Sinopsis & Review Film Umi Wo Kakeru a.k.a The Man From The Sea (2019)


Judul: Umi Wo Kakeru a.k.a The Man From The Sea (2019)

Genre: Fantasy, Drama

Rate imdb: 5,9/10
Rate Ane: 3/5

Sutradara & Penulis:
~ Kôji Fukada

Durasi: 1h 47m
Pemeran:
~ Dean Fujioka (Rau)
~ Mayu Tsuruta (Atsuko)
~ Taiga Nakano (Takashi)

Sinopsis:
Tentang seorang pria yang terdampar dilaut banda. Pria itu adalah orang jepang, namun pria itu tidak mau memberitahu asal dan identitasnya. Karna disana ada orang jepang dengan kewarganegaraan indo, alhasi pria tersebut ditampung dan diberi nama laut. Namun semenjak kehadiran laut, banyak hal magis yang terjadi.

Gmna Kelanjutannya??

"Tidak ada yang bisa menebak laut"
Ini adalah film kijang (Kerja sama Indonesia JepANG), jadi filmnya produksi jepang, namun menggunakan banyak orang indonesia didalamnya, termasuk latar difilm ini yang berada di aceh dengan timeline pasca Tsunami. Jadi banyak orang yang mencoba menghilangkan trauma dari kejadian itu. Disisi lain ada 4 karakter dengan kisah yang berbeda, mulai dari perasaan, pertemanan, agama hingga budaya.

Yang pertama ada 2 orang jepang yang bernama Takashi dan sepupunya Sachiko, dan 2 orang indonesia yang bernama Kris dan teman semasa kecilnya bernama Irma. Nah kisah mereka ber 4 cukup complicated, ada Kris dan Irma yang saling suka namun tidak bisa karna perbedaan agama, ada Takashi yang mencoba mendekati Irma namun ayah Irma sangat membenci orang Jepang. Ada Kris yang suka dengan Sachiko namun perbedaan budaya, dan persahabatan antara Kris dan Takashi yang ditampilkan cukup baik dan semua itu dibalut dengan kehadiran 1 karkater yang memiliki kekuatan magis bernama Laut.

Bahkan sampe film usai gua masih gabisa mengeluarkan asumsi apapun mengenai kakrater laut ini. Karna film ini bener2 jepang bgt, yang meninggalkan cerita yang terbilang cukup rumit dengan segala misteri yang mereka punya dan tidak dituntaskan. Mungkin buat yang paham atau punya asumsi mengenai film ini bisa komentar, soalnya asumsi gua ga sampe, asumsi gua sebatas metafora laut yang tidak bisa ditebak. Jadi bener2 ga nemuin titik terang dari film ini, apa yang ingin disampaikan oleh sang sutradara bener2 ga paham digua, tapi serius deh pesan yang disampaikan cukup dalam.

Selain itu yang bikin gua takjub adalah aktris/aktor jepang dsni bener2 fasih berbahasa indonesia. Padahal pas gua cek, mereka bener2 orang jepang yang memiliki kewarganegaraan jepang, bukan turis yang diajak main, tapi bahasa indonesia mereka sangat fasih. Belum lagi akting takashi yang bener2 mencermikan orang indo bgt, makan pake tangan, kaki diangkat satu, pokoknya bener2 orang kita bgt dah.

Kritik sosial juga turut hadir dalam film ini dan entah kenapa gua kena sama film ini, padahal banyak ketidak jelasan yang tidak terjawab yang akhirnya meninggalkan pertanyaan setelah film usai, mungkin itu salah satu cara agar penonton memikirkan film ini setelah film berakhir, karna bener2 berbekas cuy. Ya intinya film ini memiliki plot yang cukup rumit untuk dimengerti, sepertinya butuh asumsi yang dalam untuk menjawab beberapa misteri dan pertanyaan difilm ini.

~ Dapukkk

Komentar

Postingan Populer