Sinopsis & Review Film Us (2019)


Judul : Us (2019)

Genre : Horror, Mistery, Thriller

Rate imdb : 6,9/10 (151,352 vote)
Rate Ane  : 4/5

Sutradara & Penulis :
~ Jordan Peele

Durasi : 1h 56m
Pemeran :
~ Lupita Nyong'o (Adel/Red)
~ Winston Duke (Gabe/Abraham)
~ Elisabeth Moss (Kitty/Dahlia)

Sinopsis :
Tentang 1 keluarga Adel, Gabe, Zora dan Jason yang sedang liburan, mereka menikmati liburan mereka ditepi pantai. Sampe akhirnya hal itu membuat adel mengingat masalalu kelamnya, karna saat adel masih kecil, ia pernah tersesat ditempat itu, ditempat dimana mereka sedang liburan saat ini. Karna hal itu adel berubah menjadi parnoan dan ia menceritakan masalalunya kepada sang suami Gabe. Sesaat adel sedang bercerita, tbtb ada 1 keluarga yang berisikan 4 orang yang sedang berdiri dihalaman depan rumah mereka dan kengerian pun dimulai.

Gmna Kelanjutannya ??

"Setiap manusia memiliki Doppelgangernya masing2"
Setelah sukses dengan debutnya yang berjudul Get Out dengan tema horror kulit hitamnya, kini Jordan pelee kembali dengan tema horror kulit hitam lagi, namun kali ini berbeda dengan film sebelumnya. Film ini sendiri menggunakan konsep doppelganger, buat yang belum tau doppelganger menurut wikipedia adalah kata yang berasal dari bahasa Jerman, yaitu doppel (ganda) dan Gaenger (perjalan). Doppelgaenger bukanlah suatu bayangan. Mereka biasanya terlihat oleh orang itu sendiri, karena Doppelgaenger merupakan sebuah pantulan. Doppelgaenger orang tersebut akan memberi nasihat seputar masa depan orang yang melihatnya. Biasanya, orang yang melihat Doppelgaenger akan mati beberapa tahun setelah ia didatangi oleh Doppelgaenger. Nah jadi film ini bercerita seputar hal tersebut, jadi ada kembaran yang mirip dan menyerupai kita tetapi kembaran itu bukan kita dan tidak memiliki ikatan apapun dengan kita, kurang lebih seperti itu.

Dari awal film, kita udah disuguhkan hal yang cukup mengejutkan, bukan mengejutkan dari segi jumpscare, melainkan dari segi atmosfir, karna dari awal kita udah bener2 dibuat takut dengan konsep rumah hantunya, scoringnya, tema Doppelgangernya dan ost dibagian title. Dengan hanya menggunakan prolog, jordan pelee udah membangun itu semua. Bahkan sang karkater utama udah bener2 dibangun sejak awal dengan masa2 kelam yang dilaluinya. Jadi film ini berfokus kepada 1 keluarga kulit hitam yang menemui kembarannya, semuanya dibangun dengan sangat baik, terutama akting yang dimainkan oleh 4 kakrater ini. Karna tentu saja jika mereka memainkan peran kembar, otomatis mereka harus menguasai 2 sifat kakrater yang berbeda dan ini semua dilakukan dengan sangat baik, terutama untuk lupita. Lupita bener2 bisa berakting sedih dan seram disaat yang bersamaan dan itu gila bgt.

Tapi jika gua boleh bandingkan, gua masih lebih suka dengan film jordan pelee yang pertama yaitu Get Out. Kalo soal kengerian Get Out unggul jauh dibandingkan film ini, tapi bukan brarti film ini tidak seram ya. Karna ini seram, cuma get out lebih serem. Film ini lebih ke dark jokesnya, karna banyak bgt komedi yang dilontarkan kepada setiap kakrater difilm ini. Film ini juga tidak terlalu mengandalkan jumpscarenya ataupun gorenya. Jadi kita dibuat takut dengan atmosfir yang ada. Difilm ini, tentu saja kita dibuat bertanya2 oleh jordan pelee, karna banyak pesan tersirat didalamnya, walaupun gua tidak tau, tetapi banyak pesan yang ingin disampaikan jordan. Dan yang agak gua kurang suka adalah konsep Doppelgangernya, karna konsep ini tidak menjelasakan asal muasal mereka, yang jelas penonton dibuat tahu bahwa setiap manusia memiliki sisi bawahnya atau kembarannya. Tapi terlepas dari itu semua, ini seru bgt. Belum lagi kita disuguhkan 1 keluarga melawan 1 keluarga lainnya dengan sifat, wajah dan hobi yang sama.

~ Dapukkk

Komentar

Postingan Populer