Sinopsis & Review Series Black Mirror (2011)


Judul: Black Mirror (2011)

Genre: Scifi, Psychology, Thriller, Mistery

Created:
~ Charlie Brooker

Berhubung series ini adalah series Omnibus atau series antologi, jadi gua nyoba ngereview film ini satu per satu sesuai dengan eps dan ceritanya. Buat yang gatau, Antologi film adalah 1 film yang berisikan banyak cerita didalamnya, conton seperti film 4bia dari thailand, Horror Story dari Korea atau Takut dari indonesia. Namun kali ini agak berbeda, karna Antologi ini bukan dari film melainkan dari serial. Jadi Black Mirror ini setiap epsnya beda cerita dan gua akan nyoba review masing2 disetiap epsnya.

1. The National Anthem
Sutradara:
~ Otto Bathurst
Penulis:
~ Charlie Brooker
Sinopsis:
Tentang putri kerajaan Inggris yang diculik. Penculiknya membuat perjanjian dengan perdana mentri. Ia ingin perdana mentri melakukan s3x dengan babi, jika ia tidak melakukannya, maka jiwa putri tersebut akan melayang.

Note:
Ketika sosmed dijadikan ajang untuk black mail dan cybercrime tidak lagi berfungsi. Sebuah sugguhan yang menarik sekaligus depresif dipembukaan series Black Mirror ini. Film ini tidak hanya memperlihatkan 1 sudut pandang aja, tetapi juga memperlihatkan 3 sudut pandang mulai dari anggota pemerintahan itu sendiri, awak media dan netzien yang budiman.

Kita melihat anggota pemerintahan yang kuwalahan mengahadapi hal ini dan ia melakukan segala cara untuk menutupi kasus ini salah satunya dengan membungkam media. Namun berita bersejarah seperti ini membuat media2 menjadi rebel. Siapa sih yang mau melewatkan sejarah seperti ini, dan media pun melakukan segala cara untuk menjadi yang terdepan dalam memberi informasi. Dan netizen, Netizen terlalu menganggap ini mudah dengan pilihan menjadi pahlawan atau menjadi pecundang, tanpa mereka sadari bahwa orang yang melakukan tersebut akan seperti apa nantinya.

Terlepas dari itu, ini adalah suguhan yang sangat menarik karna menjadikan sosmed yang notabene bisa dilihat semua orang untuk dijadikan wadah kejahatan. Endingnya sendiri jauh lebih depresif ketimbang ceritanya. Gila parah bgt ini series wkwkwk, ga ngerti lagi gua. Dan motif pelakunya pun gokil juga, bikin gua sebagai penonton makin nganga. WTF.

Rate: 4,5/5

2. Fifteen Million Merits
Sutradara:
~ Euros Lyn
Penulis:
~ Charlie Brooker
~ Kanak Huq
Sinopsis:
Tentang kondisi dunia yang mengalami Distopia. Dimana manusia tidak bisa keluar lagi dan harus mencari energi dengan cara berkontribusi terhadapa lingkungan, caranya adalah menggoes sepeda. Jadi orang2 ini harus menggoes sepeda untuk menciptakan sebuah energi dan mereka dibayar dengan mata uang bernama Merits. Namun untuk bebas dari jeratan itu, ia harus ikut program tv bernama Hot Shot, yang dimana itu seperti ajang pencarian bakat dan banyak orang yang ingin mengubah nasib mereka disana.

Note:
Jadi Merits dsni adalah nama mata uang dan 15 juta yang dimaksd dsni adalah jumlah angka untuk bisa mendaftar diprogram acara Hot Shot. Namun ada 1 hal yang menarik difilm ini, yaitu penggambaran Hot Shot yang sangat relate dengan ajang pencarian bakat didunia kita ini. Dimana orang2 berambisi ingin ikut audisi, namun audisinya sendiri kadang memrugikan dan merusak mimpi pesertanya. Kita disuguhkan visual tentang itu, tentang bagiamana orang2 udah antri berbulan2 tapi tidak dipanggil, bahkan ada yang disuruh untuk tampil hot untuk bisa mendapatkan pencarian dan masih banyak hal gila lainnya.

Padahal, para peserta buat sampe kepuncak sana aja itu susahnya mati2an. Mereka harus hemat, tahan laper dan sebagainya. Namun tetap saja, yang dicari dari ajang ini adalah sesuatu yang beda dan menarik untuk dijual. Nah kerena lagi, film ini dibalut dengan bumbu romance yang cukup tragis, asli gua nonton 2 eps BM bisa langsung se lemes ini wkwk. Tapinya pengen lanjut, tapinya ga kuat sama endingnya, terlalu menggemaskan untuk divisualkan wkwkw.

Film ke 2 ini sendiri ceritanya rada absrud karna menceritakan keadaan bumi yang distopia. Bahkan beberapa menit awal gua sempet bingung dengan ceritanya karna absurd bgt, gua bener2 gapaham apa otu merits atau semcamnya, jadinya gua googling dulu sinopsisnya dan rada paham dengan situasi yang terjadi, makannya diawal gua jelasin cukup detail mengenai apa yang ada difilm ini supaya tidak membingungkan.

Rate: 4,5/5

3. The Entire History of You
Sutradara:
~ Brian Welsh
Penulis:
~ Jesse Armstrong
Sinopsis:
Tentang Liam yang menghadiri reuni kawan lama istrinya. Awalnya semua berjalan dengan sangat lancar, sampai akhirnya Liam berfikir bahwa istrinya berselingkuh dibelakangnya.

Note:
Eps ke 3 kali ini charlie brooker tidak ambil andil dalam penulisan naskah. Namun film ke 3 ini tidak kalah menarik dari 2 film pertamanya, karna film ke 3 ini berhasil mengkombinasi tema masa depannya dengan tema perselingkuhan atau ketidak percayaan si karkater utamanya.

Jadi difilm ke 3 ini ada semacam alat bernama Grain yang bisa memutar ulang apapun yang kita lihat, namun tidak bisa mengubah hal tersebut. Contoh, misalnya kita liat maling, yaudah kita bisa melihat ulang kembali untuk membantu penyidikan polisi, tetapi tidak bisa mencegah kejadian tersebut, jadi semacam replay aja.

Nah konsep scifi dsni dikombin dengan tema perselingkuhan dan gua bener2 masuk kedalam misterinya. Jadi gua sebagai penonton dibuat bingung dengan aksi posesif sikarakter utamanya. Disisi lain ia menuduh dengan alasan yang tidak wajar, disisi lain pula kita diperlihatkan bahwa memang ada yang tidak beress. Jadi penonton diajak untuk menebak, ini selingkuh atau tidak yaa. Dan itu kena digua. Ya intinya ini keren sih, cuma kalo dibilang deep, 2 eps sebelumya jauh lebih deep dibandingkan ini.

Rate: 4/5

~ Dapukkk

Komentar

Postingan Populer