Sinopsis & Review Film Dongeng Mistis (2018)


Judul : Dongeng Mistis (2018)

Genre : Horror, Mistery

Karna film ini 1 film dengan banyak certia jadi gua akan mereview singkat percerita aja, buat yang gapaham, ini adalah sebuah film antologi. Yang gapaham antologi GUGLING SAJA.

1.
Judul : Sundel Bolong
Sutradara & Penulis :
~ Ihsan Fadli
Sinopsis :
Tentang seorang ibu hamil yang masuk dalam perangkap Sundel Bolong dan kehidupannya dikacaukan olehnya, Oiya dikacaukan yang gua mksd dsni semacam kena Genjutsunya Itachi.

Review :
Pembukan yang cukup mengerikan dari sebuah antologi horror indonesia dengan hantu pertama yaitu sundel bolong. Untuk pembuka ini, kita disuguhkan film dengan pace yang lambat, gelap dan sunyi, jadi atmosfirnya bener2 terbangun dsni. Bahkan ada scene pengembilan gambar kearah pintu masuk kamar gitu dan itu cukup creepy sih, jadi gua udah wanti2 dengan apa yang akan muncul dari sana. Awalnya serem bgt kan, tapi ko lama kelamaan BT juga diperlihatkan itu mulu, belum lagi konsep mati lampu dsni yang bener2 gelap bgt. Paham gua, namanya mati lampu kan gelap, cuma ini kegelapan, bahkan sedikit menggangu tone yang udah dibuat juga. Tapi ini masih menjadi pembukaan yang mengerikan untuk sebuah awalan, belum lagi konsep Sundel Bolongnya yang creepy af.

Rate : 3,5/5


2.
Judul : Pocong
Sutradara & Penulis :
~ Achmad Romie
Sinopsis :
Tentang seorang ustad yang tidak percaya akan adanya hantu, ia pun diteror karna hal tersebut.

Review :
Kali ini mengambil tema yang cukup relate dengan sekitar kita yaitu pocong, bahkan hampir kebanyakan orang melihat pocong dan kuntilanak, gua sendiri cukup takut dengan pocong. Film ini sekilas seperti film Makmum, jadi ada scene yang percis mirip, bedanya ini pocong. Pocong yang dihadirkan dsni juga creepy, cuma gua lebih creepy saat pocongnya di shot dari jauh dan adu pinter2an agama dengan ustadnnya, dibanding jumpscare 1 layar full.

Rate : 2/5


3.
Judul : Genderuwo
Sutradara & Penulis :
~ Orizon Astonia
Sinopsis :
Tentang seorang perempuan yang harus menjaga ayahnya yang sudah lanjut usia, namun ada yang aneh dengan ayahnya ini, karna semakin ayahnya sekarat, semakin besar aura mengerikan muncul dari tubuh sang kakek, sampe akhirnya si anak perempuan sadar kalo ada yanb tidak beres dengan semua ini.

Review :
Kalo gua perhatiin setiap segmen atau cerita dsni semakin merosot dan ini yang paling parah dari 2 cerita sebelumnya, gua gada masalah dengan certia genderuwonya, yang gua permasalahin adalah setupnya, seperti akting yang berlebihan, barang yang bergerak itu2 aja sampai dengan penampakan genderuwonya yang gakalah berlebihannya, bukannya takut malah lucu jadinya. Dan jumpscare yang diahdirkan dsni juga bener2 ketebak, fak buat dukun yang sotau yang ada difilm ini, belum lagi sidekicknya yang pake bandana yang bener2 useless, saking uselessnya dia dateng cuma buat disakitin genderuwo doang tanpa perlawanan wkwk.

Rate : 1/5


4.
Judul : Bajang
Sutradara & Penulis :
~ Kristian Panca Nugroho
Sinopsis :
Tentang seorang wanita yang hamil diluar nikah, pacarnya pun tidak mau bertanggung jawab dengan kehamilan wanita itu, sampai akhirnya ia memutuskan untuk aborsi dan kengerian pun menghampiri.

