Sinopsis & Review Film Chernobly (2019)




Judul : Chernobly (2019)

Genre : History, Drama, Biografi

Rate imdb : 9,6/10 (244,851 vote)
Rate Ane : 4,5/5

Jumlah : 5 eps
Durasi : 60 menit/eps
Produksi : HBO

Created :
~ Craig Mazin
Penulis :
~ Craig Mazin

Pemeran :
~ Jared Harris (Legasov)
~ Stellan SkarsgÄrd (Boris)
~ Paul Ritter (Dyatlov)

Sinopsis :
Tentang kota Chernobly yang menjadi tempat menampung PLTN atau pembangkit listrik tenaga nuklir. Suatu ketika tempat penampungan PLTN itu meledak karna kesalahan seorang pegawainya, dan hal itu menyebabkan ribuan orang meninggal dunia dan menjadi salah satu bencana terburuk dalam sejarah. Nah film ini menceritakan hal tersebut dengan berbagai sudut pandang dan profesi.

Gmna kelanjutannya ??

"Salah satu bencana terburuk dalam sejarah"
Sebelum gua mulai review, alangkah baiknya gua menjelaskan secara singkat apa itu Chernobly. Chernobly adalah nama kota di wilayah ukraina, diwilayah Chernobly sana, mereka menggunakan pembangkit bertenaga nuklir. Namun karna suatu kesalahan fatal, reaktor nuklir ini meledak dan menyebabkan banyak korban jiwa. Dan bencana ini juga masuk kedalam salah satu bencana terburuk dalam sejarah, karna menewaskan banyak orang dan menyebabkan sisahnya menerima luka bakar akibat kejadian tersebut. Nah, series ini menceritakan sejarah dan asal muasal kejadian itu. Mungkin ga akan seakurat dengan kejadiannya, tapi setidaknya kita jadi paham sejarah mengerikan dari seri ini. Series ini juga lagi naik bgt dikalangan para pecinta film dan seri ini juga mendapatkan banyak kritik bagus. Jadi karna gua orangnya suka ikut hype, gua nyoba nonton seri ini.

Dan setelah gua nonton, seri ini secara garis besar hanya menceritakan sejarah tentang Chernobly dari beberapa sudut pandang, jadi tidak ada hal lain selain sejarah mengerikan difilm ini. Kita juga disuguhkan fakta2 brengsek tentang orang2 yang menyebabkan bencana tersebut. Seri ini juga dikemas dengan sentuhan horror, yang dimana tone dan scoringnya bener2 creepy difilm ini, jadi film ini agak sedikit berbeda dengan film bencana pada umumnya. Scoring dan tonenya juga sangat membantu membanun suasana, tidak cuma suasana horror, tetapi juga membantu ceritanya menjadi lebih intens. Seperti yang tadi gua bilang, seri ini mengambil beberapa sudut pandang, mulai dari masyarakat biasa, pemadam kebakaran, penggali tambang, tentara, dokter, ilmuan nuklir dan masih banyak lagi. Spot mereka semua dibagikan dengan cukup baik, supaya penonton bener2 paham apa yang sebenernya terjadi disana.

Sinematografi dan visual yang ditampilkan mengenai kota Chernobly juga bener2 bagus bgt, semuanya dibangun dengan sangat detail, bgtu pula dengan latar kota Chernoblynya. Make up yang dihgadirkan juga tidak kalah mengerikannya, namun sayangnya film ini hanya berfokus mengulas sejarahnya aja, jadi soal hal mengerikan lainnya tidak terlalu ditonjolkan. Yang awalnya asing bgt buat gua adalah nama karkater dan pembahasan nuklirnya. Diawal eps gua agak jenuh dengan nama2 orang difilm ini, karna film ini dibeuat sedetail mungkin, jadi nama karkater dsni juga disamakan dengan nama karkater aslinya, belum lagi jabatan yang mereka miliki, namun seiring berjalannya durasi gua bisa menerimanya. Dan soal pembahasan nuklirnya, gua kurang terlalu engeh sama pembahasan nuklirnya, karna beberapa kali pembahasan nuklir dsni sangat ditonjolkan, namun gua hanya menikmati sejarahhnya aja, jadi soal pembahasan nuklir ga gua tangkep2 amat dan lewat bgtu aja, ga ngerti juga wkwk.

Dan yang ga kalah hebat dari itu semua adalah akting setiap pemainnya. Akting para pemain dsni bener2 mantep bgt, mereka semua bener2 dapet dengan perannya masing2. Lagasov, Shcherbina dan Khomyuk dimainkan dengan sangat baik dan wibawa pahlawannya bener2 dapet bgt. Karakter dyatlov juga ga kalah kerennya, karna dia bener2 berhasil menjadi orang yang sanagt gua benci sepanjang gua menonton seri ini. Brengseknya dia bener2 dapet dsni. Karakter2 dsni juga bener2 dimiripin dengan karkater aslinya, jadi detail karkaternya bener2 dapet, bahkan bekas luka orang asli dan karkater film dsni pun disamain, terlihat di eps akhir seri ini. Jadi di eps akhir disuguhkan footage tentang orang2 asli Chernobly yang diperankan di serinya dan itu serupa bgt. Agak sedih juga ngeliat ringkasan footage tersebut. Namun itu semua akan terlihat biasa jika naskahnya digarap malas2an, karna naskah dan cerita adalah kunci utama untuk sebuah film. Naskah dsni bener2 berperan sangat baik untuk mensuuport semuanya, detail2 kejadian bener2 di ekspose dengan cukup baik lewat naskah ini dan sebelum kalian menonton film ini, gua beri sedikit peringatan. Film ini berjumlah 5 eps dan selama 5 eps kita cuma disuguhkan sejarah dan percakapan aja. Tidak ada hal lain. Kalo kalian suka dengan hal tersebut, emosi kalian akan ikut memuncak dengan fakta sejarah yang ada, namun jika kalian tipikal orang yang tidak suka hal tersebut, gua rasa film ini akan jadi film penuh bacot sejarah kelam aja.

~ Dapukkk

Komentar

Postingan Populer