Sinopsis & Review Film Watchmen (2009)



Judul: Watchmen (2009)

Genre: Fantasy, Mistery, Action, Drama

Rate imdb: 7,6/10
Rate Ane: 4,5/5

Sutradara:
~ Zack Snyder
Penulis:
~ David Hayter
~ Alex Tse

Durasi: 2h 42m
Pemeran:
~ Jackie Earle Haley (Rorschach)
~ Patrick Wilson (Nite Owl)
~ Carla Gugino (Silk Spectre)
 
Sinopsis:
Tentang kumpulan para superhero yang menyebut diri mereka sebagai Watchmen. Namun masyarakat sudah tidak butuh kehadiran mereka lagi, mereka di tentang dan itu membuat para Watchmen ini memutuskan menghilang dari masyarakat. Namun ada 1 dari mereka yang tetap menjadi pahlawan yaitu Rorschach. Rorschach menyelidiki suatu kasus dan kasus itu mengarah ke rekan pahlawannya yang bernama The Comedian. The Comedia di temukan tewas dan Rorschach berasumsi kalo nyawa rekan2nya yang lain juga tidak aman dan keseruan pun dimulai.

Gmna Kelanjutannya??

"Inilah sifat asli mahkluk hidup"
Sebelum memulai reviewnya gua mau ngasih disclaimer dulu sebelum diserang sama fanboy. Jadi gua ngereview ini dengan memposisikan gua sebagai orang awam, karna memang gua gatau superhero2 yang ada di film ini, bahkan superhero di sini namanya asing semua di gua, jadi kalo ada yang salah atau kurang mendetail saat gua membahas karkater di sini mohon maap, karna gua sekedar nonton aja. Alesan lain penasaran aja film Watchmen seperti apa, sampai2 bisa menjadi nama akun film yang menggunakan judul di film ini yaitu WatchmenID yg terkenal di twitter.

Ternyata ini adalah film kumpulan superhero, bukan Avengers karna bukan dari marvel, bukan pula Justice League. Jadi sebelum kedua kumpulan superhero itu eksis, Watchmen telah lebih dulu memperkenalkan kumpulan superhero miliknya yang menghukum penjahat sesuai diri mereka masing2, bukan hukum. Jadi bisa di bilang kalo Watchmen ini adalah para superhero yang semena2 dalam menangani kasus, dia baik karna melawan kejahatan, cuma cara ngelawannya seterah dia mau kaya gmna.

Cuma untuk orang yang awam bgt seperti gua ini, film Watchmen memiliki cerita yang terbilang cukup terburu2. Durasi 3 jam bener2 tidak cukup untuk menjelaskan apa yang terjadi. Karna di film ini tidak ada pengenalan apapun di babak pertamanya. Jadi kita langsung disuguhkan para kumpulan superhero yang mendampingi polisi dalam menumpas kejahatan. Jadi masing2 superheronya tidak dijelaskan detail, tapi cukup untuk sekedar cerita dan cukup untuk mengingat watak dan karkaternya.

Kita juga tidak tau kenapa namanya harus Watchmen, apa motivasi mereka dalam menumpas kejahatan, padahal jadi penjahat lebih banyak untungnya untuk orang yang memiliki kemampuan. Nah hal2 ini juga tidak dijelaskan, intinya film diceritakan kalo sudah bertahun2, sudah dari genresi ke generasi kalo polisi selalu berdampingan dengan pahlawan. Jadi di film ini kita langsung disuguhkan 2 generasi pahlawan Watchmen, yang dulu dan skrng. Jadi bener2 padet bgt konflik yang disuguhkan.

Belum lagi konflik dari masing2 karkater, tentunya tidak mudah kumpulan superhero yang lama berpisah disatukan kembali. Di sisi lain kondisi kota juga tidak menerima adanya superhero, yang menurutnya itu tidak perlu karna mereka punya polisi. Jadi bener2 banyak konflik di film ini. Tidak sampai di situ aja, karna hidangan utama di sini adalah misteri pembunuhan The Comedian dan perang nuklir antara Amerikan dan Uni Soviet. Kebayang lah ya, sepadet apa isi di film ini, jadi 3 jam bukannya lama, tapi malah kurang menurut gua.

Kostum dari film ini juga berbeda dari kostume film2 superhero kebanyakan, gua ngeliatnya kostum di sini mencoba sama dengan kostum yang ada di komiknya, karna keliatan bgt anehnya. Dan kalo gua perhatiin, yang bener2 memiliki kekuatan super cuma Dr. Manhattan dah, sisahnya punya privileg aja. Seperti ada yang diwariskan ilmu bela dirinya, ada yang ibunya mantan pahlawan jadinya anaknya di jadikan pahlawan juga dan ada juga yang orang kaya. Jadi cuma Dr. Manhattan yang mempunyai kekautan super.

Ngomong2 soal Dr. Manhattan, ada adegan saat dia skidipapap sambil kerja, jadi dia bisa ngebelah diri jadi banyak gtu. Ini ngingetin gua sama Naruto di anime Boruto dah. Jadi ada bunshinnya yang skidipapap, ada juga yang lagi ngurusin kerjaan. Jadi naruto ngambil refrensi dari film ini wkwk. Mentang2 punya kekuatan, mainin bunshin sembarangan.

Oiya selain itu film ini tidak ramah untuk anak2, karna selain nuansanya yang Dark bgt, film ini juga menyuguhkan cerita dan visual yang snagat kejam. Seperti tangan di gergaji, jari putus, gore, jeritan, darah dan adgean2 mantap2. Jadi ini bukan film superhero untuk anak2. Ya intinya gua suka bgt sama film ini, film ini mencoba tampil beda dengan memperkenalkan karkater yang sebelumnya belum pernah diangkat kedalam film Live Action gini, karna serius deh, gua bener2 asing sama nama pahlawan mereka semua. Tau mereka juga dari film ini doang. Kayanya ga pernah di mention di film2 DC sebelumnya.

~ Dapukkk

Komentar

Postingan Populer