Sinopsis & Review Film Black Mirror 4 (2017)


Judul: Black Mirror 4 (2017)

Genre: Scifi, Psychology, Thriller, Mistery

Created:
~ Charlie Brooker

Berhubung series ini adalah series Omnibus atau series antologi, jadi gua nyoba ngereview film ini satu per satu sesuai dengan eps dan ceritanya. Buat yang gatau, Antologi film adalah 1 film yang berisikan banyak cerita didalamnya, conton seperti film 4bia dari thailand, Horror Story dari Korea atau Takut dari indonesia. Namun kali ini agak berbeda, karna Antologi ini bukan dari film melainkan dari serial. Jadi Black Mirror ini setiap epsnya beda cerita dan gua akan nyoba review masing2 disetiap epsnya.

1. USS Callister
Sutradara:
~ Toby Haynes
Penulis:
~ Charlie Brooker
~ William Bridges
Sinopsis:
Tentang Daly seorang CEO pembuat game yang mendirikan perusahaan. Namun diperusahaanya sendiri, ia tidak dihargai oleh rekan dan karyawannya. Jadi ia melampiaskan kekesalan itu ke dalam game yang ia buat, karna di dalam game, dia adalah seorang dewa.

Note:
Film dibuka dengan tema ala2 star trek jaman dulu, gua kira film diawal season 4 ini memang bertemakan luar angkasa, ternyata tidak, ini hanyalah sebuah game yang dimainkan oleh seorang CEO. CEO yang tidak pernah dihargai oleh teman dan karyawannya, karna si CEO ini selalu diam saat ditindas. Jadi dia melampiaskan hasrat memerintah itu di dalam game yang ia buat sendiri.Jadi kita bener2 disuguhkan 2 dunia yang dibuat sangat berbeda, itu salah satu yang menarik di eps kali ini.

Jadi kita disuguhkan dunia nyata dengan segala kepahitannya dan dunia game. Nah di dunia nyata semua nampak normal layaknya film2 biasa pada umumnya, sedangkan di dunia game kita disuguhkan film yang berubah, jadi seolah2 kita seperti menonton 2 film yang berbeda. Vibes Star Trek atau Vibes film2 luar angkasanya beneran dapet, kena bgt digua. Dan endingnya tetep deep juga, susah bgt buat ga hela napas setiap ngeliat ending series ini. Mau semenderita apapun karakter, pasti endingnya dibuat lebih menderita ajg wkwkw.

Rate: 4/5

2. Arkangel
Sutradara:
~ Jodie Foster
Penulis:
~ Charlie Brooker
Sinopsis:
Tentang Sarah seorang anak yang sangat disayang oleh ibunya. Karna sarah pernah menghilang sekali, ibunya langsung memasang sistem Arkangel kepada Sarah. Jadi ibunya selalu bisa melihat apa yang sarah lihat, bahkan ibunya tau lokasi sarah dimana dan berkat system itu juga ibunya bisa memblur apa yang sarah lihat, namun semua ada dampaknya.

Note:
Dari eps kali ini gua tau kalo seorang Jodie Foster juga menduduki bangku sutradara selain jadi aktris. Dan kali ini kita disuguhkan tema bad parenting. Jadi seorang ibu yang sangat sayang kepada anaknya karna anaknya lah satu2nya yang ia miliki. Bahkan saking sayangnya si ibu sampai harus membatasi apa yang anak lihat. Jadi ada beberapa hal yang tidak bisa dilihat atau blur oleh anaknya. Nah dari sini kita paham, yang namanya sayang tidak harus menjadi overprotektif.

Selain Bad Parenting yang bener2 kena, kita juga disuguhkan sebuah dampak dari system tersebut dan secara ga langsung system itu mengingatkan gua dengan KPI. Jadi kan ditv nasional apa aja disensor tuh supaya anak tidak melihat, nah KPI harus nnton ini. Karna dsni kita disuguhkan dampak dari penyensoran tersebut. Jadi semakin disensor seorang anak akan salah tanggap dan penasaran. Contoh, akibat penyesoran kekerasan, seorang anak tidak bisa membedakan mana berantem kekerasan sama perbincangan. Belum lagi hal ini meningkatkan rasa kepo si anak. Jadi eps kali ini cukup menyentil.

Rate: 3,5/5

3. Crocodile
Sutradara:
~ John Hillcoat
Penulis:
~ Charlie Brooker
Sinopsis:
Tentang Mia dan Rob sepasang kekasih yang baru saja menabrak seseorang. Karna takut masuk penjara, mereka pun membuang orang tersebut ke sebuah danau. 15 tahun telah berlalu, Mia sudah menjadi orang sukses, namun Mia harus berhadapan masalalunya saat Rob ingin melaporkan kejadian 15 tahun lalu itu ke polisi.

Note:
Film dibuka dengan kesejukan pegunungan yang diselimuti salju, adem bgt ngeliat viewnya. Namun di dalam view yang indah tersebut, ada kejadian yang cukup fatal. Garis besar film ini adalah dosa masalalu. Jadi sepintar apapun menutupi dosa, akan selalu ada yang mengejarnya, entah itu karma atau apapun itu. Jadi tidak ada yang bisa lari dari hal tersebut. Namun yang ngebuat ini seru adalah kombinasi antara kejadian masalalu ini dengan alat canggih dari masa depan alias pizza keliling.

