Sinopsis & Review Film Dominion "Prequel to the Exorcist" (2005)



Judul: Dominion "Prequel to the Exorcist" (2005)

Genre: Horror

Rate imdb: 5,2/10
Rate Ane: 1,5/5

Sutradara:
~ Paul Schrader
Penulis:
~ Caleb Carr
~ William Wisher

Durasi: 1h 57m
Pemeran:
~ Stellan SkarsgÄrd (Merrin)
~ Gabriel Mann (Francis)
~ Clara Bellar (Rachel)
 
Sinopsis:
Perkuel dari film The Exorcist pertama.
Tentang Merrin seorang Arkeolog sekaligus pendeta yang mendapatkan perintah dari ke militeran untuk mengunjungi gereja yang baru ditemukan di negara Afrika. Merrin pun mengikuti perintah dan di sana ia menemukan banyak ke anehan. Konflik berlanjut saat pasukan militer berseteru dengan suku setempat.

Gmna Kelanjutannya??

"Selalu ada yang denial terhadap ilmu hitam"
Gua liat judul film ke 5 ini jadi inget film Birds of Preynya Harley Queen. Jadi film Birds of Prey anjlok di pasaran karna masyarakat tidak tau kalo film tersebut adalah film yang menceritakan Harley Queen, sampai akhirnya judul filmnya diubah ditengah penayangannya yang sdang naik di bioskop, nah film ini juga sama wkwk, film ini sampe membawa kata "Prequel to The Exorcist" supaya penonton tau kalo film ini ada kaitannya dengan horror yang legendaris itu, ya intinya biar penontonya banyak aja.

Sebelum masuk pembahasan filmnya berserta info2 mengenai filmnya, gua mau ngeluarin uneg2 setelah maraton 5 film The Exorcist ini. Jadi film ini bener2 film franchise yang paling aneh dan paling ngaco dari segi penceritaanya. Jadi franchise ini ingin semuanya terkonekted satu sama lain sampe lupa konsep dasarnya, jadi mereka mau ada benang merah disetiap filmnya, tapi mereka juga merusak citra film pertamanya itu sendiri. Jadi dari 5 film yang bener2 kena di gua adalah film pertamanya dan ke 4.

Sedikit informasi, awalnya gua kira film penutup ini nyambung sama film ke 4 nya. Karna pemeran utama di film ini masih sama, yaitu karkater Merrin sang Arkeolog sekaligus Pastor. Tapi setelah gua cermati lagi, loh ko ceritanya tidak jauh berbeda dengan film ke 4, ada beberapa yang di ubah aja seperti karakter dokter dan asisten si Merrin ini, sisahnya sama seperti film ke 4, sama persis. Dari situ gua mikir, mungkin ini remake film ke 4nya, jadi alih2 bikin sekuel, creator malah membuat film ke 4 ini dengan versinya sendiri dan jadilah film ke 5 ini dan hasilnya ancur bgt.

Tapi gua ragu kalo ini remake, karna ngapain ngeremake film dari negara sendiri yang beda perilisan hanya setahun. Jadi 2004 film ke 4 rilis, eh 2005 film ke 5 rilis dengan cerita yang gajauh berbed. Sama2 menyuruh Merrin sebagai arkeolog ke Afrika untuk pengecekan gereja di sana, sama2 perang antara tentara barat dengan suku di sana, bedanya film ke 5 ini versi jelek dan low budgetnya. Monmaap bilang jelek, tapi film ke 5 ini bener2 ngerusak film ke 4 yang ceritanya udah lumayan setelah film ke 2 dan ke 3nya gagal memuaskan gua.

Jadi jika dibandingkan, film ke 5 ini bener2 ga penting, kalian bisa skip film ini dan cukup sampe film ke 4nya aja. Tapi saran gua kalian mending nonton film pertamanya The Exorcist dan film ke 4nya The Exorcist Beginning, nyambung ko. Karna yang bagus cuma 2 film itu aja sisahnya cuma mencari keuntungan dari film pertamanya yang sempet hype pada masanya.

Belum lagi CGI di film ini jauh dari kata bagus, jadi perbadingan budget antara film ke 4 dan ke 5 kelaitan bgt, gua ga akan bandingin budgetnya kalo ceritanya ga sama, ini sama persis. Padahal awalnya gua kira cerita ke 5 ini sekuel dari film ke 4nya dan menjadi penghubung natara film ke 4 ke film pertamanya, eh ini malah dibuat ulang dengan cerita yang sama, aneh bgt. Ya intinya yang beneran horror cuma 1 sama 4 aja tapi kalo penasaran urutan filmnya bisa dimulai dari film ke 4 atau 5 lanjut ke 1, 2 dan 3.

~ Dapukkk

Komentar

Postingan Populer