Sinopsis & Review Film Love Exposure (2008)



Judul: Love Exposure (2008)

Genre: Comedy, Crime, Romance, Drama

Rate imdb: 8,1/10
Rate Ane: 5/5

Sutradara & Penulis:
~ Sion Sono

Durasi: 3h 57m
Pemeran:
~ Takahiro Nishijima (Yu)
~ Hikari Mitsushima (Yoko)
~ Sakura Andô (Koike)
 
Sinopsis:
Tentang Yu seorang anak yang baru saja ditnggal mati ibunya. Ortu Yu sangatlah taat beragama dan mereka seringkali ke gereja untuk berdoa. Namun kehidupan Yu berubah saat ada seorang wanita datang ke kehidupan keluarganya dan kekacauan pun dimulai.

Gmna Kelanjutannya??

"Dari mencari dosa sampai mencari cinta"
Butuh niat yang panjang dan effort lebih untuk memulai menonton film yang satu ini, karna durasinya bukan main panjangnya wkwk, bayangin aja 3 jam 57 menit wkwkw, tapi baiklah kita coba apakah film dengan durasi sgtu mampu mempertahankan rasa semangat menonton. Dan setelah selesai gua tonton, gua bener2 suka bgt dengan film yang satu ini, mulai dari tema yang dihadrikan seperti agama, cinta dan dosa. Hingga gaya pencertiaan film ini sendiri.

Sebelum masuk ke review gua mau memperkenalkan sutradara gila yang berhasil membuat film seabsurd ini dan orang itu adalah Sion Sono. Gua udah beberapa kali menonton filmografi beliau dan memang beliau ini seringkali menyuguhkan hal absurd, aneh dan menjijikan disaat yang bersamaan tapi hal itu bisa menjadi suguhan yang sangat istimewah. Film dibuka dengan embel2 Based on True Story, gua ga tau ini real apa engga tapi ceritanya bener2 jauh diluar perkiraan orang normal.

Jadi film ini menyuguhkan 3 POV dari karkater yang berbeda, mulai dari Yu Honda, Aya Koike dan Yoko. Mereka ber 3 memiliki masalalu yang sama, sama2 suram, sama2 ada kaitannya dengan agama dan dosa. Mereka semua menjadi seperti ini karna agama dan perbuatan dosa yang mereka perbuat. Cuma film ini cenderung ke karkater Yu Honda, tapi karna durasinya panjang, kita disuguhkan 2 karkater lainnya dengan spot yang cukup detail, wajar sih, secara durasi hampir 4 jam, kalo bukan buat build karkate, untuk apa lagi.

Gaya penceritaan di film ini ala2 di dongengin, jadi sepanjang film kita mendengarkan suara pemerannya yang menjelaskan situasi yang mereka sedang alami. Beberapa menit awal kita disuguhkan Yu dengan segala kejadian yang ia alami, sebetulnya dia baik2 saja, sampai akhirnya orang tuanya membawa dia kejalan yang salah dan menyebabkan banyak masalah buat dirinya, khususnya mengatasnamakan agama.

Jadi film ini memang agak explicit soal agama, karna seringkali di senggol dan dibuat menjadi dark komedi. Dark komedinya sendiri juga hadir melalui hal2 aneh dan nyeleneh di film ini. Film yang tadinya hanya seputar drama ayah dan anak, berubah menjadi sesuatu yang tidak pernah terpikirkan oleh gua, mulai dari hal mesum, gore, action, romance, hingga ajaran sesat.

Namun dari hal ini gua sadar 1 hal, kalo kita sebagai manusia bener2 gabisa menebak akan menjadi apa beberapa hari kedepan. Karna Yu yang normal aja bisa berubah menjadi blangsak hanya karna masalah yang ia hadapi. Selain itu perubahan dari drama dark komedi ke romance juga gokil bgt, masuknya romance di sini mulus bgt dan langsung berhasil difokuskan ke hal tersebut.

Romance yang disuguhkan juga bukan romance biasa, tapi romance yang ga kalah absurd dengan drama dan komedinya. Ya intinya film ini banyak menyenggol hal2 sensitif, namun hal itu berhasil menghibur gua, plot2 bangsat yang ga kepikiran sama sekali oleh gua bener2 menjadi point tersendiri untuk film ini, terutama adegan mainin kamera sih, gila bgt itu wkwk. Jangan masuk ajaran sesat guys. Oiya 1 lagi, gua bener2 ga ngerasa kalo durasi film ini 4 jam, mungkin saking serunya kali ya.

~ Dapukkk

Komentar

Postingan Populer