Sinopsis & Review Film The Queens Gambit (2020)



Judul: The Queens Gambit (2020)

Genre: Drama

Rate imdb: 8,9/10
Rate Ane: 4,5/5

Jumlah:  7 eps
Durasi: -/+ 60 menit/eps
Produksi:
~ Netflix
Created:
~ Scott Allan
~ Scott Frank
Penulis:
~ Walter Tevis
~ Scott Allan
~ Scott Frank

Pemeran:
~ Anya Taylor-Joy (Beth)
~ Thomas Brodie-Sangster (Benny Watts)
~ Harry Melling (Beltik)

Sinopsis:
Tentang Beth seorang anak yang baru saja kehilangan ibu sekaligus kelaurga satu2nya. Karna hal itu Beth dibawa ke panti asuhan untuk mendapatkan kehidupan yang layak. Di sana ia bertemu dengan tukang bersih2 setempat sedang memainkan sebuah game, game tersebut adalah catur dan sejak itu ia tertarik bermain catur namun Beth memiliki kebiasaan yg buruk serta masalalu yang menghantui dirinya.

Gmna kelanjutannya ??

"5 Dollar yang mengubah hidup"
Limited series yang baru saja dirilis oleh netflix bertemakan catur. Jadi banyak permainan catur di sepanjang film sesuai temanya. Namun untuk menikmati series ini, kalian tidak musti bisa, tau, atau paham permainan catur, tapi kalo bisa, tau dan paham mungkin akan lebih menarik, tapi kita di tuntut untuk itu dalam menikmati series ini. Permainan catur yang disuguhkan di sini cukup ringan, yang berat adalah perjalanan hidup Beth.

Jadi film ini tidak hanya seputar catur saja, memang catur adalah tiang dari cerita di film ini, namun cerita hingga pencarian jati diri juga disuguhkan di sini. Seperti masalalu Beth yang kurang menyenangkan, kebiasaan buruk yang Beth lakukan, hingga gaya hidup yang memakan Beth secara perlahan. Nah komponen2 ini yang ngebuat series ini hidup dan mampu ngebuat gua pengen abisin saat itu juga.

Asli gua kalo nonton series itu nyari yang visual sama ceritanya bagus, visual bagus yang gua maksd adalah visual effect seperti film2 fantasy superhero bukan drama seperti ini, namun drama yang disuguhkan mampu ngebuat gua suka, suka sejak gua tonton eps pertama. Jadi series ini memiliki daya pikat yang bagus dari gaya penceritaanya tersebut.

Selain kehidupan Beth yang kurang menyenangkan, film ini juga membahas seputar kesendirian, trauma masalalu menjadi alasan utama, namun kesendirian juga tidak bagus dan itu yang di alami Beth. Dia tidak mau komit untuk bersama dengan siapapun karna trauma karna selalu di tinggalkan, tapi di sisi lain kesepian membuat lukanya semakin parah.

Untungnya ending dari film ini mampu menaikan mood, bukan hanya mood Beth tapi juga mood para penontonya tentunya, jadi apa yang dirasakan Beth di film ini bener2 kerasa bgt di gua. Oiya 1 lagi, film ini hanya seputar Beth dan orang yang pernah singgah di kehidupannya. Kalo kalian perhatikan, tidak ada karkater ke 2 yang setidaknya lebih menonjol dibandingkan karkater yang lain, tidak ada. Mereka semua mendapatkan porsi yang sama kecuali Beth.

Contoh seperti peranya Jolene, Benny, Shaibel, mereka semua perannya penting untuk kehidupan dan cerita Beth, tapi mereka semua mendapatkan porsi yang sama dikitnya. Tapi untungnya Beth yang diperankan oleh Anya di sini perannya hidup bgt, Anya berhasil menajdi Beth yang kesepian, tukang mabok dan gila dalam banyak hal. Ditambah lagi Anya cantik bgt di film ini, jadi 7 eps isinya muka dia doang juga gua jabanin.

Ya intinya ini seru bgt untuk ukuran series yang bertemakan olaharaga catur. Lagian sebagian dari kita pasti baru denger kata catur aja udah pasti "apaan sih", ko ada series angkat  tema olahraga ginian, serunya di mana!. Mungkin gua akan mengeluhkan hal yang sama jika series ini fokus ke caturnya aja, tapi nyatanya dari eps 1 kita udah di ajak keliling ke dunianya Beth, jadi ini bukan tentang catur, menang atau uang, tapi ini tentang Beth dan kehidupannya.

~ Dapukkk

Komentar

Postingan Populer