Sinopsis & Review Film Philomena (2013)


Judul: Philomena (2013)

Genre: Comedy, Biografi, Mistery, Drama

Rate imdb: 6,8/10
Rate Ane: 4,5/5

Sutradara:
~ Stephen Frears
Penulis:
~ Steve Coogan
~ Jeff Pope
~ Martin Sixsmith

Durasi: 1h 38m
Pemeran:
~ Judi Dench (Philomena)
~ Steve Coogan (Martin Sixsmith)
~ Sophie Kennedy Clark (Philomena saat muda)

Sinopsis:
Tentang Philomena seorang wanita tua yang mencari anaknya yang hilang selama 50 tahun. Philomena dipisahkan oleh anaknya sejak ia tinggal bersama biarawati. Pencarian ini dibantu oleh seorang jurnalis dan jurnalis tersebut ikut meliput apa yang terjadi dan mengungkap fakta2 yang mereka ber 2 temukan dan fakta yang mereka temukan bener2 menguras emosi.

Gmna Kelanjutannya??

"Pencarian anak yang hilang 50tahun lamanya"
Film ini Based on True Story, tentang seorang ibu dari irlandia yang dipisahkan dari anaknya oleh para biarawati. Awalnya gua kira film ini semacam film disaster atau semacamnya, karna Philomena dsni gua artikan sebagai fenomena wkwk. Ternyata gua salah dan Philomena dsni adalah nama seorang wanita yang kehilangan anaknya selama 50 tahun lebih dan ia mencarinya setelah sekian lama merasa bersalah atas perbuatannya sendiri.

Bayangin cuy, Philomena menderita selama itu, menyalahkan dirinya selama itu hanya karna para biarawati yang mencoba membersihkan dosanya mengatasnamakan kesucian dan perintah agamanya. Asli film ini sedikit mengubah pandangan gua terhadap biarawati, ya memang ga semua seperti itu dan ini hanya oknum. Tapi apa yang mereka perbuat dsni ga bisa ditolerir sama sekali, jahat sekali mereka memisahkan ibu dan anaknya hanya karna sang ibu hamil diluar nikah dan dianggap berdosa.

Ya memang dia salah, dia bikin malu keluarga. Tapi memisahkan seseorang dari anaknya bener2 lebih sampah dari pada orang yang hamil diluar nikah. Dan yang paling paling parah adalah, mereka semua menyalahkan si pembuat dosa atas dosanya. Jadi seolah2 ini tuh karma buat mereka, mereka harus menanggung rasa bersalah yang amat besar sepanjang hidupnya. Asli ga kuat gua nnton based on true story tapi ceritanya bikin nyesek gini wkwkw, lemah bgt gua nnton bgnian, udah cukup bahas biarawatinya ah, takut bablas, intinya biarawati yang gua mksd ya difilm ini ya, gua ga mengeneralisir atau menaruh stereotype.

Selain hal menyedihkan itu kita juga disuguhkan seorang karkater tambahan yaitu karkater jurnalis yang memiliki permasalahannya sendiri. Ia baru saja dipecat dari company yang sangat bagus seperti BBC. Kini ia mengerjakan pekerjaan yang ia anggap rendah yaitu Human Interest, tapi ia orang yang baik yang membantu memecahkan kasus ini dan reaksi Si jurnais atau martin ini bener2 natural bgt, asli gua kalo ada diposisi dia juga akan melakukan hal yang sama, mana bisa orang menerima keadaan seperti itu.

Selain itu kita juga disuguhkan mistery pencarian ala termehek2. Jadi mengunjungi orang2 yang pernah berhubungan dengan korban. Ada yang baik, tapi ada juga yang menutupi fakta yang ada dan itu bener2 sad bgt asli. Ya intinya kita disuguhkan kesedihan dan kepiluan seorang wanita tua sepanjang film, dia depresi, merasa bersalah, hampir putus asa dan itu semua ia masukan kedalam dirinya sebagai karma, ga gtu jalannya karma, kalo dia mengalami semua itu, apa karma yang pantas untuk biarawati kalo gtu.

~ Dapukkk

Komentar

Postingan Populer