Sinopsis & Review Anime Enen no Shouboutai Season 1 & 2 (2019 - 2020)



 #trAnime
Judul: Enen no Shouboutai Season 1 & 2 (2019 - 2020)

Genre: Action, Fantasy, Drama, Comedy, Mistery

Rate MAL: 7,71 (S1) & 7,80 (S2)/10
Rate Ane: 4/5

Sutradara:
~ Yuki Yase (S1)
~ Tatsuma Minamikawa (S2)
Penulis:
~ Yamato Haijima (S1)
~ Tatsuma Minamikawa (S2)

Episode: 48 eps
Studio:
~ David Production
Durasi: 24 menit/eps
Seiyu:
~ Kajiwara Gakuto (Shinra)
~ Kobayashi Yuusuke (Arthur)
~ Ichimichi Mao (Iris)

Sinopsis:
Tentang Shinra seorang pemuda yang masuk ke dalam pemadam kebakaran khusus, di mana pekerjaanya adalah memadamkan api dengan api. Jadi ada manusia yang tbtb terbakar dan mengamuk dan yang memadamkan itu adalah pemadam khusus. Namun ternyata pekerjaan Shinra tidak hanya memadamkan tapi juga mengkuak kebusukan pemerintahaan dan melawan sekte sesat yang disebut pendeta suci.

Gmna kelanjutannya??

"Mengkuak kebenaran dengan api, latom"
Berhubung season 2nya udah tamat, jadi gua berniat nonton anime ini 2 season sekaligus. Fire Force sendiri awalnya gua ngira anime tentang pemadam kebakaran, jadi isinya cuma pemadam yang memadamkan api layaknya pemadam pada umumnya, gua ga mikir ini adalah anime fantasy dan setelah gua beberapa kali kena spoiler dari twitter, gua penasaran juga bagaiamana cara memadamkan api dengan api, karna hal itu yang dilakukan pemadam di sini dan setelah gua tonton ceritanya seru juga.

Pertama kali gua tonton anime ini first imppression gua langsung suka bgt, bukan suka sama cerita animenya, bukan juga sama grafis animenya tetapi sama sound effect yang digunakan oleh anime ini, karna setiap main karakter ngeluarin api ada suara DUBB atau DEBB gtu dan itu keren bgt sih, ditambah lagi visualisasi di sini mendukung dengan suara tersebut, jadinya udah keren makin keliatan keren.

Selain itu penokohan di sini juga ga kalah kerennya karna para kakrater di sini memiliki sfat yang berbeda dan mereka berkumpul menjadi 1 kesatuan. Jadi ada karkater yang sangat ambisius menolong orang, ada yang selalu merasa takut, ada yang selalu berimajinasi, ada orang yang selalu serius namun memiliki fashion yang buruk dan ada kapten yang kuat namun tidak memiliki kekuatan, nah orang2 ini dikumpulkan ke dalam 1 pasukan dan pasukan itu adalah pasukan yang dicap buruk awalnya.

Ini bukan pertamakalinya gua nonton anime yang main karkaternya ada di tempat terburuk dan mereka berusaha melakukan yang terbaik, karna memang kebanyakan anime menggunakan konsep tersebut sehingga konsep from zero to heronya berasa bgt, strugglenya mereka dari bawah dan menyadarkan orang2 yang ada di atasnya, ini cukup klise di dunia peranimean, tapi untungnya anime ini tidak bergantung pada konsep ini.

Selain itu gua suka sama main karakter di sini yaitu Shinra, gua suka bukan karna dia unik, tapi karna dia udah jago dari awal, sehingga anime ini tidak memakan banyak eps hanya untuk menunjukan sesi latihan Shinra, jadi dari awal udah tempur aja. Sejauh yang gua perhatiin Shinra latihan cuma 2x, itupun masing2 1x di setiap season, jadi dari awal memang langsung tempur aja film ini.

Untuk tempurnya sendiri gua akuin epic bgt, pas pertama kali ngeliat adegan bertarung di sini gua langsung cari tau studio yang menanungi anime ini dan namanya studionya cukup asing buat gua, tapi serius deh kalo kalian nyari anime action yg penuh baku pukul, ini rekomended bgt, karna berantem di sini beneran epic.

Dan keseruan tidak hanya ada pada adegan pertarungan saja, karna ada banyak konflik lainnya seperti drama, misteri dan politik yang diaduk ke dalam action di sini, yang bikin gua tertarik pake bgt sama anime ini karna konsep drama misteri politiknya, karna gua penasaran dengan apa yang terjadi di kota tokyo tersebut, apa yang mereka sembunyikan dan setelah gua tonton banyak bgt kenyataan pahit yang makin ngebuat anime ini seru.

(Paragraf ini spoiler, mending skip ke paragraf selanjutnya) Salah satunya adalah pengungkapan apa itu amaterasu, amaterasu adalah sebuah sumber energi yang menjadi daya pokok untuk kota Tokyo, namun bahan yang dipakai amaterasu ini sangat merugikan kemanusiaan, di sisi lain manusia2 ini menikmati sumber dari amaterasu tersebut dan ini mengingatkan gua sama apa yang di bahas oleh film ddokumenter sexy killer, jadi kita tau sexy killer mengungkapkan hal yang mengerikan hanya demi energi listrik, netizen marah tapi di sisi lain mereka menikmati energi tersebut dan itu sama persis dengan yg di bahas anime ini.

Cuma yang gua kurang suka dari misteri di sini adalah cara mereka menyelesaikan dan mengungkapkan misterinya, jadi gua udah cukup penasaran dengan orang2 yang terlibat atau menjadi penghianat, nah pas rasa penasaran gua udah muncak, bukannya kita disuguhkan penyelesaian yang bagus, tapi anime ini malah membocorkan sendiri misterinya. Contoh, kita disuguhkan ada penghianat, pas udah penasarn eh di eps selanjutnya langsung dikasih tau kalo si A adalah penghianat dengan tindakan yang ia lakukan sendiri, jadi misteri di sini tidak diselesaikan dengan cara di ungkap oleh para jagoan, melainkan para penjahatnya memang berulah sendiri dan ini terjadi hampir berkali2 dibagian misterinya.

Tapi terlepas dari itu anime ini gua rekomendasikan sih, banyak visual bertarung yang mantap dan devlop karkater yang oke. Walaupun di awal2 season satu gua masih kebingungan dengan situasi yang terjadi seperti asal muasal orang terbakar, kekuatan api 3 generasi, namun seiring berjalannya eps semua terjawab. Tapi serius deh season 1 sama season 2 masih bagusan season 1, mungkin karna di sana semuanya baru dibangun dan baru dimulai, karna season 2 hanya melanjutkan apa yang udah ada aja dan lebih banyak omong juga, padahal opening season 2 udah kece bgt.

~ Dapukkk

Komentar

Postingan Populer