Sinopsis & Review Film Phantasm (1979)


Judul : Phantasm (1979)

Genre : Thriller

Rate imdb : 6,8/10 (28,281 vote)
Rate Ane  : 3/5

Sutradara & Penulis :
~ Don Coscarelli

Durasi : 1h 30m
Pemeran :
~ A. Michael Baldwin (Mike/Michael)
~ Bill Thornbury (Jody)
~ Angus Scrimm (Tall man)

Sinopsis :
Tentang jody yang sedang nyelawat atas kepergian sahabatnya tommy, jody ini memiliki seorang adik bernama mike, mike sangat sayang kepada jody karna jodylah yang ia miliki semenjak kematian kedua orang tuanya. Saat jody sedang menyelawat, mike pun mengikuti kakanya ke pemakaman dan ia menemukan keanehan dsna. Keanehan pun berlanjut, saat mike menyelidiki rumah duka yang ada didalam pemakanam tersebut.

Gmna Kelanjutannya ??

"Inilah alasan kenapa skidipapap di kuburan itu berbahaya"
Buat beberapa hari kedepan gua akan mereview franchise phantasm, total franchisenya sih ada 5 dan lima2nya udah gua download, semoga aja kelimanya ada subtitlenya di subscene biar gada hambatan maraton franchise/seri film ini. Phantsm sendiri gua kurang tau filmnya seperti apa, gua tau ini dari reviewer di letterboxd, karna penasaran gua pun download dan ternyata film ini ada 5 seri jadi gua download semuanya. Biasanya sih kalo film banyak serinya gini, biasanya film pertamanya bagus, makannya dibuat banyak sekuel. Untuk itu gua akan mereview film ini bedasarkan tahun rilisnya.

Biasanya villain film thriller tahun 70an sampe tahun 90an melahirkan villain2 yang sangat ikonik, seperti misalnya m myers, freddy, jason dan masih banyak lagi. Namun gua bener2 ga tau dan baru engeh dengan villain difilm ini, padahal serinya cukup banyak seharusnya villain dsni sudah mempunyai nama, awalnya gua berfikir demikian. Tapi setelah gua nonton, gua baru paham kenapa villain dsni sangat tidak menonjol, permasalahan pertama adalah kostumnya, villain dsni terlalu formal, tidak mempunyai kostum yang mencolok. Yang kedua adalah sejarah dari villai itu sendiri, karna villai dsni bener2 gadijelasin asal muasalnya, dan ini bener2 menajdi faktor yang paling penting, karna hal ini masuk kedalam konflik utamanya.

Senjata villain dsni juga gagal menjadi ikonik, padahal senjata villain dsni cukup berbeda dari senjata villain kebanyakan yaitu bola terbang yang memiliki 2 mata pisau. Sejata seperti ini cuku jarang ditemui, namun karna villainnya aja gagal menonjol, senjatanya pun jadi tidak menonjol juga. Kalo dari segi cerita gua cukup suka, karna mengangkat tema pemakaman dan penjahatnya juga penjaga makam. Kalo dari set up, dialog, visual, CGI dan akting, film ini sangat menunjukan kalo ini adalah film kelas B, tapi tidak meutup kemungkinan kalo ini adalah sebuah film yang cukup seru. Gua suka bgt sama darah2an dan ke gore'an yang ada dsni, cukup menghibur walaupun tidak terlalu ditonjolkan. Scoring yang dihadirkan juga terdengarf amiliar, tapi itu bener2 membantu menaikan ketegangan difilm ini. Intinya film ini udah cukup bagus, namun permainan karkater dsni cukup kacau, bgtupula dengan banyaknya adegan yang menurut gua buang2 durasi.

~ Dapukkk

Komentar

Postingan Populer