Jadi kita disuguhkan 2 kejadian, yang pertama adalah dosa masalalu yang tadi gua jelaskan dan yang ke 2 adalah pencarian saksi mata atas kejadian kecelakaan yang disebabkan oleh pizza keliling. Nah hal ini yang bener2 ngebuat mistery dsni dapet bgt, selain itu kengerian juga hadir menyelimuti secara perlahan berbarengan dengan perubahan sifat karkater utamanya. Jadi perubahan wanita sukses dan normal menjadi stress akibat dosa masalalu bener2 berhasil menciptakan sesuatu yang seram.

Rate: 3,5/5

4. Hang The DJ
Sutradara:
~ Timothy Van Patten
Penulis:
~ Charlie Brooker
Sinopsis:
Tentang sebuah system kehidupan, di mana para penggunanya harus menuruti system itu. Jadi system akan memilihkan pasangan yang sesuai dengan apa yang kita mau, tapi sebelum mendapatkan pasangan utama, system harus tau apa yang usernya mau, namun data itulah yang membuat usernya stress.

Note:
Bisa dibilang ini adalah Next Levelnya Tinder. Jadi kita bener2 dipertemukan jodoh kita, tapi sebelum bertemu dengan jodoh kita, ya kita dioper2 dulu dengan pasangan lain sampai akhirnya hal itu membentuk sebuah data, data apa yang kita mau, kalo udah cocok, maka pasangan utama akan datang dengan sendirinya. Namun ternyata tidak sesimple itu. Karna bersama dengan orang lain tanpa kepastian yang jelas tentu membuat orang stress.

Tapi yang epic dari ini semua adalah part akhirnya, jadi ending dsni bener2 berhasil membuat gua melongo dengan segala twist yang mereka punya. Asli ga kepikiran sama sekali, gua terlalu fokus sama percintaan rumit mereka atas nama system. Jadi bener2 simple aja ceritanya, paling part depresi endingnya mereka ga ketemu, gua cuma mikir sesimple itu, tapi ternyata gokil bgt, rekomended lah eps kali ini.

Rate: 4,5/5

5. Metalhead
Sutradara:
~ David Slade
Penulis:
~ Charlie Brooker
Sinopsis:
Tentang dunia yang dilanda Apocalypse akibat ulah robot anjing yang membantai umat manusia. Jadi manusia yang tersisa harus bertahan hidup dari para robot anjing tersebut. Karna robot ini tidak segan2 membunuh manusia.

Note:
Durasi eps kali ini cukup singkat dan juga menggunakan konsep Black & White. Kayanya cuma eps ini aja deh yang menggunakan konsep BnW, sebelum2nya engga ada. Walaupun hanya sebatas BnW, film ini menyuguhkan dunia dimana robot berkuasa dan membantai manusia. Jadi film ini bener2 ala2 terminator bgt, manusia bener2 dijajah oleh buatanya sendiri.

Cuma cerita dsni terbilang monotong hingga akhir, tidak ada apapun yang unik dan menarik dari eps kali ini. Kecuali bagian akhirnya, bagian yang menunjukan tujuan ke 3 manusia dsni. Gila, bener2 bisa bgt bikin penontonya ngedown series ini. Film yang ceritanya biasa seperti ini aja masih bisa dibuat deep hanya karna detik2 akhir difilmnya.

Rate: 3/5

6. Black Museum
Sutradara:
~ Colm McCarthy
Penulis:
~ Charlie Brooker
Sinopsis:
Tentang seorang wanita yang tidak sengaja berhenti didepan sebuah museum yang sangat unik. Museum itu bernama Black Museum, karna penasaran ia masuk kesana dan di guide langsung oleh pemiliknya. Disana ia diceritakan tentang 3 kisah sekaligus, kisah dokter dengan rasa sakitnya, kisah percintaan sepasang suami istri yang tinggal didalam pikiran dan kisah pembunuh perempuan si perawal cuaca.

Note:
Eps terakhir ini bisa gua bilang sangat unik, kenapa unik? Karna didalam eps ini kita disuguhkan 3 cerita sekalogus layaknya film Horror Story dari negara korea selatan. Jadi sipemandu ini menceritakan 3 benda yang ada di sana dan 3 benda tersebut memiliki kisahnya masing2 dan kisah itulah yang divisualkan disepanjang cerita.

Sebelum gua masuk ke 3 kisah itu, gua mau ngasih tau kalo di eps ini banyak bgt easter egg dari eps2 sebelumnya. Jadi barang2 iconic dari beberapa eps sebelumnya ada didalam black museum ini dan itu menjadi hal yang cukup menarik buat gua. Namun sayangnya cerita tidak berfokus ke barang2 itu, melainkan barang2 yang tidak pernah ada dari eps2 sebelumnya.

Yang pertama dokter rasa sakit, gua ga akan panjang2 karna takut spoiler, intinya dsni kita disuguhkan sebuah visual tentang kecanduan dengan kemasan yang sangat jauh berbeda, gila bgt cerita pembuka ini. Yang ke 2 kita disuguhkan seorang istri yang sekarat dan jiwanya dipindahkan ke pikiran suami, supaya si istri ini bisa merasakan apa yang suami rasakan, contoh seperti memeluk anaknya. Namun tentu saja hal ini tidak bagus untuk si suami dan yang terakhir cukup epic, jadi langsung ditonton saja tanpa harus gua beri penjelasan.

Rate: 4,5/5


~ Dapukkk

Komentar

Postingan Populer