Sinopsis & Review Series Black Mirror 3 (2016)


Judul: Black Mirror 3 (2016)

Genre: Scifi, Psychology, Thriller, Mistery

Created:
~ Charlie Brooker

Berhubung series ini adalah series Omnibus atau series antologi, jadi gua nyoba ngereview film ini satu per satu sesuai dengan eps dan ceritanya. Buat yang gatau, Antologi film adalah 1 film yang berisikan banyak cerita didalamnya, conton seperti film 4bia dari thailand, Horror Story dari Korea atau Takut dari indonesia. Namun kali ini agak berbeda, karna Antologi ini bukan dari film melainkan dari serial. Jadi Black Mirror ini setiap epsnya beda cerita dan gua akan nyoba review masing2 disetiap epsnya.

1. Nosedive
Sutradara:
~ Joe Wright
Penulis:
~ Charlie Brooker
Sinopsis:
Tentang dunia yang menggunakan system rate kepada manusia. Jadi system rate ini menghubungkan langsung dari sosmed ke kehidupan nyata. Kita akan dapet rate tinggi jika kita bersosialisasi. Namun jika rate kita rendah, banyak orang yang tidak menghargaai kita dan rate itu segala2nya. Pencitraan sangat dibutuhkan dsni.

Note:
Eps yang paling relate dengan kehidupan skrng ini, ditambah lagi skrng jamannya sirkel2an wkwk, pas bgt jadinya. Gua suka bgt konsep rate adalah segala2nya. Jadi setiap manusia butuh rate bagus agar dihargai oleh seseorang, namun ada aja orang yang udah dihargai tapi masih songong seperti difilm ini, yang jelas gaperlu pencitraan, cukup jadi diri sendiri. Memang rate rendah kita tidak dihargai oleh kalayak ramai, tapi pasti ada orang yang peduli dan rate kecil juga bukan brarti kita kriminal. Jadi system rate dsni diartikan sebagai tolak ukur baik atau tidaknya seseorang. Dan kata yang pas untuk eps ini adalah, lu cantik atau cakep, lu aman.

Banyak kritik sosial yang nyata difilm ini, banyak bgt. Tapi selain ceritanya yang menarik, film ini juga bagus dari segi teknisi. Seperti scoring pengiringnya yang bener2 nempel sampai film berakhir. Akting para pemainnya yang gokil2 abis, bahkan ketawanya si pemeran utama dsni bikin gua ngeri, creppy bgt ketawanya. Ya intinya cerita ini paling deep, paling kena, cuma penggambarannya terlihat fun dan asik, bahkan saking bagusnya, gua bener2 gamau eps ini cepet berakhir, gua berharap sedikit ada revenge, tapi kalo bgtu ga akan jadi deep nantinya. Pokoknya the best lah jika dibandingkan dengan eps2 sebelumnya.

Rate: 5/5

2. Playtest
Sutradara:
~ Dan Trachtenberg
Penulis:
~ Charlie Brooker
Sinopsis:
Tentang Cooper seorang pria yang hobi traveling untuk bisa kabur dari ibunya. Ia sangat terganggu dengan kehadiran ibunya jadi ia memutuskan untuk traveling. Suatu ketika ATM yang ia punya tidak bisa digunakan, sedangkan ia masih di inggris. Ia tidak bisa pulang dan ia membutuhkan uang. Sampai akhirnya ia ikut sebagai seseorang yang mencoba sebuah game baru sebelum game tersebut rilis. Game ini adalah game horror dan ia harus ikut itu karna uang yang dijanjikan cukup untuk membawa ia pulang.

Note:
Eps kali ini agak berbeda dari sebelum2nya, karna dsni kita disuguhkan genre dan nuansa horror. Jadi horror dsni bener2 terasa dan dibangun dengan cukup hati2. Dibabak awal kita diperkenalkan dengan karkater utama yang selalu mengabaikan panggilan ibunya, bahkan minta tolong ke ibunya saja ia tidak mau. Jadi bener2 dibangung karkaternya dengan cukup lambat.

