Sinopsis & Review Film Banda The Dark Forgotten Trail (2017)


Judul : Banda The Dark Forgotten Trail (2017)

Genre : Dokumenter

Rate imdb : 8,2/10 (78 vote)
Rate Ane  : 4/5

Sutradara :
~ Jay Subiakto
Penulis :
~ Mohammad Irfan Ramly

Durasi : 1h 34m
Pemeran :
~ Reza Rahadian (Voice Indonesia)
~ Ario Bayu (Voice Inggris)

Sinopsis :
Tentang Sejarah mengenai kepulauan Banda dimasa penjajahan dan asal usul rempah2 yang ada disana.

Gmna Kelanjutannya ??

"Jas Merah, Jangan sekali2 melupakan sejarah"
FYI, Banda adalah salah satu alesan kenapa indonesia dijajah dengan segala kekayaan budaya dan rempah2nya. Jadi difilm ini kita akan menyuguhkan sejarah tentang kepulauan banda yang penuh dengan kekayaan dan keindahan alam. Semua sejarah dimasalalu mengenai kepulauan Banda, semua dikupas tuntas difilm dokumenter ini. Mulai dari datangnya penjajah karna rempah2, genosida pertama di indonesia, asal muasa buah pala di banda, hingga perang sesama antar warga indonesia akibat perdagangan dan agama. Semua dikupas difilm ini.

Banda terkenal dengan buah palanya dan karna itu orang2 rela melakukan apapun untuk mendapatkan kekayaan buah pala dibanda karna kualitas buah pala disana adalah kualitas terbaik. Saat mendengar narasi tentang banda didatangi penjajahan, hati gua rasanya sedih cuma ga sedih2 bgt karna hampir setiap kota diindonesia mengalami hal tersebut, yang bikin gua sedih adalah saat mendengar perang antar saudara karna agama, itu ngena parah sih, apalagi film ini mewawancarai narasumbernya langsung yang selamat dari perang itu, itu bener2 ngena bgt.

Film ini sendiri dikerjakan dengan cukup baik, mulai dari penampilan visual yang sangat indah mengenai pulau banda, footage2 yang dihadirkan, time lapse dan visual effectnya juga udah bagus bgt. Narasi yang dibawakan oleh reza rahadian juga udah bagus, tapi yang hebat dari itu semua adalah scoringnya. Bahkan bisa dibilang scoring dsni adalah nyawa dari film dokumenter ini. Jadi kita dsuguhkan kombinasi antara visual, narasi dan scoring yang ngebuat kita terhanyut dengan sejarah banda yang kelam, dark dan terlupakan. Rekomended buat kalian yang suka sejarah, terutama sejarah lokal.

~ Dapukkk

Komentar

Postingan Populer