Pengertian Extended, Directors Cut, Limited, Unrated, Resync, Pvrip dan Proper dalam dunia perfilman


Pengertian Extended, Directors Cut, Limited, Unrated, Resync, Pvrip dan Proper dalam dunia perfilman.

Bagi Anda yang sering download film mungkin tak asing lagi dengan istilah-istilah ini : Extended, Directors Cut, Limited, Unrated, Resync, Pvrip, dan Proper. Istilah-istilah tersebut sering ada pada situs download film. Contoh misalnya di sebuah situs film terdapat postingan yang berjudul “ After Earth ( 2013 ) Extended Bluray 720p 700MB”, tulisan yang dicetak tebal tersebut yang saya maksud.
Walaupun sering terlihat dan tak asing lagi tapi mungkin Anda belum tahu arti sebenarnya. Nah karena itu saya akan menjelaskan pengertian dari istilah-istilah tersebut.

1.      Extended
Adalah istilah untuk film yang dirilis lebih panjang durasinya daripada rilisan yang pertama atau rilisan sebelumnya dan biasanya kamu bisa melihat adegan yang tidak ditayangkan pada rilisa sebelumnya.

2.      Limited
Artinya edisi dari suatu rilisan film (biasanya DVD atau bluray) yang terbatas dan langka dan sukar dicari.


3.      Directurs cut
Sebenarnya sama kaya extended cuma sang sutradara sendiri yang berhak memilih adegan mana yang akan dimasukkan atau tidak dimasukkan di rilisan terbaru yang pastinya lebih panjang dari edisi sebelumnya.
4.      Unrated
Adalah film dengan versi (biasanya dvd) yang menampilkan adegan-adegan yang dihapus lebih tepatnya dilarang dilihat atau dianggap porno dan menjijikkan dari edisi sebelumnya atau lebih simplenya film yang tidak di sensor.

      5.      Pvrip
      Adalah screen televisi yang direkam ke PVR atau dvd recorder atau film yang sumbernya dimabil dari saluran khusus.


     6.      Resync
       Adalah sebuah istilah untuk mengepaskan subtitle pada suatu film (biasanya ada softwarenya).

     7.      Proper
       Adalah aturan main di kalangan para pembajak film ang mana yang merilis Telesync (TS) duluan adalah pemenangnya tapi biasanya kualitasnya kalah sama rilisan sesudahnya


           Nah sebagai tambahan, ada juga istilah cam, HDcam, HDTV, TS, Bluray 720p, Bluray 1080p dan masih banyak lagi. Istilah-istilah tersebut didasarkan pada kualitas gambar film tersebut. Berdasarkan pengalaman yang paling jelek kualitasnya adalah cam ( camera ) dan yang paling bagus adalah Bluray 1080p. Jadi ketika Anda ingin mendownload suatu film perhatikan dulu istilah-istilah tadi. Namun perlu Anda tahu semakin bagus kualitas gambar suatu film, semakin besar pula ukuran filenya. Bagaimana Menurut Anda ?

Komentar

Postingan Populer