Nah, pas masuk ke bagian horrornya, horrornya sangat terasa, karna horror dsni bukan yang langsung nakutin, karna dibuildup dulu. Ditambah lagi horror dsni dikombin dengan game tester. Jadi gua sebagai penonton beragapan kalo semua yang tampil ya hanya game, namun kita semua tau seperti apa ending black  mirror. Bukan black mirror namanya kalo tidak menyuguhkan ending yang depresif dan itu terjadi di eps kali ini. Kita dipush dengan twist berlapis dibagian akhirnya dan ini fun, seru sekaligus mengerikan. Ibaratnya acara uji nyali jika dibuat game virtualnya.

Rate: 4/5

3. Shut Up and Dance
Sutradara:
~ James Watkins
Penulis:
~ Charlie Brooker
~ Will Bridges
Sinopsis:
Tentang Kenny seorang remaja normal seperti pada umumnya, ia memiliki keluarga yang harmonis, hingga kerja sampingan. Sampe suatu ketika laptop yang biasa ia gunakan dihack oleh seseorang. Dan hacker tersebut memanfaatkan kenny untuk melakukan apa yang mereka pinta.

Note:
Pelajaran yang bisa diambil dari sini adalah, jangan asal masuk ke website nonton gratis wkwk. Karna asal masuk, laptop kita bisa  terkena malware dan ujung2nya diblackmail. Jadi eps ke 3 ini garis besarnya adalah tentang hacker, yang dimana hacker dsni bermain dengan para korbannya, korbanya bukan 1 atau 2, tapi banyak dan mereka mendapatkan misi masing2.

Cerita awalnya gua cukup tertarik sih, ditambah lagi pemeran utama dsni adalah Alex Lawther, jadi semaking tertarik gua dengan eps kali ini. Namun lagi2, ending black mirror dsni akan membuat kita semakin depresif seusai menontonya dan dieps ini pun sama. Gila bgt, asli baru kepikiran kalo ngeblackmail dari hacker bisa sampe sejauh ini.

Rate: 4/5

4. San Junipero
Sutradara:
~ Owen Harris
Penulis:
~ Charlie Brooker
Sinopsis:
Tentang Yorkie yang baru saja tiba di San Junipero. Ia tidak mengenal apa2 disana dan disana ia bertemu dengan seorang perempuan bernama Kelly. Pertemuan mereka cukup asik dan benih cinta tumbuh dihati Yorkie. Namun tidak untuk Kelly, karna menurutnya ia tidak boleh baper di San Junipero ini.

Note:
Awalnya gua cukup bingung dengan kata San Junipero dsni, jadi awalnya gua menebak kalo itu adalah nama sebuah Bar, ternyata gua salah, gua tebak lagi kalo itu nama kota tempat mereka tinggal dan gua salah lagi karna tidak ada detail apapun mengenai ini diawal film dan pas gua tau San Junipero itu sebenernya apa, itu cukup ngefeel sih digua. Jadi twistnya dibagian itu dan semua ini dibalut dengan percintaan.

Gua ga akan spoilerin twistnya, karna itu satu2nya yang menarik dsni. Jadi sepanjang film kita cuma disuguhkan kisah cintanya aja, kita tidak kenal latar belakangnya dan misteri dipercakapan mereka. Jadi mereka menyelipkan percakapan yang tidak biasa dan itu potongan puzzle yang harus diterka oleh penonton. Ditambah lagi mereka hanya bisa bertemu seminggu sekali. Ya intinya ini sukses bikin baper, tapi gua bener2 kurang kena dengan konsep kesedihan percintaan dsni, tapi kalo konsep twistnya, itu udah oke mnurut gua.

