Pengalaman 1# Jadi Sales Apartement

                                                 

                                      Pengalaman jadi Sales Apartement

Udah lama banget gua ga nulis tulisan sendiri, karna keseringan copas kali ya wkwk. Skrng gua nyoba berbagi pengalaman aja. Gua nulis ini ga ingin menjatuhkan atau menjelekan apapun dan siapapun, gua nulis ini emg pure pengalaman gua. Gua juga gaakan nyebutin gua jadi sales di apartement apa.

Gua nganggur udah cukup lama, karna emg susah bgt nyari kerjaan dan ga seperti yang gua pikriin, gua pikir setelah lulus nyari kerja itu gampang tetapi engga. Nah, kebetulan sekitar tanggal 20 juni keamrin tetangga gua nawarin gua kerjaan. Awalnya gua gatau brp gajinya, yang gua tau cuman gua kerja sebagai sales apart. Karna butuh aktifitas, gua pun setuju dan ternyata gua ga sendiri, gua ber 8 menjadi sales. Jadi sistem salesnya itu per tim, nah tetangga gua itu supervsior dan ia merekrut 10 sales lainnya tetapi yang dateng Cuma 8 orang salah satunya gua.

tepat tanggal 21, gua pun disuruh datang ke tempat itu (gausah lah ya guasebutin tempatnya) gua disuruh daftar gtu2 lah. Gua disana dari jam 11 siang sampe jam setengah 11 malam. Gua sih gamasalh sama hal itu tapi yg jadi masalhnya itu masih bulan puasa dan gada tukang makanan disekitar itu. Gua tetep enjoy aja karna gua baru dapet tulisan kalo gaji gua sebesar 5jt wkkw.jadi rasa cape dan laper gua ilang seketika. Abis daftar itu, gua ibur tuh dan syarat pendaftarannya salah satunya harus mempunyai BANK Nobu. Gua gatau apa2 tenatng bank ini tapi karna ini masalh gaji, gua nyari bank ini tapi pas gua searching2, bank ini sangat minim adanya. Rumah gua dibekasi dan pertama2 gua ke kranji karna disana ada. Gua ga sendiri, gua ber 5 kesananya. Tapi pas sampai disana banknya belum buka dan bahkan Mall temapt banknya pun masih di gembok rapet. Karna gua dkk gasabaran, gua langsung ke cibubur. Diasana juga ada di mall cibubur janction kalo gasalah. Namun pas sampe disana gua telat dan koutanya udah abis. Jauh2 ke bekasi cibubur gadapet apa2 wkwkw, tapi karna gua dkk mohon2 akirnya diberi kesempatan, namun ada 1 orang yang bukan dari rombongan gua ikut juga dapet kesempatan juga. Karna gua kebagian sisah, gua dibelakangin dong, tapi gpp asal pasti. Sekitar jam 11an gua laper, gua ber 3 nyari makan dan 2 lainnya masih nunggu didepan bank, pas gua balik yang 2 nunggu tadi gantian nyari makan. Sekitar jam setengah 1, tbtb satpam nyamperin gua dan bilang kalau banknya udah habis kouta dan satpamnya bilang kalau gua ber 5 ga nunggu didpan bank jadi kouta gua ber 5 diganti dengan rombongan 1 orang tadi. Rombongan gua ga terima dong, kalo emg gabisa dari awal seharusnya bilang biar ga nunggu, tapi karna gabisa berbuat banyak akhirnya gua pergi dengan tangan hampa Cuma buang2 ongkos dan waktu.

