Sinopsis & Review Film Citizen Kane (1941)


Judul : Citizen Kane (1941)

Genre : Drama, Mistery

Rate imdb : 8,3/10 (366,223 vote)
Rate Ane  : 4/5

Sutradara :
~ Orson Welles
Penulis :
~ Orson Welles
~ Herman J. Mankiewicz

Durasi : 1h 59m
Pemeran :
~  Orson Welles (Kane)
~ Joseph Cotten (Jedadiah Leland)
~ Dorothy Comingore (Susan Kane)

Sinopsis :
Tentang charles foster kane seorang pria sukses yang memiliki bisnis dimana2 dan bisnis paling besar yang ia punya adalah bisnis surat kabar, bisnis surat kabar ini juga menaikan nama kane ke penjuru dunia. Namun suatu ketika kane meninggal dunia dan sebelum ia meninggal ia menyebut 1 kata yaitu "Rosebud", kata terkahir kane ini menjadi perhatian para wartawan dan ada 1 wartawan yang mencari tahu fakta kata rosebud ini, wartawan tsb malah menemukan fakta2 kehidupan masalalu kane yang penuh konflik dan keseruan pun dimulai.

Gmna Kelanjutannya ??

"And The Rosebud Is..."
Ini adalah film yang selalu digandang2kan sebagai film terbaik sepanjang masa, banyak kritikus yang sangat menyukai film satu ini, film ini juga berhasil membawa pulang 9 penghargaan osca, kategori best pictures salah satunya. Film ini juga sebuah debut dari sutradara orson welles. Orson welles sendiri cukup asing buat gua karna gua juga tidak terlalu suka film lawas, tapi dengan debutnya yang behrasil memenangkan 9 oscar, gua rasa orang ini hebat. Gua nonton ini juga karna film ini terkenal dan digandang2kan menjadi film terbaik.

Awalnya gua kira ini sebuah film thriller atau horror, karna dari awal gua udah disuguhkan scoring yang biasa ada di film2 tersebut. Namun seiring berjalannya durasi, ternyata ini sebuah film drama, mistery. Terlihat dari sinopsisnya, misteri tentang pencarian kata terakhir kane yaitu rosebud. Misteri yang digunakan dsni juga bagus bgt, gua bener2 berhasil masuk ikut mencari tau apa kata rosebud itu. Ya walaupun misteri dsni selalu kena bantai dengan drama masalalu kane.

Jadi film ini memiliki 2 alur, alur maju dan alur mundur dan denger2 sih film ini juga menajdi pelopor 2 alur gtu, karna sebelumnya jarang ada sutradara yang memakai konsep 2 alur, makannya kritikus sangat suka dan sang sutradara orson welles dianggap sebagai salah satu sutradara yang cukup jenius pada masanya. Karna berkat penemuan alur maju dan mundur ini, banyak sekali sutradara2 lainnya yang menggunakan konsep serupa, ya gua gatau sih penemun konsep ini, yang jelas alur maju munduru difilm ini bener2 epic parah. Jadi penceritaan 2 alur ini bener2 bagus. Alur maju bercerita tentang wartawan thopmson menyelidiki kasus rosebud dan alur mundur bercerita lika liku kehidupan kane dari awal hingga ia wafat. Nah 2 alur ini bener2 disalurkan dengan baik ke penonton, sehingga gua bener2 kebawa dengan permainan 2 alur ini. Ya intinya ini film bagus, visualnya dan sinematografinya juga bagus bgt untuk ukuran tahun 40an, namun ini bukanlah film terbaik kalo menurut gua, karna masih ada beberapa film yang gua anggap terbaik, gua cuma seneng misteri, drama dan fakta2 dari film ini.

~ Dapukkk

Komentar

Postingan Populer