Sinopsis & Review Series Black Mirror 5 (2019)


Judul: Black Mirror 5 (2019)

Genre: Scifi, Psychology, Thriller, Mistery

Created:
~ Charlie Brooker

Berhubung series ini adalah series Omnibus atau series antologi, jadi gua nyoba ngereview film ini satu per satu sesuai dengan eps dan ceritanya. Buat yang gatau, Antologi film adalah 1 film yang berisikan banyak cerita didalamnya, conton seperti film 4bia dari thailand, Horror Story dari Korea atau Takut dari indonesia. Namun kali ini agak berbeda, karna Antologi ini bukan dari film melainkan dari serial. Jadi Black Mirror ini setiap epsnya beda cerita dan gua akan nyoba review masing2 disetiap epsnya.

1. Striking Vipers
Sutradara:
~ Owen Harris
Penulis:
~ Charlie Brooker
Sinopsis:
Tentang Danny dan Karl yang sudah bersahabat sejak lama. Mereka ber 2 seringkali bermain game Striking Vipers saat muda dulu. Kini mereka sudah pada tua dan sibuk dengan kesibukan masing2. Sampai suatu ketika, Karl datang kerumah Danny untuk memberikan Danny kado, namun dari kado tersebutlah mereka ber 2 berubah.

Note:
Jadi Striking Vipers dsni adalah sebuah game virtual dengan gameplay seperti takken. Entah kenapa Black Mirror pembukan diseason 5 ini feelnya kurang berasa. Gua bener2 tidak seperti sedang menonton Black Mirror. Sebab akibat dari alat masa depan bener2 gadapet. Eps ini hanya berfokus kepada persahabatan, keluarga dan percintaan diantara mereka aja.

Gua akuin ke 3 element itu emg beneran kena disni. Tapi kan ini bukan hanya sekedar tentang itu, karna black mirror sejatinya adalah membahas teknologi2 masa depan yang berakibat buruk kepada penggunanya. Feel black mirrornya beneran gada, ditambah lagi endingnya bukannya makin deep, tapi malah makin nemu solusi. Ya intinya mah yang wajar2 aja sama temen, takutnya malah jadi baper.

Rate: 1,5/5

2. Smithereens
Sutradara:
~ James Hawes
Penulis:
~ Charlie Brooker
Sinopsis:
Tentang Christopher seorang uber yang sangat depresi. Suatu ketika Christopher membawa seorang penumpang yang bekerja di perusahaan Smithereens. Tbtb Chris melakukan penculikan terhadap staff itu dan ia hanya memiliki 1 permintaan, yaitu ingin berbicara kepada Owner Simthereens.

Note:
Kali ini kita disuguhkan dampak dari sebuah aplikasi kepada usernya. Yang dimana usernya jadi kecanduan dan menimbulkan banyak dampak negatif. Jadi Smithereens dsni adalah sebuah aplikasi seperti Facebook. Tapi jujur, kalo bicara soal black mirror eps kali ini mungkin terlihat biasa aja menurut gua. Tapi kalo gua ambil sudut pandang tanpa membawa black mirror didalamnya eps kali ini cukup bagus dan tegang.

Gua bahas sedikit, jadi dsni kita bahkan tidak disuguhkan alat masa depan seperti eps2 sebelumnya. Karna dsni yang jadi alat masa depan hanya sebuah aplikasi itu. Jadi gua bener2 gadapet black mirrornya sama sekali. Ya memang timeline dsni ceritanya 2018, tapi kan balik lagi cuy, BM kan nyeritain drama, kengerian dari perkembangan zaman. Tapi kalo diliat dari film pada umumnya, ini gokil bgt, gua bener2 masuk kedalam suasana penyandraan ini. Ditambah lagi karakter utama dsni nampak tidak stabil, dia stress, depresi tapi dia gatau apa yg harus dia lakuin.

Rate: 2,5/5

3. Rachel, Jack and Ashley Too
Sutradara:
~ Anne Sewitsky
Penulis:
~ Charlie Brooker
Sinopsis:
Tentang Rachel yang sangat suka dengan penyanyi pop bernama Ashley. Ashley adalah penyanyi yang sedang berada dipuncak, namun apa yang ia suguhkan penonton hanyalah fake dan tuntutan dari managernya. Sampai akhirnya Ashley ingin menunjukan jati diri yang sebenarnya dan dihalangi oleh manajer serta timnya. Rachel yang mengetahui hal tsb tidak tinggal diam.

Note:
What is wrong with Cahrlie Broker, asli eps kali ini tipikal film disney bgt anjir. Okelah kalo mau menciptakan sesuatu yang berbeda, tapi jangan dihilangkan tujuan utamanya. Eps ke 3 ini sangat cocok ditonton oleh semua kalangan karna sangat friendly. Tapi BM itu bukan sesuatu yang friendly seperti ini, sejauh yang gua liat ya. Jadi ibaratnya ini film tentang pahlawan yang menyelamatkan seorang putri.

Tapi jika kita melihat dari sudut pandang bukan serial Black Mirror, ya ini fun bgt. Seorang fans bertemu dengan idolanya disituasi dan kondisi yang sangat kacau. Konflik Jack dan Rachel juga bener2 dapet bgt sebagai adik kaka. Jack sebagai kakak selalu melindungi rachel tanpa sepengtahuan rachel itu sendiri. Jadinya kalo terlepas dari BM ini cocok untuk masuk RCTI saat hari liburan tiba.

Rate: 2/5

~ Dapukkk

Komentar

Postingan Populer