Nah, abis itu gua abain masalah bank karna yang gua tau semua bank nobu lagi rame2nya dan sumpek parah, gua gamau kejadian sebelumnya terulang lagi jadinya gua Cuma fokus kerja aja karna emg udah mulai kerja. Dan tepat tanggal 11 juli gua tanda tangan kontrak, di kontrak dituliskan kalo gua bekerja untuk 3 bulan kedepan, tehitung dari awal juli s/d akhir septtember. Dan ternayat benar dikontrak gaji gua 5juta belum termasuk komisi, namun ada yang ngeganjel. Yaitu dikontrak dituliskan kalo para sales harus bisa menjual 2 unit/hari. Gua agak nge down pas baca itu tapi gua nyoba jalanin aja. Pas pertama kali jalan kerja, gua kira gua bakal dapet booth dan gua Cuma nyebarin brosur aja tetapi engga, gua harus canvasing (yang gatau canvasing, canvasing itu kaya nyamoerin pelanggan 1 per 1 secara random gtu dan menawarkan prodaknya yaitu apartement).

Di bulan juli, gua udah kanvasing kemana2, mulai dari ramayana bekasi, Blu palaza mall, Grand mall bahkan yang paling jauh di Metropolitan Mall cileungsi, itu didaerah bogor. Gua kesana ga tanpa alasan, gua kesana karna di blu, ramayana bekasi dan grand mall sudah ada sales dari tim lain dan mall2 sisahnya kaya mega mall dll belum dapet izin resmi jadi sales belum bisa kemana2 dan masih dibatasi pergerakannya. Namun gua jauh2 kebogor gadapet2, Cuma daoet macetnya doang wkwkw dan cape. Tapi gua nikmatin, dan pas tanggal2 tua, banyk rumor yang beredar kalo gaji 5jt itu hoax. Gua sih optimis aja, toh gua juga belum dapet client 1pun Cuma gua udah habis banyk karna canvasing ini, akhrinya gua tetap mencoba optimis dan ngejalaninnya lagi.

Langsung ke akhri juli. Jadikan gua ber 6, karna temen gua 2 udah out dan gakuat padahal dikit lagi gajian. Nah saat mereka out supervisor gua nyari orang buat gantiin posisi mereka dan datenglah 3 anak baru yang baru masuk dipertengahhan juli. Namun saat gajian turun, gaji anak2 yang baru masuk dengan gaji gua yang masuk tanggal 21 juni SAMA, padahal jelas2 yang masuk pertengah juli belum canvasing kemana2, karna mereka sibuk tanda tangan kontrak dan ngurusin berkas2. Tapi gua ga permasalahin hal itu karna rezeki udah diatur masing2.



Masuk kebulan agustus, di awal bulan Agustus 5 temen gua dipecat termasuk 2 anak baru yang tadi. Skrng sisah 4 orang, dan sistem kerjanya pun diubah. Kalo dulu kanvasing skrng harus ikutin perintah atasan. Kalau atasan bilang meeting semua harus datang dan kalau engga akan kena SP 1 dan kalau sudah SP 3, bakalan di PHK. SP bukan Cuma dari meetings aja, gua gada penjualan di bulan juli juga udah terhitung SP. Dan sistem kerja diawall bulan juli adalah dengan mengajak orang2 ke dalam hotel yang disediakan, jadi gua disuruh nyari orang untuk diajak masuk kedalam hotel, orang2 ini ga dipungut biaya apapun dan bahkan mereka disajikan makanan ala2 hotel bintang 4. Dan gua kebagian di hotel Sakura park yang berlokasi di Pemda bekasi dan itu sama rumah gua yang berada dicibitung sangat jauh ditambah lagi gua harus pulang setelah acara selesai yaitu sekitar jam 21.00
gua ga permsalahkan hal itu, yang jadi maslaah didaerah pemda masih sepi dan gua takut sesuatu yang ga gua inginkan terjadi wkwkw, iyalah gua masih muda belum kawin ya kali gua mati muda wkwk. Gua jalanin kan beberapa hari dan gua selalu kemana2 ber 3, karn yang 1 lagi beda hotel sama gua. Gua ditempatin di sakura park sampe tanggal 16an Agustus sebelum tanggal 17. Namun sekitar tanggal 14 atau 15an 2 temen yang sama gua ini tbtb dapet surat PHK.

