Sinopsis & Review Film The Exorcist (1973)



Judul: The Exorcist (1973)

Genre: Horror

Rate imdb: 8,0/10
Rate Ane: 5/5

Sutradara:
~ William Friedkin
Penulis:
~ William Peter Blatty

Durasi: 2h 2m
Pemeran:
~ Ellen Burstyn (Chris)
~ Max von Sydow (Merrin)
~ Linda Blair (Regan)
 
Sinopsis:
Tentang Chris seorang aktris sekaligus seorang ibu. Ia memiliki anak bernama Regan dan Chris sudah bercerai dengan suaminya. Sampai suatu ketika Chris merasa ada yang aneh di rumahnya, awalnya ia mengira ada tikus, namun ke anehan berlanjut saat ia melihat perubahan sifat putrinya itu dan akhirnya ia menyadari kalo ada yang tidak beres dengan ini semua.

Gmna Kelanjutannya??

"Serem gila"
Salah satu film horror legendaris karna banyak hal yang mengerikan dari film ini, entah saat pembuatannya maupun ceritanya itu sendiri. Film ini sendiri juga terkenal dengan film kutukan, karna saat pembuatannya banyak hal yang aneh, untuk lengkapnya mengenai film The Exorcist terkenal sebagai film terkutuk bisa dicari di google, banyak yang membahas dan gua nonton film ini juga karna rumor2 tersebut, awalnya gua ga percaya kan, bisa aja cuma marketing, tapi pas gua tonton emg beneran filmnya serem bgt. Terlepas dari rumor, film ini emg serem gila.

Masih membahas proses pembuatannya, karna saat syuting film ini entah creatornya atau sutrdaranya meminta beberapa pemainnya ditampar terlebih dahulu, hal ini bertujuan untuk meningkatkan mimik wajah ketakutan yang natural, kebayang ga sih lu, mau akting aja harus ditampar dulu biar ekspresi takutnya dapet, dari sini aja udah gila, eh filmnya ga kalah gilanya, gila dalam aartian bagus ya. Karna jarang bgt gua nonton horror samper reflek jerit, terakhir jeri saat nonton Mulholland Drive-nya David Lynch, itu juga bukan horror, lebih kaget karna ada hal tidak terduga aja.

Nah di sini horrornya bener2 meresap ke dalam kulit, yang gua rasain saat menonton ini tuh sama seperti saat gua ngeliat tetangga gua kesurupan. Kalian pernah ga sih, ngeliat sodara, keluarga atau tetangga kalian kesurupan, kalian ngeliat langsung karna penasaran dan kalian takut setelah melihat itu karna emg bener2 serem dan diluar logika, nah itu yang gua rasain saat nonton film ini, gua bener2 berhasil dibuat takut karna gua bener2 masuk ke dalam ceritanya, gua seolah2 berada di sana bersama para pastor yang sedang mencoba mengeluarkan setan itu.

Untuk horrornya gausah diragukan lagi lah ya, karna film ini bener2 membuat gua takut dari banyak aspek, mulai dari tingkah laku kesurupannya yang out of the box, percakapan setannya yang ngeselin bgt, hingga make up hantunya yang ga kalah serem dari ceritanya. Jadi make up hantu di sini juara bgt sih dalam menakut2i, ga heran jika sosok hantu di sini menjadi salah satu icon film horror, karna gua kelar nonton kebayang2 mukanya sampe merinding, padahal film udah selesai.

Selain horror yang bikin film ini bagus adalah ceritanya yang dibangun dengan baik, karkakter2nya yang dibangun dengan perlahan tapi pasti, bahkan konflik pendukung seperti kematian orang tua si pastor, kehidupan realife Chris semua jadi merasa terhubung, hanya karna dibangun dengan sangat baik. Jadi film ini tidak hanya menjual horrornya aja, tapi juga ceritanya yang ga kalah bagus.

Film ini juga menjadi salah satu pioner dalam tema horror exorcist, jadi gara2 kesuksesan film ini, banyak creator yang membuat dengan tema serupa dan cerita yang berbeda tentunya. Jadi film ini seperti pembuka untuk film bertema serupa. Scoring musik film ini juga bener2 ngebantu menaikan atmosfer kengeriannya dan dari sini gua juga jadi taku kalo scoring dari anime deathnote, dipake lebih dulu oleh film ini. Untuk jumpscare, gausah ditanya lah ya, gua bener2 kaget sama jumpscarenya, karna ada beberapa penempatan jumpscare yang ga seharusnya, jadi keadaan lagi adem anyem, tbtb ada jumpscare tuh ajim bgt, ya intinya ini rekomended.

~ Dapukkk

Komentar

Postingan Populer