Sinopsis & Review Series Black Mirror 2 (2013)


Judul: Black Mirror 2 (2013)

Genre: Scifi, Psychology, Thriller, Mistery

Created:
~ Charlie Brooker

Berhubung series ini adalah series Omnibus atau series antologi, jadi gua nyoba ngereview film ini satu per satu sesuai dengan eps dan ceritanya. Buat yang gatau, Antologi film adalah 1 film yang berisikan banyak cerita didalamnya, conton seperti film 4bia dari thailand, Horror Story dari Korea atau Takut dari indonesia. Namun kali ini agak berbeda, karna Antologi ini bukan dari film melainkan dari serial. Jadi Black Mirror ini setiap epsnya beda cerita dan gua akan nyoba review masing2 disetiap epsnya.

1. Be Right Back
Sutradara:
~ Owen Harris
Penulis:
~ Charlie Brooker
Sinopsis:
Tentang Martha dan pasangannya Ash yang baru saja pulang kerumah lamanya Ash. Ash ini suka sekali bermain hp, terkadang ia sampai lupa dengan keadaan sekitar saat ia sedang bermain hpnya. Sampe suatu ketika Martha mendapati kabar bahwa Ash meninggal karna kecelakaan. Karna terlalu larut dalam kesedihan, Martha pun menggunakan suatu system, yang dimana system tersebut akan meyerupai orang yang kita inginkan.

Note:
Film pembuka yang cukup deep, yang dirasakan oleh seorang istri yang sedang mengandung. Namun deep dsni tidak dibarengi tema darknya. Karna ke 3 eps diseason sebelum itu menurut gua dark parah, dan saat gua menonton ini, gua ngerasa ada yang kurang. Film ini sendiri awalnya gua kira mengkritik seseorang saat memegang ponsel.

Yang dimana orang kalo udah ketemu hpnya dan melihat hal yang menarik, akan lupa dengan segala2nya, termasuk keadaan sekitarnya. Nah gua kira film ini akan tentang itu, ternyata bukan, tetapi gajauh beda juga sih. Karna ujung2nya Ash meninggal karna kecelakaan dan gua asumsi, ia meninggal akibat bermain ponselnya. Karna kematian Ash tidak dijelaskan dsni.

Nah, yang mau dibahas dsni adalah system siri yang sudah sangat canggih. Dimana system atau bot siri ini, bisa menyerupai apa yang kita inginkan. Asli, gua nonton film ini sambil ngebayangin kalo system siri akan secanggih ini, gmna jadinya ya wkwk. Buat yang gatau apa itu siri bisa googling, fitur system dieps ini memang bukan siri, tapi kurang lebih seperti itu cuma lebih canggih aja. Ya intinya pembuka diseason ke 2 ini cukup kurang jika dibandingkan ke 3 eps sebelumnya.

Rate: 3/5

2. White Bear
Sutradara:
~ Carl Tibbetts
Penulis:
~ Charlie Brooker
Sinopsis:
Tentang seorang perempuan yang terbangun dengan kondisi lupa ingatan. Ia tidak terlalu mengingat siapa dirinya, ia ada dmna dan ia bingung dengan keadaan tersebut. Kebingungan semakin menjadi saat ia melihat bahwa ada seseorang yang ingin membunuhnya.

Note:
Eps 2 yang dihadirkan dengan cukup gokil, namun dsni gua udah menebak ada sesuatu yang tidak beres, karna urutan misteri yang tidak dijelaskan. Jadi dari awal kita udah disuguhkan misteri yang cukup kental, seperti si karkater utama yang amnesia, orang2 yang ignorant sama dirinya dan ada yang ingin membunuh dia. Nah susunan puzzle itu perlahan menjadi 1 bagian yaitu twist diakhir.

Kritik sosial difilm ini bisa dikategorikan menjadi 2 POV, POV yang pertama soal netizen yang lebih memilih merekam seseorang yang sedang kesushan dibandingkan menolongnya. Jadi netizen ini kebih milih membuat konten tentang sesuatu yang jarang ia temui melalui ponselnya, dibanding do somthing untuk korban tersebut. Disisi lain, ini bisa dikategorikan menjadi sebuah karma. Karma untuk orang yang suka playing Victim atau suka merekam seseorang tanpa izin terlebih dahulu. Jadi karna ia sudah melakukan hal itu, maka wajar jika orang disekitarnya tidak menolongnya. Ya filmnya tidak menjelaskan ke 2 hal tersebut, just imo.

Twist diakhirnya gila bgt sih, namun karna banyaknya misteri diawal, jadi twist di eps ke 2 ini kurang deep dibandingkan yang sebelum2nya. Nah, yang bikin gua lemes diseason ini adalah totalitas kerja kerasnya dan tanda dikalender, se lama itu kah wkwk. Ya intinya eps ke 2 ini tidak kalah gila dan niat, ketegangan akan dikejar sesuatu juga gua rasakan difilm ini, kebingungannya apalagi, dia bingung, gua yang nonton juga ikut bingung.

Rate: 4/5

3. The Waldo Moment
Sutradara:
~ Bryn Higgins
Penulis:
~ Charlie Brooker
Sinopsis:
Tentang Waldo karkater animasi yang sengaja mempermalukan anggota parlemen dimasa kampanye. Karna hal itu, nama waldo pun melejit dan pihak produser ingin kalo waldo menjadi pesaing anggota parlemen itu. Namun disisi lain, orang dibalik karkater waldo tidak ingin masuk kedunia politik.

Note:
Ini yang paling parah dari eps2 sebelumnya dan ini jauh bgt dari ekspetasi gua. Season ke 2 ini bener2 menghilangkan semangat gua marathon BM. Banyak bgt hal yang maksa dieps kali ini, padahal konsep mereka menggunakan animasi untuk dicintai masyarakat serta perkombinasian antara animasi dan politik udah bagus bgt. Tapi kenapa harus dipaksakam harus ada konflik dengan lawan politik.

Jadi ada adegan dmna orang dibalik waldo berkencan dengan lawan politiknya. Pertemua mereka sangat singkat dan mereka langsung mantap2 saat itu juga, karna itu mereka saling baper dan saling suka. Namun karna perbedaan partai, akhirnya timbul konflik baru, gua setuju dengan konflik barunya, tapi cara masuk konfliknya yang gua ga setuju dan ending dari eps ini juga kaya lewat bgtu aja, tidak meninggalkan kesan atau pesan apapun.

Tapi serius deh, konsep waldo yang ada difilm ini udah banyak digunakan oleh beberapa youtuber. Bahkan ada youtuber yang konsepnya seperti waldo ini, jadi orang dibelakang layarnya tidak menunjukan siapa dirinya, cukup kakrater animasinya aja. Dan itu sempet mencuri perhatian beberapa tahun lalu. Jadi gua rasa eps ini menggambarkan sesuatu yang nyata, namun cara pengemasannya yang terburu2.

Rate: 3,5/5

~ Dapukkk

Komentar

Postingan Populer