Sinopsis & Review Film Malcolm X (1992)


Judul : Malcolm X (1992)

Genre : Biografi, Drama, History

Rate imdb : 7,7/10 (78,062 vote)
Rate Ane  : 3,5/5

Sutradara :
~ Spike Lee
Penulis :
~ Spike Lee
~ Alex Haley
~ Malcolm X
~ Arnold Perl

Durasi : 3h 22m
Pemeran :
~ Denzel Washington (Malcolm X)
~ Angela Bassett (Betty)
~ Delroy Lindo (West Indian)

Sinopsis :
Tentang Malcolm seorang pria yang sangat benci tentang penindasan terhadap manusia kulit hitam. Bahkan sejak kecil ia sudah menjadi korban rasis oleh lingkungannya dan itu membuat malcolm tumbuh dan benci terhadap orang2 kulit putih. Sampai akhirnya malcolm melakukan kejahatan dan ia dihukup 10 tahun penjara, dipenjara ia diertemukan dengan seorang kulit hitam yang beragama muslim, dipenajra ia mempelajari muslim dan setelah bebas ia menjadi aktifis orang kulit hitam yang beragama muslim dan satu persatu permasalah muncul.

Gmna Kelanjutannya ??

"Perbedaan membuat kita saling membenci bukan memahami"
Ini adalah sebuah film biografi tentang Malcolm X dan buat yang belum tau siapa itu malcolm x, Malcolm X  lahir dengan nama Malcolm Little dan dikenal sebagai El-Hajj Malik El-Shabazz adalah seorang tokoh Muslim Afrika-Amerika dan aktivis hak asasi manusia. Bagi para pengagumnya, ia adalah seorang yang berani memperjuangkan hak-hak kulit hitam (Wiki). Jadi sepanjang film kita disuguhkan aksi Malcolm X dalam menyebarkan semangat lewat dakwah mengenai rasis yang ada diamerika sana. Tapi tidak hanya menyuguhkan hal tersebut aja, kita bener2 disuguhkan perljalanan hidup seorang Malcolm X sebelum akhirnya ia menjadi aktifis dan seorang pendakwah.

Malcolm X sangat membenci rasis karna saat kecil keluarganya pernah diserang oleh KKK, ga cuma disitu aja, ia mendapatkan perlakukan berbeda dilingkungannya. Malcolm tidak pernah terpikir untuk menjadi aktifis karna dia sendiri aja orang jahat pada masanya, tapi gara2 masuk penjara dia merubah semua sifatnya. Tapi serius deh, gua ngeliat biografi malcom ini agak sedikit Ekstrimis si malcolm ini, dia membenci penindasan tetapi dia sama ratakan orang2 kulit putih, jadi menurut dia kulit putih brengsek ya brarti seluruh orang kulit putih brengsek, bukan cuma oknum aja.

Dibabak awal kita disuguhkan aksi Danzel menjadi seorang kriminal yang tidak takut dengan apapun, akting dia menjadi penjahat cukup oke apalagi saat dia menaruh pistol dikepalanya sendiri. Nah hebatnya saat dia menjadi kriminal dengan menjadi aktifis sifatnya berubah drastis, jadi bener2 kaya bukan danzel. Jadi kan diawal dia bringas, kasar dan tbtb jadi kalem bgt. Gua kaya ngeliat ada 2 danzel berbeda dalam peran malcom. Jadi untuk akting gua bener2 gada masalah dan bahkan salut dengan perbedaan sifat karakter itu.

Oiya film ini selain mengangkat tema Rasis, tetapi juga mengangkat tema agama. Terlihat saat Malcolm X masuk islam. Cuma agama dsni adalah agama versi Malcolm X sendiri dengan segala pengetahuan dan pembelajaran yang dia punya, jadi jangan terlalu dimasukin kehati ya wkwk, karna banyak bagian yang menrut gua wtf bgt tentang pembelajaran agamanya, gua bocorin 1, jadi malcom menganggap bahwa tuhan dan nabinya berkulit hitam dll. Nah sepanjang film banyak dakwah dan hal2 seperti ini, kalo gua menganggapinya ini sebagai jokes karna ini lucu bgt, tapi kan penganggapan orang beda2.

Tapi ada 1 hal yang bener2 bikin gua ngantuk dan bt, yaitu saat dakwah atau pidato. Film ini memiliki durasi yang sangat luar biasa, yaitu 3 jam lebih, awalnya gua bener2 tidak terasa dengan durasi yang sgtu lamanya. Sampai akhhirnya Malcolm X berpidato, awal pidato sangat seru, penuh semangat dan dibawakan dengan senyum, sekali duakali masih enak diliatnya, tetapi ini berkali2 dengan pembicaraan yang tujuannya sama dengan pidato2 sebelumnya, ya memang kisah nyatanya seperti itu cuma gua agak bosen aja disuguhkan pidato dengan tujuan yang sama arah pembicaraanya. Yang membedakan cuma tempat pidatonya dan audience yang dateng aja. Untuk secara keseluruhan oke, sinematografi dan visualnya juga ada beberapa yang bagus, dark jokes yang diselipkan juga berhasil bikin senyam senyum, keberanian, pendirian dan motivasi juga disuguhkan dsni, cuma kalian harus siap aja sama durasi yang cukup panjang.

~ Dapukkk

Komentar

Postingan Populer