Sinopsis & Review Film The Stanford Prison Experiment (2015)


Judul : The Stanford Prison Experiment (2015)

Genre : Psychology, Thriller, Biografi, History, Drama

Rate imdb : 5,8/10 (2,049 vote)
Rate Ane  : 4,5/5

Sutradara :
~ Kyle Patrick Alvarez
Penulis :
~ Tim Talbott
~ Philip Zimbardo

Durasi : 2h 2m
Pemeran :
~ Ezra Miller (Daniel)
~ Tye Sheridan (Peter)
~ Billy Crudup (Zimbardo)

Sinopsis :
Tentang salah satu dosen dari universitas standford yang sedang melakukan suatu eksperimen. Eksperimen ini melibatkan beberapa mahasiswa. Para mahasiswa ini di kontrak untuk mengikuti eksperimen dan eksperimentnya adalah untuk menjadi penjahat dan penjaga. Jadi pihak universitas membagi 2 kubu, mereka akan meneliti apa yang terjadi jika orang2 ini diberi wewenang sebagai penjaga dan ditahan layaknya seorang penjahat. Namun eksperimen tidak berjalan mulus, karna banyak mahasiswa yang terbawa suasana dengan wewenang tersebut.

Gmna Kelanjutannya ??

"Semua orang akan berubah jika ada kesempatan, berubah menjadi jahat misalnya"
Sebelum menonton film ini, gua membaca sinopsis dari film ini dan sinopsisnya tidak asing dan setelah gua cari2, yap benar, film ini diambil dari eksperimen nyata yang pernah dilakukan oleh seseorang dan diangakat menjadi sebuah film. Dan teryata benar, di akhir film kita juga diberi tau kalo film ini mengambil konsep dengan eksperimen tersebut. Entah dibuat semirip mungkin atau tidak, yang jelas film ini terinspirasi dari itu. Dan udah sekian lama gua nonton film ga seasik ini, gua bener2 ga kerasa dengan durasi yang lumayan panjang, tbtb film kelar gtu aja saking asiknya nonton.

Ceritanya sendiri juga menarik, dimana seorang dosen psikolog melakukan eksperimen kepada beberapa mahasiswa. Jadi mahasiswa2 ini dibagi menjadi 2 kubu, yaitu penjaga dan penjahat, yang dimana para penjahat ini adalah tahanan penjara dan penjaga ini adalah polisi yang bertugas mengurus penjahat tersebut. Nah, gua bener2 keasikan dengan cerita yang bagus ini, ditambah lagi eksperimen ini adlah eksperimen nyata yang bener2 udah pernah diterapkan, jadinya seru aja gua nontoninnya. Dari sini gua juga mendapatkan pelajaran baru, yaitu sebaik apapun kalian, jika kalian diberi kesempatan dan wewenang untuk berkuasa, kalian akan berubah. Entah berubah menjadi lebih baik atau malah sebaliknya dan itu yang dihadirkan film ini. Mahasiswa yang tadinya biasa aja, setelah dikasih wewenang menjadi polisi, ya dia ngelakuin apapun seenaknya dan ini juga yang menajdi emosi difilm ini.

Emosi gua bener2 berhasil dibangun dengan eksperimen ini. Padahal sepanjang film kita cuma disuguhkan dialog serta akting para pemainnya aja, tapi bisa sebagus ini. Cerita yang menarik dan simple juga berhasil di gali dengan cukup baik. Sinematik yang digunakan juga bagus. Film ini juga menggunakan waktu jaman dahaulu, jadi tahun difilm ini disamakan dengan tahun eksperimen aslinya, jadi style orang2 yang ada difilm ini jadul semua. Bahkan gua ngakak diawal film ngeliat karkater tye sheridan dan ki hong lee berambut gondrong, ga pantes aja wkwk. Ya intinya ini bagus dan kalian harus melihat 2 sisi kalo mau menonton film ini, sisi penjaga dan penjahatnya, karna gua sendiri terlalu larut dengan sisi penjahat, sampe emosi gua agak memuncak tapi kalo dipikir2 emg bgtu tugas dari sang penjaga.

~ Dapukkk

Komentar

Postingan Populer