Sinopsis & Review Manga Bengal (2009)


Judul: Bengal (2009)

Genre: Comedy, Crime

Rate Ane: 3/5

Author:
~ Bayu Indie

Sinopsis:
Tentang Pa'i seorang mahasiswa Design semester akhir yang mandek akibat tidak memiliki biaya. Karna itu dia jadi nganggur di rumah aja, sampai akhirnya Pa'i bergaul dengan teman SMAnya yang bernama Indra dan Pa'i terseret dengan hal2 kriminal.

Gmna Kelanjutannya??

"Jangan salah pergaulan"
Kayanya ini manga pertama dari Indo yang gua baca sekaligus manga pertama dari Indo yang gua review. Ga pernah kepikiran akan baca manga Indo, dan gua baca manga ini karna kebetulan ada pas gua beli manga random di Shopee. Jadi ada yang jual manga one shot gtu, gua beli aja dan ada manga Bengal ini di situ, dan setelah gua baca gua suka detail gambarnya, detail karkaternya yang lokal bgt dan mudah dikenali antara 1 karkater dengan kakrater lainnya, cuma gua kurang suka dengan ceritanya.

Cerita di Manga ini seperti melongkap2, jadi cara manga ini lepas dari masalah dan menemukan masalah baru kaya semudah itu, contoh dia masalah A belum selesai, terus tbtb lanjut ke masalah B dan masalah A belum tuntas, bahkan masalah A tidak di ungkit lagi, bgtu seterusnya. Jadi banyaknya masalah di sini kurang di eksekusi dengan baik. Belum lagi cerita persahabatan mereka yang dekat tapi di akhiri dengan bgtu saja.

Jadi kita disuguhkan banyak komedi di manga ini, dan jujur gua ngakak bgt sama komedi di sini, karna komedinya relate, dekat dan bahasanya Indo gaul bgt, bukan yang bahasa baku, jadi komedinya lebih mudah diterima. Jadi manga ini membangun persahabatan antara Indra dan Pa'i dengan komedi itu dan itu berhasil, gua bener2 disuguhkan suka duka mereka yang selalu bersama, cuma pas ngeliat endingnya yang ternyata bgtu doang, jadi pembangunan persahabatan di awal tadi kaya kurang ada kesannya.

Dan untuk gambar dan detail kakraternya, gua beneran suka sama gambar di sini, cara gambar di sini menunjukan waktunya bener2 gokil, jadi kalo adegan biasa gambarnya kaya komik normal, ada adegan malam hari waktu mereka menggali kuburan, itu gambarnya dibedakan dan latar komiknya berubah menjadi hitam, ada juga degan flashback dan kotak2 untuk komiknya dibedakan lagi, jadi hal detail sekecil ini mampu membuat komik ini jadi menarik.

Belum lagi para karakternya yang berbeda2, karna menurut gua nyiptain suatu karakter dalam komik dengan jumlah yang banyak adalah hal yang ribet. Tapi author di sini mampu membedakan masing2 kakraternya dengan baik, ada yang gondrong, botak, kriting, belah dua kaya Levi dan masih banyak lagi. Ya intinya ini lumayan seru untuk di baca, jadi penasaran sama karya2 Bayu Indie yg lainnya.

~ Dapukkk

Komentar

Postingan Populer