Asumsi Gabut 2 #Wanita seperti apa yang para otaku "HALU" Jepang inginkan?? (Dari sudut pandang anime Saekano).

Ini bukan review anime Saekano, gua cuma baru aja nyelesain animenya dan awalnya anime ini lewat bgtu saja setelah gua tonton, karna hal yang memorable atau hal yang bagusnya cuma sedikit. Bahkan kalo gua itung2, yang bagus dari anime Saekano ini cuma 2 eps terakhir dari season ke 2nya dan anime movienya aja. Sisahnya hanya berisikan hal2 konyol tentang ambisi membuat sebuah game Galge.

Gua jelasin sedikit sinopsisnya, jadi anime Saekano ini bercerita tentang Aki Tomoya seorang wibu yang memiliki ambisius membuat sebuah game Galge (semacam game erotis gtu). Untuk memenuhi ambisinya, dia mengajak 4 wanita dalam project membuat gamenya, kira2 seperti itu singkat sinopsisnya. Lalu apa yang membuat gua berfikir kalo Saekano mencerminkan apa yang otaku Jepang inginkan?? Nah di sini bagian menarknya, gua gatau dapet tanda apa, tapi setelah menyelesaikan anime Saekano, gua secara random memilih menonton Anime berjudul NHK ni Youkoso! (Welcome to the N.H.K.) dan di anime ini bercerita seputar Hikikomori atau julukan untuk seseorang yang tidak mau keluar rumah atau kamar, jadi lebih nyaman menghabiskan waktu di dalam rumah aja.


Lalu apa yang membuat NHK ni Youkoso! nyambung dengan Saekano? Jadi di anime NHK ni Youkoso! bercerita tentang seorang Hikikomori yang hanya berdiam di rumah saja sampai akhirnya dia kecanduan hal2 yang berbau Otaku. Jadi dia mulai menghayal sambil fapfap membayangkan karater 2D dan kakrater yang ia bayangkan kebanyakan adalah teman masa kecilnya, seniornya di sekolah, adik perempuan yang sering memanghil Oni Chan, saudara atau sepupu perempuan dan kakrater yang ia buat sendiri melalui imajninasinya. Nah dari sini gua mulai riset kecil2an di internet kalo otaku di Jepang selalu menghayalkan tipe2 perempuan seperti itu dan setelah gua pikir2 lagi, ternyata anime Saekano memberikan semuanya.


Gua bedah perkarkater mulai dari teman masa kecilnya. Aki Tomoya (MC di sini) memiliki teman masa kecil bernama Eriri Spencer Sawamura. Mereka sudah berteman 10 tahun lamanya dan Eriri di sini diceritakan sebagai seorang professional dalam bidang menggambar manga doujin. Dan Eriri tentunya memendam perasaanya kepada Aki Tomoya, namun mereka ber 2 tidak berani saling mengungkapkan karna merasa takut pertemanan 10 tahunya rusak gtu aja.


Di karkater ke 2 ada seorang senpai atau kaka kelas bernama Kasumigaoka Utaha. Di sini diceritakan kalo Utaha kelas 3 SMA dan AKi Tomoya kelas 2 SMA dan skill yang di miliki Utaha adalah menulis sebuah naskah yang mampu menggetarkan hati dan Utaha memiliki sifat dingin namun manja. Dan tentunya dia juga tidak berani mengungkapkan isi hatinya kepada Tomoya, karna dia ragu pacaran dengan adik kelasnya sekaligus dia paham kalo Tomoya dan Eriri sudah sangat dekat sejak lama.


Karkater ke 3 ada sepupu dari Tomoya yang bernama Michiru. Michiru ini tipikal sepupu idaman para wibu bacol diluar sana, karna selain bodynya mantap dan tingkahnya yang vulgar, Michiru juga sangat dekat dengan Tomoya, sering melakukan hal tidak terduga dan ini salah satu impian wibu pascol. Oiya Michiru di sini diceritakan sebagai musisi yang khusus untuk membuat musik untuk game Galge.


Karakter ke 4 ada Hasima Izumi, jadi di ceritakan kalo Tomoya anak tunggal dan mungkin di sini creator membuat karkater Izumi untuk menggantikan posisi adik dari Tomoya, karna jika ceritanya dibuat kalo Izumi adalah adik kandung, mungkin adaptasi animenya tidak akan pernah di tayangkan di tv Jepang karna meromantisasi Inc*st. Jadi cara aman untuk membuat kakrater yang bisa memanggil Oni Chan adalah seorang gadis yang usianya lebih muda, namun dekat dengan Tomoya.


Dan kakrater terakhir adalah karkater yang sebelumnya tidak pernah dekat dengan Tomoya, bahkan Tomoya juga baru kenal dengan dia, namun Tomoya sudah menganggap dia adalh Heroine utama dan kakrater tersebut adalah Kato Megumi. Jadi kalo menurut pandangan gua, Kato Megumi ini adalah kakrater yang wibu2 impikan ketika ia tidak bisa mendapatkan atau tidak mempunyai ke 4 kakrater di atas, cuma bedanya di anime saekano ini kakrater tersebut di visualkan secara nyata, namun tetap diceritakan bahwa Kato dan Tomoya dekat hanya sebatas ketemu di jalan aja. Jadi ini opsi yang paling pas untuk membuat wibu semakin berkhayal.


Kenapa gua bisa berfikir demikian? kenapa gua bisa berfikir kalo wibu itu haus akan wanita? Ya karna wibu pascol kerjaanya kalo ga ngehayal ya halu, gada bedanya sih ngehayal sama halu wkwk. Dan pas gua cari tahu, ternyata memang tipe2 cewe yang di idamkan para wibu seperti itu, pernyataan gua diperkuat dengan anime NHK ni Youkoso! yang rilis pada tahun 2006 sedangkan Saekano rilis 2015, keduanya tidak ada kaitannya, namun sama2 menceritakan tentang wibu. Kalo di NHK ni Youkoso! mencertiakan wibu secara realistis dengan segala gadis impiannya, sedangkan Saekano ceritanya lebih ke halu, karna di sana kita langsung disuguhkan seorang wibu yang kerjaanya main game sama baca manga aja bisa di deketin oleh 5 cewe cakep sekaligus, terlihat tidak realistis. Dan setelah gua pikir2 ulang, ternyata apa yang di impikan oleh kakrater dari anime NHK ni Youkoso!, berhasil di realisasikan dengan baik oleh anime Saekano.

Komentar

Postingan Populer