Sinopsis & Review Film Vertigo (1958)


Judul : Vertigo (1958)

Genre : Drama, Romance, Mistery, Thriller

Rate imdb : 5,5/10 (458 vote)
Rate Ane  : 4,5/5

Sutradara :
~ Alfred Hitchcock
Penulis :
~ Alec Coppel
~ Samuel A. Taylor
~ Pierre Boileau
~ Thomas Narcejac
~ Maxwell Anderson

Durasi : 2h 8m
Pemeran :
~ James Stewart (Scottie)
~ Kim Novak (Madeleine/Judy)
~ Barbara Bel Geddes (Midge)

Sinopsis :
Tentang scottie seorang polisi yang baru saja pensiun akibat kasus terkahir yang ia tangani, kasus itu membuat scottie kehilangan rekan kerjanya akibat jatuh dari ketinggian saat ingin menyelamatkan nyawa scottie. Karna merasa bersalah ia pun memilih pensiun, karna kejadian tsb scottie jadi memiliki penyakit vertigo. Suatu ketika scottie dihubungi oleh salah satu sahabtnya bernama gavin, gavin ini meminta tolong untuk menyelidiki istrinya, karna akhir2 ini istrinya gavin bertingkah sangat aneh, awalnya scottie menolak, tetapi karna mereka teman dekat akhirnya scottie setuju dan misteri demi misteri bermunculan bersamaan dengan benih2 cinta.

Gmna Kelanjutannya ??

"Ketika memanfaatkan penyakit untuk mengkelabuhi"
Buat yang belum tau apa itu vertigo, Vertigo adalah sebuah keadaan di mana penderitanya merasa seolah-olah lingkungan di sekitarnya berputar atau melayang. Kondisi ini juga akan membuat penderitanya kehilangan keseimbangan, sehingga kesulitan untuk sekadar berdiri atau bahkan berjalan. Cara terbaik untuk menggambarkan vertigo adalah dengan memutar tubuh Anda beberapa kali dan merasakan kondisi yang dihasilkan. Jadi film ini menggunakan tema sang karkater utama dengan penyakit vertigo yang dideritanya. Ya walaupun vertigo dsni tidak terlalu dipergunakan bgt, bahkan menurut gua vertigo dsni cuma konflik pelengkap aja, karna film ini berfokus ke romance misterinya.

Namun berkat konsep vertigo ini, kita jadi disuguhka visual yang cukup indah tahun 50an. Saat film dimulai, kita juga udah disuguhkan aksi kejar2an antara penjahat dengan polisi, dibagian prolog ini kita udah disuguhkan visual yang cukup canggih dan modern. Konsep romance dan misterinya bener2 diaduk dengan rapih hingga film selesai, jadi romance misteri dsni bener2 kombinasi yang solid dengan certia yang tersusun rapih setiap adegannya.

Kita juga disuguhkan karkater scottie yang sifatnya berubah drastis dan ini salah satu yang bagus juga. Jadi yang awalnya scottie certia dan bahagia, berubah menjadi depresi dan galau, pokoknya tampang2 orang mati segan hidup tak mau. Dan perubahan karakter scottie ini sangat membantu munculnya sebuah twist. Twist dsni juga membuat gua sedikit terkejut, karna gua kira film ini bakal lurus2 aja fokus sama romance dan misterinya, ternyata masih disisipkan twist juga. Ya intinya ini bagus, dan banyak yang membandingkan film ini dengan film psycho sebagai karya terbaik dari alfred. Kalo gua pribadi sih masih lebih suka psyco, cuma ini gakalah bagus.

~ Dapukkk

Komentar

Postingan Populer