Sinopsis & Review Film The Animatrix (2003)


Judul: The Animatrix (2003)

Genre: Scifi, Action, Adventure, Thriller

Durasi: 1h 40m

Berhubung film ini adalah film Omnibus atau film antologi, jadi gua nyoba ngereview film ini satu per satu sesuai ceritanya. Buat yang gatau, Antologi film adalah 1 film yang berisikan banyak cerita didalamnya, conton seperti film 4bia dari thailand, Horror Story dari Korea atau Takut dari indonesia. Namun kali ini agak berbeda, karna jarang2 gua ngeliat animasi dibuat Antologi seperti ini. Beda ya sama Antologi Love, D3ath and Robot, bedanya mereka beda tiap eps dan masuknya series. Kalo ini Film atau movie, tapi sama2 antologi.

The Animatrix sendiri adalah series dengan konsep film The Matrix, tau kan film the matrix yang dimainkan oleh Keanu Reeves? Nah film ini temanya sama dengan film itu yaitu sama2 The Matrix, cuma gua gatau animasi ini ada hubungannya dengan film tersebut atau engga, bahkan timelinenya gua juga gatau. Tapi yang jelas kalian bisa langsung menikmati ini tanpa harus film manusianya terlebih dahulu.

1. Final Flight of The Osiris
Sutradara:
~ Andrew R. Jones
Penulis:
~ Lily Wachowski
~ Lana Wachowski
Sinopsis:
Tentang sekumpulan orang yang sedang menjalankan sebuah misi. Namun tbtb pesawat yang mereka tumpangi diserang oleh sekelompok sentinel, namun dsisi lain salah satu dari mereka harus mengirimkkan info mengenai jumlah sentinel yang tidak sedikit dan keseruan pun dimulai.

Note:
Pembukaan yang cukup bagus dari segi visual tapi tidak dari segi cerita. Dicerita awal ini kita hanya dikasih 9 menit dan gua rasa visual semewah ini sia2 jika hanya dipertontonkan selama 9 menit. Asli visualnya indah banget cuy. Bahkan permainan tone warna antara dunia nyata dengan dunia matrix juga dibuat sebeda mungkin, nah warna2 ini yang meriahkan visualnya. Kalo untuk ceritanya, cerita difilm ini terlalu simple bgt, seperti kita gadikasih tau misinya apa, tbtb mereka dikroyok sama sentinel. Tapi fight diawal udah bagus bgt sih walaupun cuma training. Ga kebayang jika fight diawal dibuat lebih lama lagi wkwk.

Grafik & Visual: 5/5
Karakter: 4/5
Cerita: 2/5

2. The Second Renaissance Part I
Sutradara:
~ Mahiro Maeda
Penulis:
~ Lily Wachowski
~ Lana Wachowski
Sinopsis:
Tentang manusia yang menggunakan robot untuk menggantikan aktifitasnya. Namun bagaimana jika robot memiliki pemikiran sendiri? Dan inilah jadinya, mereka melakukan penindasam terhadap manusia yang tidak pernah menghargainya.

Note:
Film ke 2 ini ceritanya seperti teori2 konspirasi yang sering beredar. Dimana para robot bisa lebih cerdas seperti manusia dan menindas manusia yang tidak menghargainya. Jadi teori konspirasi tentang robot yang menguasai dunia bener2 dijabarkan dsni. Cerita ke 2 ini memiliki grafiik yang jauh berbeda dengan film pertamanya. Kalo film pertamanya cenderung mirip ke kartun, nah cerita ke 2 ini lebih mirip anime. Tapi hal itu tidak membuat cerita ke 2 ini jelek dari segi visual. Karna visual pembukaan di cerita ke 2 ini bener2 menghipnotis gua, indah bgt pembukaanya, walaupun terkesan simple.

Grafik & Visual: 4/5
Karakter: 2,5/5
Cerita: 3,5/5

3. The Second Renaissance Part II
Sutradara:
~ Mahiro Maeda
Penulis:
~ Lily Wachowski
~ Lana Wachowski
Sinopsis:
Kelanjutan dari cerita sebelumnya.
Tentang para manusia yang mencoba menutupi matahari yang dipercaya sebagai sumber energi para robot dan para robot yang menghancurkan semua protein karna protein adalah kebutuhan manusia dan mereka saling serang satu sama lainnya.

Note:
Film ke 2 ini gajauh beda dengan part 1nya dari segi grafik dan visual, karna masih dihandle oleh orang yang sama. Ceritanya juga cuma nerusin aja, yang ke dua ini lebih memperlihatkan peperangan, karna kalo dipertama kan cuma diliatin robot ditindas doang. Dari Second Renaissance kita jadi tahu asal muasal sentinel, karna pembuatan sentinel dijelaskan dsni. Sentinel dibuat oleh2 robot2 yang marah dan geram kepada manusia dan The Second Renaissance ini berhasil ngebuat gua memihak kepada robot dibanding manusia wkwk, padahal kalo difilm the matrix gua kesel juga sama para robot ini, tapi kalo asal usulnya bgni sih salah manusia juga.

Grafik & Visual: 4/5
Karakter: 2,5/5
Cerita: 3,5/5

4. Kid's Story
Sutradara:
~ Shinichiro Watanabe
Penulis:
~ Lily Wachowski
~ Lana Wachowski
Sinopsis:
Tentang seorang anak yang mengalami sebuah mimpi yang sangat aneh. Ke anehan berlanjut saat ia chattingan dengan seseorang yang memberitahunya kalo ini semua tidak beres dan anak tersebut dikejar oleh sekelompok orang tidak dikenal.

Note:
Film ini sama seperti neo bergabung kedalam grup the matrix. Ia direkrut karna mengalami hal2 aneh. Bedanya, kalini Neo yang merekrut dan anak ini yang harus berjuang untuk dirinya sendiri. Jadi kita disuguhkan bentuk Keanu reeves dalam bentuk animasi, bahkan pengisi suara neo juga keanu reeves. jadi karkater neo muncul di cerita ke 4 ini. Walaupun ceritanya jauh dari kata menarik kalo menurut gua. Grafiknya juga lebih buruk dari ke 3 film sebelumnya.

Grafik & Visual: 1,5/5
Karakter: 2/5
Cerita: 2,5/5

5. Program
Sutradara & Penulis:
~ Yoshiaki Kawajiri
Sinopsis:
Tentang Cis seorang the matrix yang sedang melakukan latihan bersama temannya yang bernama Duo. Namun ditengah latihan, Duo meminta bantuan Cis untuk menghianti The Matrix dan keseruan pun dimulai.

Note:
Cerita ke 5 ini grafiknya berbeda lagi, kali ini grafik animasinya sama dengan grafik animasi Justice League dan ending difilm ke 5 ini cukup plot twist bisa dibilang. Visual mereka berantem di tengah2 hutan bambu juga kece bgt, apalagi kamera movementnya. Jadi film ke 5 ini memiliki komposisi yang pas mulai dari grafik, cerita dan karkaternya.

Grafik & Visual: 3,5/5
Karakter: 3,5/5
Cerita: 3,5/5

6. World Record
Sutradara & Penulis:
~ Takeshi Koike
Sinopsis:
Tentang Dan Davis seorang pelari yang memecahkan record dunia. Namun Dan Davis merasa tidak puas dengan recordnya, jadi ia ingin mengalahkan record dunianya sendiri dan kengerian pun dimulai.

Note:
Cerita kali ini menarik sih, dimana sifat alami manusia dijelaskan disni, sifat yang tidak pernah puas. Bahkan udah dapet apa yang dicapai aja masih ga puas juga astaga wkwk. Grafiknya seperti anime afro samurai, yang dimana hanya karakter tertentu aja yang dapet spot gtu. Kalo soal visual tidak ada yang istimewah dsni, cuma kalo cerita gua suka bgt sih, menarik.