Mereka sih nerima kalau mereka diphk ya karna emg kinerja kita kurang bgt, tapi gua ga ikutan kena, itu yang bikin gua sedih. Yang  biasa ber 3 skrng gua tinggal sendirian. Tapi gua tetep jalanin sampe semuanya selesai. Nah selepas phk masal (oh iya yang kena phk gajinya tetep turun secara profosional) gua bener2 ngeara kehilangan bgt dan sistemnya diubah lagi. Sistemnya adalh absen mengunakan finger print, dan lokasi finger printnya tergantung atasan karna alat fingernya dibawa2 oleh atasan, jadi kalo ada yang telat absen, mereka harus menacri atasanya.

Jujur, disitu kerja gua udah rada males2an karna gua ahrus ngeliat temen2 gua diphk duluan. Namun karna hal ini gua jadi akrab sama 1 anak baru yang sisah. Gua jadi kemana2 ber 2 dia termasuk saat gua disuruh kekarawang. Di karawang, gua ga dateng ke kota2nya melainkan ke daerah pedalaman atau plosok. Dsana gua nemun kawan2 baru dari tim yang berbeda. Jadi tugas gua di karawang, memperkenalkan apartement gua sama orang2 sekitar, supaya bukan hanya orang kota yang tau apartement gua, orang2 pedalaman juga harus tau. Sepulang dari situ gua masih harus rutin absen namun pas absen gua udah ngekiat temen2 gua yang dikarawang tadi udah pada kena PHK. Tapi gua masih bertahan, sampe ada sistem kerja baru lagi, yaitu para sales harus menjual 300 unit perhari, jadi skrg ada 1000 kurang sales dari berbagai tim dan basecamp pun ikut diubah. Namun saat sistem yang baru mulai, tekanan hebat setiap hari gua rasain. Jadi gua harus di tempat baru itu sebelum jam 9 pagi yang tentu saja jauh dari loaksi rumah gua, dan sesampainya disana. Gua harus di oomelin dulu dari atasannya supervisior karna penjualan yang berkurang dan setelah itu gua harus mencari client dan mealporkannya ke atasan gua. Begtu setiap hari, sampe pada tanggal 28 agstus, Suoervisior gua dapet surat PHk. Dan yang lebih buruknya, sales2 dibawah naungan supervisior gua kena PHK juga. Gua ga permasalahin hal itu, yang jadi masalah dsnia dalah supervisior gua udah punya keluarga dan gara2 kerja gua (sales) jelek atau gabisa ngejual, atasan gua yang dipecat padahl dia juga yang masukin gua ksni, kadang gua jadi kepikrian gtu tapi ya mau gmna lagi, emg udah jalannya bgni, namun gaji gua tetep turun full, Cuma yang bkin gua gondok gaji 2 temen gua yang di phk tanggal 14 sama gajinya dnegan gua yang kerja sampe tanggal 28 wkwkw. Dan semenjak itu, gua menjadi pengaguran lagi wkwk.

Udah segtu aja pengalamaan gua, intinya gua kena PHK sebelum akhir bulan september seperti dikontrak tapi itu gamasalh karna gua sadar akan kinerja gua. Semoga gada pihak yang merasa dirugikan atas pengalaamn gua diatas, gua Cuma  curhat2 iseng di blog wkwk dan gua juga ga bermaksud menjatuhkan bekas tempat gua kerja ga, gua juga gabilang jadi sales itu gaenak. Tapi jujur, setelah gua keluar dari sana banyk bgt pengalaman yang bisa gua ambil dan gua juga dapet banyk bgt teman dari sana. Walaupun sistem kerja disana sikut2an padahal kita sama2 diperusahaan yang sama dan masih banyk juga yang ga gua ceritain disini mungkin karna ada yang kelewat atau gua ngetiknya buru dan emg ada yang ga pentes buat gua share juga. Maaf juga kalau ketikan gua banyk typonya, gua emg udah niat mau nulis ini sejak gua dipecat tapi ya rasa males ada aja wkwk. Dan semoga yangbaca ataupun sekedar scroll2 aja sukak sama pengalaman dan tulisan gua ini, kalo banyk salah atau atau tulisan yang kurang berkenan tolong dimaafkan ya, dadah ~


Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer