Sinopsis & Review Film Kisah Tanah Jawa "Merapi" (2019)


Judul : Kisah Tanah Jawa "Merapi" (2019)

Genre : Mistery, Horror, Thriller

Rate imdb: --/--
Rate Ane: 2,5/5

Jumlah : 6 eps
Durasi : 30 - 40 menit/eps
Produksi : Iflix

Created:
~ Dienan Silmy
~ Salman Aristo
~ Bonaventura Genta
Sutradara:
~ Faozan Rizal
Penulis :
~ Jaka Ady Saputra
~ Dipa Apresya
~ Casandra P Cameron
~ Hanan Novianti
~ Yayu Yuliani
~ Aggi Dilimanto

Pemeran :
~ Deva Mahenra (Andi)
~ Joshua Suherman (Babon)
~ Laura Theux (Citra)

Sinopsis :
Tentang Andi dan Babon yang baru saja kehilangan teman dekatnya yang bernama Rio. Rio hilang saat sedang mendaki gunung merapi, awalnya Andi dan Babon tidak mau mencari Rio karna Rio sudah hilang 2 bulan. Namun Andi mendapat tekanan dari ibu dan tunangannya Rio dan Rio sendiri sudah dianggap sebagai kaka oleh Andi. Andi pun memutuskan untuk kesana bersama Babon, namun ternyata banyak halangan yang harus mereka lewati dan teror demi teror pun menghantui.

Gmna kelanjutannya ??

"Pendakian pembawa petaka"
Series ini adalah series original dari aplikasi iflix, jadi buat kalian yang mau nonton bisa langsung donlod aplikasinya dan gratis. Judul kisah tanah jawa sendiri udah cukup  familiar digua, karna gua pernah nganterin doi beli novelnya, walaupun gua ga pernah baca novelnya, maklum lebih suka visual dibanding harus berimajinasi wkwk. Film ini sendiri mendapatkan rate 18+ dan ada warning dipembukaan setiap epsnya. Warningnya sendiri karna film ini mengandung s3x, kekerasan berlebih, jumpscare dan tema budaya yang dilebih2kan. Jadi film ini akan meggambungkan tema horror, spiritual dan gunung merapi. Jadi buat yang mau mendaki gunung merapi mending skip dulu series ini, karna film ini menceritakan sisi kelam dari gunung tersebut.

Pas pertama kali gua tau kalo film ini menggunakan nama "Gunung Merapi" tanpa diubah ataupun disamarkan, gua langsung tertarik karna menurut gua film ini cukup berani menggunakan nama asli dengan konsep spiritual yang dimasukan didalamnya. Belum lagi rate 18+, karna entah kenapa film indo yang diberi warning diawalnya selalu memiliki ketertarikan tersendiri buat gua, karna kan 18+ bukan cuma s3x aja ya, tapi ada kekerasan, sadis atau semacamnya. Intinya film ini tentang teror gunung merapi dengan 6 orang didalamnya. Oiya, film ini pengambilan gambarnya dikonsep found fotage dengan ala2 dokumenter gtu, ini juga yang menjadi ketertarikan tersendiri, ya walaupun masih mengandalkan tema vlognya, cuma vlog dsni dijadikan konsep untuk pengambilan gambar. Cuma ada beberapa scene yang tidak menggunakan found footage, jadi konsep found footagenya kaya ilang gtu aja, mungkin kru dan sutradara lengah kali ya jadi lupa.

Selesai gua nnton 1 eps, gua cukup suka dengan konsepnya dan seriesnya sendiri terbilang niat. Jadi series rasa film layar lebar, belum lagi para pemain dsni juga sudah memiliki nama besar di perfilman layar lebar. Dari awal kita udah disuguhkan teror, misteri , jumpscare dan kengerian. Bahkan saat mereka belum mendaki aja mereka udah diteror dan gua masih gapaham kenapa mereka diteror, karna mereka naik aja belum wkwk. Karakter si andi dsni terlalu diemaskan, bahkan andi ditonjolkan sebagai kunci dari awal film, awalnya gua berfikir demikian tapi makin ksni karkater andi malah kehilangan pesonannya.

Ga cuma itu aja, karakter difilm ini semuanya mengalami perubahan sifat yang sangat drastis. Seperti dika yang galak tbtb care, citra yang bacot tbtb kalem, nadya yang kalem tbtb kaya orang planga plongo dan masih banyak perubahan sifat lainnya dan itu semua dilakukan secara sekejap aja. Cuma yang jadi pertanyaan gua adalah, kenapa andi sama babon dibuat beruntung dibandingkan ke 4 temannya. Okelah Andi dapet jimat, tapi kan babon engga. Kenapa mereka ber 2 dibuat hoki sedangkan ke 4 temannya hampir meregang nyawa. Gua masih gapaham dibagian ini, belum lagi kan yang mempunyai urusan itu andi dan babon. Padahal masuknya ke 4 karkater kedalam konflik andi dan babon ini udah mulus banget, cuma masih heran aja kenapa cuma mereka ber 2 yang beruntung.

Karna film ini 6 eps jadi kalian akan dipush dengan hantu dan jumpscarenya. Untuk hantu, gua rasa hantu dsni udah serem tanpa harus dipakain CGI, jadi cukup make up aja. Tapi ada beberapa hantu yang matanya amsih komputer bgt, ga ngerusak sih, cuma jadi kurang enak dipandang aja. Sama2 serem, cuma jadi ga natural aja ngeliatnya. Untuk jumpscare sendiri, jumpscarenya banyak yang miss tetapi ga dikit juga yang kena. Bahkan di eps 5 banyak bgt jumpscare yang ngena. Konsep hantunya juga gua suka, jadi semacam genderuwo atau kuntilanak raksasa gtu dan itu creepy parah asli. Ya intinya kalo lu suka horror series ini rekomended, apalagi kalo lu mau liat laura basuki skidipapap sama genderuwo.

~ Dapukkk

Komentar

Postingan Populer