Sinopsis & Review Film The Two Popes (2019)



Judul: The Two Popes (2019)

Genre: Comedy, Biografi, Drama

Rate imdb: 7,6/10
Rate Ane: 4/5

Sutradara:
~ Fernando Meirelles
Penulis:
~ Anthony McCarten

Durasi: 2h 5m
Pemeran:
~ Anthony Hopkins (Ratzinger/Pope Benedict)
~ Jonathan Pryce (Jorge/Pope Francis)
~ Juan Minujín (Jorge Muda)
 
Sinopsis:
Tentang skandal vatikan yang sangat terkenal pada tahun 2011 yang tejadi di gereja katolik terbesar dan orang yang terlibat adalah seorang paus yang sedang menjabat pada masa itu. Akibat kasus ini, paus mencoba mengubungi seseorang yang dulu pernah menjadi rivalnya saat pemilihan paus dulu yaitu pastor dari argentina yang bernama Jorge. Pertemuan mereka setelah sekian lama menjadi sangat dekat dan menghangatkan.

Gmna Kelanjutannya??

"Tidak ada manusia yang sempurna"
Ini adalah sebuah film biografi yang menceritakan 2 orang yang menjabat menjadi seorang paus pada masa itu, yaitu Jorge dan Joseph. Mereka ber 2 adalah 2 orang dari negara berbeda dan pernah bersaing untuk mendapatkan posisi teratas yaitu menjadi seorang paus. Namun Jorge kalah karna suara lebih banyak mendukung Joseph, namun film ini bukan hanya menceritakan kisah mereka saja dan bukan juga sebatas pemilihan saat mereka menjabat. Tapi menceritakan skandal yang paling terkenal pada masa itu, skandal vatikan.

Sebelum review gua bener2 awam bgt soal silsilah hal ini, awalnya gua gatau paus itu apa, cara pemilihannya bagaimana, bahkan gua gatau kalo ada skandal vatikan, tapi gua inget kasus ini karna pernah disiarkan di tv nasional waktu itu, cuma karna waktu itu gua masih bocil jadi ga terlalu ngikutin dan ga engeh juga. Nah film ini mengambil sudut pandang dari 2 orang tersebut, yaitu paus yang menjabat pada masa itu dan juga sahabat sekaligus mantan rivalnya Jorge.

Buat yang belum tau apa itu paus, paus adalah Uskup Roma sekaligus pemimpin Gereja Katolik di seluruh dunia. Nah di sini gua bener2 diperkenalkan bgt dengan paus itu dan paus ini semacam sebutan. Gua bener2 jadi tau bagaimana cara pemelihannya, yaitu pakai sistem voting juga, jadi yang voting adalah orang2 gereja juga.

Kenapa yang vote bukan rakyat? ini tidak dijelaskan tapi gua menarik kesimpulan dari pertanyaan ini. Asumsi gua karna yang jadi paus ini bisa dari negara mana aja, tidak harus dari negara Roma. Bahkan Joseph dari Jerman bisa menjadi paus, nah kalo masyarakat yang memilih, mereka akan memilih bukan karna kenal track record kandidatnya, tapi karna mendukung pastor2 dari negaranya, karna dengan menjadi paus bisa mengharumkan negara juga, cuma kalo kita bertingkah, ya negara kita ikut malu juga.

Lalu skandal vatikan itu apa sih? Skandal vatikan adalalah skandal yang terjadi di Vatikan yang melibatkan paus yang menjabat pada masa itu yaitu si Joseph ini. Jadi ada dokumen yang berisikan bukti kalo ada kejahatan di sana dan dokumen tersbeut dibocorkan ke media masa, bahkan di tulis ke dalam buku oleh orang yang membocorkan.

Hal ini tentunya membuat heboh, karna paus itu biasa disebut holy father, namun secara tidak langsung paus juga manusia yang tidak luput dari dosa dan kesalahan, nah film ini berbicara tentang hal tersebut. Jadi kita disuguhkan sosok paus yang mengahadapi kasus ini dari sudut pandang beliau dan temannya si Jorge ini. Pelecehan yang dilakukan oleh siapapun memang jelas salah, dan di film ini kita bener2 melihat bagaiamana cara mereka menghadapi permaslaahan yang besar ini.

Kedekatan antara Joseph dan Jorge digambarkan dengan cukup baik, mereka sangat dekat namun memiliki 2 sifat yang bertolak belakang. Joseph sangat serius dan sangat antusias saat pemilihan paus, sedangkan Jorge santai, lebih suka dakwah bersama rakyat miskin di jalan, suka makan pizza dan minum2an bersoda dan bebas melakukan apa aja yang ia suka.

Nah perbedaan2 ini menjadi hiburan dan komedi tersendiri, jadi kita disuguhkan kehangatan drama mereka menghadapi masalah, tapi di saat yang bersamaan, kita juga disuguhkan komedi yang lucu, sehingga obrolan2 panjang mereka tidak terasa. Oiya, film ini hampir secara keseluruhan adalah obrolan panjang mereka. Intinya film ini sangat menghangatkan dan paus bener2 mengambil langkah yang tepat. Oiya dari film ini gua tau kalo ada sebagian warga yang rela keluar dari agamanya, hanya karna pemimpin yang ia setujui tidak menjadi paus. kaget aja gtu, ada orang yg rela tidak beriman hanya karna jagoannya ga menang pas pemilu ibaratnya mah gtu, ya intinya ini gokil bgt, ampe pegel ngetiknya.

~ Dapukkk

Komentar

Postingan Populer