jadi sembari mereka berpetualang di dunia fantasy, mereka juga bernyanyi. Dan yang bikin ini menarik adalah musikalnya niat bgt, jadi banyak bgt property, kostum dan karkater yang memeriahkan musikal di sini, jadi konsep musikalnua udah bener2 visioner seperti drama2 musikal saat ini.

Selain musikalnya yang niat, film ini juga sangat niat dalam men-setup latar tempatnya. Awalnya gua pikir setup latar wildwestnya dengan segala angin topan di dalamnya udah bagus bgt, ternyata pas masuk dunia fantasy setupnya lebih bagus lagi dan yang bikin gua sangat tertarik adalah permainan warna filmnya. Jadi awalnya gua kira ini film hitam putih dan gua memaklumkan hal tersebut, cuma tone warnanya dibuat agak ke orenan mungkin biar meresapi latar wildwestnya.

Tapi saat masuk ke dunia fantasy film ini menjadi berwarna dan ternyata konsepnya memang dikemas demikian. Jadi hitam putih di awal hanya menunjukan kalo Dorothy sedang ada di dunia nyata dan konsep berwarna menujukan kalo dia ada di dunia fantasy. Gua mikir jika film seperti ini rilis di tahun2 skrng mungkin bukan masuk ke dunia fantasy namanya, tapi ISEKAI wkwkwk.

Untuk ceritanya sendiri juga sangat menarik dan penuh dengan pesan. Tujuan psannya agar anak ga kabur dari rumah doang sih, cuma pengemasannya cukup dalam, ditambah kita disuguhkan 3 mahluk yang berbeda yang menemani petualangan Dorothy seperti orang2an sawah, robot berkarat dan singa penakut. Walaupun petualangannya terkesan lempeng2 aja atau lurus2 aja, tapi berkat hadirnya 3 kakrater ini jadi menimbulkan banyak keseruan di perjalanannya, karna mereka memiliki kekurangan dan kelebihan masing2. Ya intinya gua berhasil dibuat terpukau dengan film old school ini, jarang2 kita disuguhkan film seperti ini, khusunya film tahun 30an.

~ Dapukkk

Komentar

Postingan Populer