Rate: 3,5/5

5. Men Againts Fire
Sutradara:
~ Jakob Verbruggen
Penulis:
~ Charlie Brooker
Sinopsis:
Tentang para kecoa yang meresahkan para warga. Namun kecoa dsni berbeda dengan kecoa pada umumnya, karna kecoa dsni berwujud hampir menyerupai manusia. Sudah tugas bagi tentara membasmi kecoa2 tersebut, sampai akhirnya salah satu dari mereka meneukan fakta mengerikan.

Note:
Kali ini kita disuguhkan para tentara yang membasmi para kecoa. Namun, kecoa dsni beda dengan kecoa pada umumnya. Dan para tentara dibantu dengan alat bernama Mass untuk bisa membunuh para kecoa. Untuk adegan baku tembak dan pengerebekannya memang tidak ada yang menarik dsni, tapi twist difilm ini yang bikin gua rada gmna gtu wkwk.

Gua akan spoiler direview kali ini, karna gua pengen kupas aja wkwk. Jadi kecoa ini bisa diibaratkan dengan sesuatu yang pemerintahan tidak suka, anggeplah komunis dan mass adalah alat pemerintahanya, sednagkan tentara pihak ke 3 yang tidak tau sejarah, ini cuma perumpamaan aja gais. Jadi tentara tidak akan langsung membunuh kecoa jika tanpa mass, karna mass mengubah pandangan para tentara, seolah2 ia melihat kecoa.

Karna apa? Karna pada dasarnya, semua manusia memiliki sifat kemanusiaan. Jadi para tentara tidak akan membunuh sesama manusia dan pemerintah mengakali itu dengan sistem bernama mass, karna dengan mass, manusia yang menjadi penghalang pemerintahan akan berubah wujud menjadi kecoa. Untuk lebih pahamnya silahkan ditonton dan gua suka bgt konspirasi dsni. Di eps kali ini kita juga disuguhkan alat yang digunakan di season 1 eps 3.

Rate: 4/5

6. Hated In The Nation
Sutradara:
~ James Hawes
Penulis:
~ Charlie Brooker
Sinopsis:
Tentang Jo Powers seorang wanita yang menulis artikel tentang orang disabilitas. Artikel tersebut dikecam oleh banyak orang dan orang2 beramai2 menggunakan hastag untuk membuat Jo malu. Namun keseesokan harinya, Jo ditemukan tewas bunuh diri. Karna penasaran dengan apa yang terjadi dengan Jo. Karin dan rekannya Blue menyelidiki kasus ini dan semua ini ada kaitannya dengan hastag di internet.

Note:
Eps penutup yang memiliki durasi setara dengan film panjang atau feature film. Selain itu season ke 3 ini juga memiliki eps yang berbeda dengan 2 season sebelumnya. Oke kita lanjut mengenai eps kali ini. Gua suka bgt dengan tema mereka, yang dimana kita suguhkan aksi polisi dalam menyelesaikan kasus dibalut dengan pembunuhan berantai melalui sebuah hastag.

Nah, buat kalian netizen diluar sana, jaga jari kalian agar tidak melakukan hal yang buruk dalam ber internet. Karna hastag kalian bisa membunuh seseorang, bahkan membunuh kalian sendiri. Secara seklias, eps kali ini konsep kematiannya mirip dengan anime D3ath Note. Cuma bedanya ini hastag bukan Note.

Gua suka bgt misterinya, karna waktu 1 jam setengah ini tidak terasa, karna kita berhasil ikut kedalam penyelidikian alat canggih dsni dan alat canggih yang dimksd adalah sebuah robot berbentuk lebah. Film ini juga menyuguhkan genosida dengan cara yang snagat modern. Ya intinya penutup eps kali ini penuh dengan misteri penyelidkikan polisi, bahkan sebagian besar durasinya habis untuk penyelidikan ini.

Rate: 3,5/5

~ Dapukkk

Komentar

Postingan Populer