Grafik & Visual: 2/5
Karakter: 2,5/5
Cerita: 3,5/5

7. Beyond
Sutradara & Penulis:
~ Koji Morimoto
Sinopsis:
Tentang Yoko yang hanya tinggal bersama kucingnya, namun suatu ketika kucingnya hilang. Ada anak kecil yang melihat kucingnya Yoko dan kucing tersebut berada dirumah berhantu ditengah kota. Dengan nekat Yoko kesana dan hal mengejutkan teradi.

Note:
Cerita ke 7 ini dikemas dengan penuh canda, tawa dan keseruan 4 orang anak dengan 1 orang remaja yang bersenang2 didalam rumah hantu. Gua fun bgt ngeliat aksi mereka sampe akhirnya ending tiba dengan cara yang absurd dan gua cukup terkejud. Memang sih endingnya tidak menjelaskan apa2, tapi asumsi gua, mereka ada disalah satu universe dan universe mereka mengalami kebocoran, jadi timbulan rumah hantu. Gokil.

Grafik & Visual: 3/5
Karakter: 2,5/5
Cerita: 4,5/5

8. A Detective Story
Sutradara & Penulis:
~ Shinichiro Watanabe
Sinopsis:
Tentang Ash seorang detektif swasta. Suatu ketika ada yang menggunakan jasanya untuk menemukan seorang hacker bernama Trinity. Awalnya Ash menolak, sampai akhirnya ia tau kalo pekerjaan ini uangnya sangat besar.

Note:
Cerita ke 8 ini disutradarai oleh Shinichiro Watanabe orang yang sama dengan film ke 4 yaitu Kid's Story. Kalo gua perhatiin, Kid's Story itu gua rate paling rendah dari semua cerita yang udah gua tonton, namun kali ini Shinichiro Watanabe terbebas dari script alias ini cerita original buatanya sendiri. Jadi banyak perubahan di cerita ke 8 ini dibandingkan Kid's Story yang ceritanya masih di hanlde oleh Wachowski bersaudara. Bahkan grafik keduanya beda dan ini lebih mendingan, ceritanya menarik serta misteri yang singkat yang berhasil mengajak penonton untuk ikut menyelidikinya. Bagus.

Grafik & Visual: 3/5
Karakter: 3/5
Cerita: 4/5

9. Matriculated
Sutradara & Penulis:
~ Peter Chung
Sinopsis:
Tentang sekelompok orang yang memiliki hobi mengubah sentinel menjadi kawan. Sampai akhirnya hal mengjutkan terjadi kepada kelompok ini.

Note:
Film penutupan ini memiliki visual yang sangat indah dan memanjakan mata dengan banyaknya warna yang dihadirkan. Jadi diawal dan diakhir kita bener2 dipuaskan dengan visualnya. Ceritanya sendiri terkesan biasa aja awalnya, dimana sekelompok orang melawan sentinel, tapi yang bikin menarik adalah endingnya, tidak twist, cuma menarik aja gua rasa, jadi cukup keren jua dari segi cerita.

Grafik & Visual: 4/5
Karakter: 3/5
Cerita: 3,5/5

Review Keseluruhan:
Jadi jauh sebelum ada Love, Death and Robots udah ada yang buat film sejenis. Sama2 cyberpunk, penuh kekerasan dan bedanya tema difilm ini pasti mengarah kepada The Matrix. Dari cerita 1 sampai 4 itu mereka masih mengkuti script produser bgt, jadi certianya masih mengikuti cerita orang, tapi dari cerita 5 dan seterusnya mereka menyutradarai dan menulis sendiri, jadi original dari pikiran mereka. Keliatan bgt perbedaan ceritanya, yang disuruh oleh produser sama ide cerita original, bagusan original kemana2. Ya intinya ini rekomneded.

Rate imdb: 7,4/10
Rate Ane: 3,5/5

~ Dapukkk

Komentar

Postingan Populer