#Dibalik lagu "nina bobo"



#Dibalik lagu "nina bobo"

Siapa yang tidak tahu lagu “nina bobo”? lagu ini kerap dinyanyikan oleh orangtua untuk anaknya yang masih tetap kecil saat susah tidur. Serta kadang-kadang saat menyanyikan lagu ini, pasti anak kecil seperti bayi atau balita bakal tertidur dengan lelapnya.

Tetapi taukah anda nyatanya ada misteri yang menyeramkan dibalik lagu “nina bobo ini”?
Konon, judul lagu “nina bobo” ini di ambil dari nama seseorang anak keturunan Om bernama Hele Nina Mustika Van Rodjnik yang lahir pada tahun pada tahun 1871. Ia mempunyai seseorang ibu bernama Mustika yang aslinya asli dari jawa, serta dan mempunyai seseorang bapak yang bernama Van Rodjnik yang disebut seseorang kapten.

Dikisahkan bahwa Hele Nina kerap alami sulit tidur mulai sejak bayi. Tiap-tiap akan tidur, Hele Nina senantiasa menangis. Lantaran Hele Nina yang senantiasa menangis tiap-tiap bakal tidur, ibunya yakni Mustika juga menyanyikan senandung-senandung kecil hingga Hele Nina juga terasa nyaman serta pada akhirnya dapat tertidur. Tetapi, lama lalu Hele Nina telah punya kebiasaan dengan senandung-senandung yang dinyanyikan ibunya itu, bahkan juga Hele Nina akan tidak tidur bila tak dinyanyika senandung-senandung itu oleh ibunya. Tahu rutinitas itu, ayahnya yakni Kapten Van Rodjnik meminta Mustika untuk membikinkan lirik dari senandung itu agar Hele Nina serta Van Rodjnik tahu. Pada akhirnya dibuatkan lirik “Nina Bobo” yang seperti umum kita dengar sampai sekarang ini.

Pada tahun 1875, Hele Nina alami sakit kronis. Bahkan juga lantaran sakitnya itu, Hele Nina jadi kesusahan untuk tidur. Pada akhirnya tiap-tiap malam, ibunya senantiasa menyanyikan lagu “Nina Bobo” untuk Hele Nina agar dapat tertidur lelap. Sampai pada tahun 1878 atau pas diusianya 6 tahun, Hele Nina juga wafat disebabkan sakit yang dideritanya itu. Kedua orang tuanya juga terasa sedih serta pasti terasa terpukul dengan wafatnya Hele Nina.

Satu minggu mulai sejak Hele Nina wafat, Kapten Van Rodjnik lihat Mustika tengah menyanyikan lagu “Nina Bobo” di kamar mandi. Ia menyampaikan bahwa ia mendengar Hele Nina tengah menangis di kamar mandi, hingga ia juga berinisiatif untuk menyanyikan lagu “Nina Bobo” itu.

Mulai sejak peristiwa itu, Mustika jadi kerap menyanyikan lagu “Nina Bobo” itu bahkan juga tiap-tiap malam ia juga menyanyikan lagu itu, sampai pada akhirnya ia wafat dunia.

Sesudah kepergian Hele Nina serta Mustika, Kapten Van Rodjnik juga hidup sendirian. Ia mengakui kerap mendengar nada tangisan bayi yang kerap terdengar saat malam hari. Tetapi Kapten Van Rodjnik tak menghiraukannya. Sampai satu malam waktu Kapten Van Rodjnik tidur, ia terbangun lantaran terperanjat merasakan tangan seseorang anak kecil berusia 6 tahun bangunkannya serta sekalian dengan nada tangisan. Anak kecil itupun berkata bahwa ia mau dinyanyikan suatu lagu pengantar tidur yang tentu adalah “Nina Bobo”.

Pasca peristiwa itu, Kapte Van Rodjnik sangatlah terganggu. Lalu ia senantiasa menyanyikan lagu “Nina Bobo” tiap-tiap malamnya saat akan tidur.


Konon tuturnya, saat anda atau beberapa orangtua yang lain menyanyikan lagu “Nina Bobo” ini juga sebagai pengantar tidur bayi atau balita anda waktu malam hari pas saat anda meninggalkan bayi atau balita anda tidur, Nina akan tiba ke kamar anak anda serta menjaganya agar terus tertidur lelap sampai pagi harinya.

Source : rajawow.com & (Not) A nice place

Komentar

Postingan Populer