Review :
Film ke 4 ini seperti iklan bahaya dan dampak dari aborsi asli dah, karna mau diliat dari sisi manapun ini gada serem2nya. Gua ga akan takut dengan penampilan boneka dikasih darah ataupun bocah dikasih bedak, tapi untungnya cerita ke 4 ini lebih mendingan dibanding yang ke 3, akting para wanita dsni juga totaalitas abis, seperti orang yang sedang aborsi dan depresi sungguhan. Oiya 1 lagi, scoring difilm ini bener2 ngerusak semuanya, gua rasa cerita ke 4 ini kelebihan budget, jadinya scoring dsni megah bgt dan berisik asli dah, malahan scoringnya ga nyambung dengan apa yang sedang ditampilin.

Rate : 1,5/5


5.
Judul : Begu Ganjang
Sutradara & Penulis :
~ Vicky Ray
Sinopsis :
Tentang seorang mahasiswa tingkat akhir yang sedang melakukan penelitian untuk tugas akhirnya, ia meneliti soal Begu Ganjang hantu khas sumatra barat itu, sampai akhirnya ia bertemu dengan orang yang tepat untuk membahas soal penelitiannya itu, namun dirinya malah terjebak dan terancam mati.

Review :
Film dibuka ala2 dokumenter gtu, awalnya segmen ke 5 ini akan menjadi sebuah suguhan dokumenter, ternyata gua salah, itu cuma buat prolog awal aja. Oiya sebelum nnton ini gua bener2 gatau apa itu begu ganjang dan nama begu ganjang juga cukup asing buat gua, namun difilm ini cukup dijelaskan, intinya begu ganjang salah satu hantu dari sumatra barat. Kengerian yang ditampilkan dsni bener2 ngaco, belum lagi film ini terlalu sering menggunakan konsep bangun dari mimpi, malah awalnya gua ngeliat konsep mimpi dsni itu sebagai respawn kalo si karkater utama mati jadi dia idup lagi, udah bener pikiran gua bgtu eh ternyata emg lagi ngimpi aja wkwk.

Rate : 1,5/5


6.
Judul : Lehak
Sutradara & Penulis :
~ Andra Fembriarto
Sinopsis :
Tentang ayah dan anak yang sedang melakukan ritual mengerikan demi selamat dari kejaran orang sekampung.

Review :
Penutup yang indah sekaligus membingungkan, gua bener2 gapaham dengan segmen terakhir ini, gua gapaham dengan kirana, tarian dan penambang, asli sampe film selesai gua tidak menemukan makna dari ke 3 kata tersebut. Sepanjang film kita cuma disuguhkan seorang ayah dengan alat musiknya dan seorang anak dengan tariannya, jadi bgtu tariannya selesai filmnya pun ikutan selesai dan gua gapaham apa2. Gua ga tau apa yang ingin sutradaranya sampaikan, gua juga gatau ini tradisi dari mana, karna memang tidak ada pengenalan apa2, tbtb konflik dan mereka melakukan semacam ritual. Namun harus gua akuin kalo musik dan visual remang2 dsni bagus.

Rate : 2/5


Gua akan sedikit review secara keseluruhan, jadi film antologi ini bener2 mengedepankan cita rasa indonesianya, mulai dari penampakan hantumya serta ada budaya yang tersirat dalam film ini, namun anehnya kenapa hantu2 dsni dibuat seperti monster. Seperti tagline yang ada diposternya, disana ada kata "Monster", jadi hantu2 dsni bener2 digambarkan sebagai monster, bukan hantu pada umumnya, pocong dan sundel bolong dsni pun ditampilkan sebagai sosok yang bukan dirinya. Jadi buat yang berharap dengan horror atau hantu lokal kayanya agak kurang pas deh. Belum lagi durasi film yang sangat singkat kalo menurut gua, bayangin aja 1 film 6 cerita dengan durasi 1jam 27menit. Jadi certia2 dsni kurang bisa diexplore lebih lagi.

Rate Ane  : 2/5
Rate imdb : 7,1/10 (17 vote)

Komentar

Postingan Populer