Sinopsis & Review Film Runaway Jury (2003)


Judul : Runaway Jury (2003)

Genre : Drama, Crime, Thriller

Rate imdb : 7,1/10 (86,055 vote)
Rate Ane  : 3,5/5

Sutradara :
~ Gary Fleder
Penulis :
~ John Grisham
~ Brian Koppelman
~ David Levien
~ Rick Cleveland
~ Matthew Chapman

Durasi : 2h 7m
Pemeran :
~ John Cusack (Nicolas Easter)
~ Rachel Weisz (Marlee)
~ Gene Hackman (Rankin Fitch)

Sinopsis :
Tentang jacob wood seorang pria yang memiliki kehidupan enak, ia memiliki keluarga dan pekerjaan yang bagus, sampe akhirnya ia terbunuh di kantornya sendiri akibat seorang pria membeli senjata legal. Kasus jacob wood ini akhirnya berhasil naik ke pengadilan, dan pihak jacob wood menuntut ke pabrik senjata karna menjual senjata secara besar secara legal, namun pabrik senjata tidak tinggal diam menerima tuntutan itu, ia pun melawan dan semua keputusan ada ditangan juri.

Gmna Kelanjutannya ??

"Keputusan ada ditangan juri"
Film ini diadaptasi dari novel dengan judul yang sama namun tema yang berbeda. Kalo di novel tema yang diangkat adalah rokok, jadi masyarakat vs pabrik rokok yang telah membunuh jutaan orang karna produknya. Nah kalo difilm ini tema yang diangkat adalah senjata, jadi masyarakat vs pabrik senjata, dimana senjata bebas dijual belikan dengan legal dan itu membuat kriminalitas meningkat. Gua paham bgt sih kenapa diubah, yang pertama mungkin karna rokok terlalu ringan jika diangkat ke film dan tidak menjual juga certianya, walaupun rokok relate dengan masyarakat tetapi rokok tidak bisa membuat ketegangan film. Karna dengan diubahnya rokok menjadi senjata, ketegangan dan atmosfir filmya juga berubah dan jujur gua lebih tertarik dengan tema senajata ini. Walaupun temanya senajata, tetapi film ini masih menyisipkan bahaya rokok.

Film ini konsepnya seperti film 12 angry men, dimana penonton disuguhkan film pengadilan dari sudut para juri. Namun bedanya penjurian dsni lebih dijelasakn secara detail step by stepnya dan dsni tidak meluluk soal jury karna ada beberapa tema pembalasan dendamnya. Kalo dibandingkan jelas bagusan 12 angry men karna dia detail dipenjurian. Namun dsni kita diperlihatkan bagaimana orang2 ini bisa menjadi juri, mereka dipilih dan disleksi secara ketat dan kita bener2 diperlihatkan step by stepnya, jadi nambah pengetahuan gua juga. Jury juga dupilih oleh 2 belah pihak baik terdakwa ataupun pengugat, jadi bener2 seimbang, walaupun dari keduabelah pihak sudah menyabotase juri untuk mendapatkan suara dari hasil akhir nanti. 

Ceritanya sendiri cukup meanrik, gua berhasil dibikin seru sendirian sepanjang film lewat plot yang menarik dan tersusun rapi dan juga script yang bagus. Namun penyampaian konflik diawal sangat terburu2, jadi diawal kita udah di push dengan orang2 yang diseleksi menjadi jury tanpa kita tau apa yang akan di adili disidang ini, jadi bener2 cepet bgt di bagian awal, selebihnya seimbang dan bertempo. Untuk ending, gua udah menduga karna film seperti ini selalu akan berakhir bahagia, jadi udah ketebak akan seperti apa nantinya. Ya intinya ini bagus dan jarang2 gua nonton film bertemakan pengadilan dari sudut pandang juri selain ini dan 12 angry man. Juri2 ini juga dikonsep dengan strategi crime action yang cukup solid.

~ Dapukkk

Komentar

Postingan Populer