Sinopsis & Review Film The Tale of the Princess Kaguya (2013)


Judul: The Tale of the Princess Kaguya (2013)

Genre: Fantasy, Adventure, Drama

Rate imdb: 8,0/10
Rate Ane: 4,5/5

Sutradara:
~ Isao Takahata
Penulis:
~ Isao Takahata
~ Riko Sakaguchi

Durasi: 2h 17m
Pemeran:
~ Aki Asakura (Kaguya)
~ Kengo Kôra (Sutemaru)
~ Takeo Chii (Okina)

Sinopsis:
Tentang petani bambu yang menemukan sebuah keajaiban saat sedang memetik sebuah bambu kecil. Didalam bambu kecil tersebut terdapat seorang anak perempuan kecil dengan style layaknya seorang putri. Karna penasaran, putri tersebut dibawa pulang dan sesampainya disana, ia berubah menjadi bayi manusia yang pertumbuhannya sangat cepat. Sampai akhirnya kejadian2 aneh mulai bermunculan dan orang tuanya memaksa anak tadi untuk menjadi sebuah putri sungguhan.

Gmna Kelanjutannya??

"Tamparan keras mengenai isu sosial ala ghibli"
Grafik anime ini memang berbeda tidak seperti grafik anime atau animasi kebanyakan, yang dimana animasi kebanyakan menggunakan grafik bagus dan penuh warna sebagai daya tarik penonton. Tetapi berbeda dengan ini, yang menyuguhkan grafik yang hanya berfokus kepada karkater dan ceritanya aja, tidak dengan keadaan sekitarnya, mksdnya tidak sampe detail bgt. Gua rasa hal ini bertujuan supaya penonton lebih fokus kepada apa yang mereka akan ceritakan.

Terlepas dari grafiknya, anime atau animasi ini memiliki cerita yang dalam mengenai kesetaraan gender, pemaksaan orang tua dan perbedaan kasta. Bayangin, yang awalnya kita disuguhkan animasi yang hangat, penuh kasih dan mengemaskan, semua berubah menjadi bencana yang dialami oleh karkater utamanya. Asli, diawal film kita diperkenalkan dengan hangat dan fun bgt, mulai dari karkater kaguya yang mengemaskan, hingga aktifnya dia sebagai anak. Namun semuanya berubah karna orang tuanya memaksakan kehendak kalo ia harus menjadi putri.

Jadi yang tadinya ia orang miskin, harus merubah status sosialnya, ia tidak bisa melakukan apa yang ia mau dan suka lagi. Ia dijodohkan, disamakan dengan harta oleh para pria, orang tua yang egois yang memaksa anaknya mengatasnamakan kebahagiaan. Semua digambarkan jelas dan sangat mengerikan melalui animasi ini. Dan part itulah yang menarik dari animasi ini, jadi gua rasa animasi ini bukan untuk konsumsi anak2, karna pembahasan yang cukup berat ada pada konfliknya. Ya intinya ini film Ghibli ke 2 yang udah gua tonton dan so far keduanya bagus.

~ Dapukkk

Komentar

Postingan Populer